RSS
Container Icon

BERLOMBALAH!

Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita. Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah. Roma 12:1-2

Saatnya bertanding, dan bukan saatnya hanya menjadi penonton. Yang akan merasakan kemenangan dan kegembiraannya hanyalah yang bertanding. Penonton seringkali hanya menjadi penyorak atau pengecam nomor satu namun barisan penonton tidak dapat menjadi pemain dalam pertandingan, mereka hanya pandai berteriak dan mengomentari semua pertandingan kita. Jangan menjadi BARISAN PENONTON, SAATNYA BERTANDING..

Ada kalanya dalam sebuah kegerakan, kita akan dipertanyakan, akan diguncingkan, akan ditolak, atau diuji dengan adanya barisan penonton tersebut. Ketika kita mengalami suara sumbang, atau desakan yang menghimpit jiwa kita untuk mempertanyakan visi dan panggilan Bapa dalam hidup kita, maka ingatkan diri anda sendiri.. JANGAN membiarkan orang lain menentukan DESTINY anda selain BAPA sendiri.  JANGAN mempercayai semua ombak yang menyerang anda untuk meninggalkan panggilan anda. JANGAN mendengarkan suara teriakan dari barisan penonton. Mereka tidak berjalan bersama kita, mereka tidak menangis bersama kita, dan mereka tidak akan mendapat kemanisan dari kemenangan yang Bapa sediakan. Berfokuslah pada pertandingan yang Bapa sudah sediakan. Jangan juga menjadi PENONTON untuk PERTANDINGAN ORANG LAIN! Berlombalah dengan baik, dan jangan membanding-bandingkan diri kita.

Dengan hikmat dan keadilan-Nya yang tak terselami, Dia telah menetapkan batas-batas pertandingan kita dengan jalur yang sempurna untuk setiap anak-anak-Nya. Walaupun kisah kita berbeda-beda, panggilan kita berbeda-beda, peperangan kita berbeda-beda, jalur pertandingan yang berbeda-beda..namun DIA yang bisa MENILAI kita. Didunia ini, kita mengenal pertandingan dalam bidang yang sama, tolak ukur kriteria penilaian yang sama, namun bagi Tuhan hal ini tidaklah berlaku. Cukup heran untuk melihat ajang kompetisi seperti ASIA Got Talent yang tayang beberapa bulan lalu di stasiun TV, bahwa juri-juri dari mancanegara dengan karakteristik beda-beda akan menilai ratusan penampilan dari bakat yang berbeda-beda! Betapa sulitnya menjadi juri dari bidang yang berbeda. Bapa kita betapa luas hikmat dan pengetahuan-Nya, Dia menetapkan pertandingan kita tidak dengan sembarangan. Ada hamba Tuhan yang ditempatkan-Nya dibawah desa berbukit batu, ada yang ditempatkan-Nya di kota yang besar..ada yang menikah dan melayani dengan cara yang Bapa kenan, ada juga yang hidup lajang melayani Bapa, ada yang diberi talenta yang banyak dan serba bisa, ada juga yang memiliki sedikit talenta dan terbatas, ada juga yang memiliki anggota tubuh yang lengkap dan ada juga yang hidup dengan tubuh yang terbatas.. TAHUKAH ANDA, bahwa semuanya juga ditetapkan masuk dalam sebuah perlombaan?
Jika anda adalah mahasiswa, jika anda seorang pekerja dan dewasa muda..maka anda juga ada dalam perlombaan, lanjutkan perlombaan itu! Janganlah kita merasa bahwa kita masih mahasiswa, masih bisa santai dan tidak ikut berlomba..atau kita merasa bahwa kita sudah dewasa muda dan sibuk bekerja, maka kita tidak mau ikut lagi dalam kegiatan penginjilan atau bersantai dalam kenyamanan kita. Janganlah anda merasa jika anda sudah menikah, maka semua pertandingan sudah selesai..TIDAK..anda masih tetap dalam perlombaan. Janganlah mengira anda yang belum menikah, anda bisa hidup semau sendiri dan bersantai ria pula. Semua bertanding, semua dinilai, dan semua akan diuji.

Apapun keadaan anda sekarang, ingatlah ANDA MASIH DALAM PERTANDINGAN..
Memang ada saatnya seolah pertandingan itu mengalami masa “PAUSE” tetapi pertandingan belum selesai. Di setiap jalan, di setiap musim hidup kita, di setiap perhentian yang Bapa sediakan, anda masih tetap dalam pertandingan yang indah. Nikmati perjalanan anda bersama Bapa, andalkan Dia dan bersedialah untuk taat, maka anda akan menjadi pemenang dalam pertandingan anda sendiri.

Jika kita terus melihat pertandingan orang lain, maka kita akan tidak dapat melihat betapa indah, besar, dan mulianya panggilan dan pertandingan kita sendiri. Janganlah mengeluh karena peperangan dan tantangan yang berat dalam pertandingan anda, jangan membandingkan jenis musuh yang dihadapi dalam setiap peperangan itu, karena sesungguhnya BAPA itu ADIL dan BIJAKSANA. Berbahagialah yang masuk dalam pertandingan yang benar itu, dan tidak memasuki pertandingan yang salah. Ada banyak anak Tuhan juga yang terjebak dan tertawan dalam PERTANDINGAN YANG SALAH. Pertandingan yang salah terjadi bukan karena jalur yang diberikan Bapa, namun akibat kebebalan dan ketidaktaatan kita mengikuti pimpinan-Nya. Pertandingan yang salah memang kelihatannya cepat menghasilkan kemenangan dan sesuatu yang berharga dimata dunia, namun BERBEDA dengan penilaian Tuhan.

Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal.
Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi.  1 Tim 6:12



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar