RSS
Container Icon

Perlukah Saya Bersabat?

Keluaran 20:8-11 (TB)  Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: 

enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, 

tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.

Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya. 

 1. INGATLAH DAN KUDUSKAN HARI SABAT

Sobat, kita tahu bahwa Tuhan memberikan kepada umatNya hari ke 7 atau hari Sabat dimana umatNya tidak melakukan pekerjaan2 yang berat namun dapat berfokus untuk beribadah dan beristirahat. 

Manusia membutuhkan istirahat dari segala kesibukannya dan memiliki waktu relathionship dengan Tuhan. 

Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat. 

Apakah kita mengingat bahwa kita butuh Sabat? Di PB, Yesus memang mencela cara mereka bersabat dan menguduskannya. Karena mereka mengabaikan hukum kasih dan mementingkan hukum agamawi mereka. 

Bagaimana dengan kita? Apakah anda pelajar? Mahasiswa? Pekerja? Ibu rumah tangga? Dan lain sebagainya. Anda butuh bersabat. 

Ada banyak orang yang terlalu sibuk ke gereja dengan berbagai alasan dan membiasakan diri tidak beribadah, mereka terus tenggelam dalam kesibukan diri sendiri yang tiada habisnya. Anda harus bersabat bersama Tuhan.

Sabat memberikan waktu kelegaan dimana kita dapat memberi waktu lebih banyak berfokus dan berdoa. Jangan membiasakan diri tidak beribadah bersama dengan alasan bisa berdoa sendiri di rumah. Ya, saya sering  mendengar argumen ini. Namun Tuhan mau kita punya keluarga dan komunitas rohani yang dapat mendorong terus pertumbuhan rohani kita dan kita dapat melayani dengan maksimal.

Jangan mengabaikan Hari Sabat. JANGAN MENGABAIKAN IBADAH. 

2. JANGAN LAKUKAN PEKERJAAN BERAT!

Mengapa? Pekerjaan berat melelahkan dan membuat banyak pikiran. Berusahalah tenang dalam hadiratNya dan buang semua pikiran yang tidak perlu. Tubuh jiwa roh anda butuh istirahat. 


PERTAJAM MATA KAPAK ANDA

Doa dan memiliki hubungan pribadi dengan Tuhan adalah salah satu cara mengasah mata kapak anda! 

Anda bisa bekerja dan melayani dengan maksimal jika mata kapak anda tajam dan efektif! 

Anda bisa menemukan hikmat dalam segala perkara dan menyeleaikan masalah demi masalah dengan cepat dan luar biasa! 

Jangan fokus hanya pada AKTIVITAS yang kita lakukan. Jangan lupa mengasah mata kapak anda! 

Tuhanpun berhenti menciptakan pada hari ke 7 dan kelak. Waktu bumi akan habis dan kita akan memasuki Sabat kekal bersama Tuhan dalam perhentian di KerajaanNya. Tuhan sungguh rindu menikmati persekutuan pribadi dengan kita. Tuhan rindu kita mengenal isi hatiNya, mimpiNya dan penuh dengan api suci untuk menyelesaikan panggilan kita. 

Tubuh yang jiwa yang terlalu lelah akan membuat kita tidak berdaya melakukan karya Tuhan. Walaupun roh kita bersemangat, namun ingatlah bahwa jiwa dan tubuh kita perlu dikuatkan dan dijaga juga. Pikiran yang berlebihan dan hiperaktif juga bisa membuat kita lemah dan tidak berfokus kepadw apa yang merupakan esensi penting. 

Apakah anda memahaminya? 

Renungkanlah! 

Bagaimana renungan Firman ini berbicara mengenai keadaan kita masing2?

Mari lakukanlah! 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar