RSS
Container Icon

BENARKAH KAU MENGASIHIKU TUHAN?



Terkadang kita pernah meragukan kasih Tuhan kepada kita. Tetapi jika kita sering meragukan kasih-Nya dan kasih orang lain juga kepada kita, maka sebenarnya mungkin diri kita sedang ada dalam masalah HATI yang serius.

Kita merindukan BAHASA KASIH seperti SELERA kita sendiri.

MINTA PEMBERESAN?

Pernahkah anda meminta pemberesan pada saudara kita? kita merasa mengganjal di hati pada seseorang dan meminta pemberesan secepatnya. Setelah bicara, semakin tidak nyaman dan kemudian hari meminta pemberesan lagi?

Pernahkah anda mengalaminya? atau melihat teman-teman kita melakukan hal ini?

Hal ini kemungkinan besar dikarenakan GAMBAR DIRI yang rusak, dan membutuhkan pemberesan terus menerus, padahal dirinya sendirilah yang kurang beres dihadapa Tuhan.

INSTROPEKSI DIRI

Gambar diri yang rusak akan berakibat dalam HUBUNGAN.

Jika anda melihat sekeliling dan dalam lingkungan kerja, pelayanan, dan anda dijauhi teman-teman anda karena mereka merasa tidak nyaman didekat kita, maka cobalah melihat diri anda sendiri..



Demikian juga hubungan dengan lawan jenis atau calon pasangan kita. Kita berkata "Kalau kamu sayang aku, peluk aku..cium aku..dan lain sebagainya" Kita memaksa orang lain untuk mengikuti definisi SAYANG menurut selera kita.

Saya tidak merasa sedih jika saya terpaksa harus melukai orang lain karena KEBENARAN, tapi saya akan berduka jika gambaran diri saya rusak dan melukai banyak orang.
Hati-hati dengan Amarah kita!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Boleh dong saya marah!? Iri hati?

Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah; sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah. Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu. Yakobus 1:19-21

Siapa sih yang dak suka berkata-kata? semakin ramai, semakin asyik!
Tapi Firman Tuhan berkata bahwa memang kita tidak bisa menghalangi apa yang kita dengar, bisa berita buruk, berita negatif, prasangka orang, gosip, dan lain sebagainya. Namun kita belajar untuk tidak langsung BEREAKSI atas apa yang kita dengar. Lambat berkata-kata, lambat marah.
Sebelum kita bereaksi, cobalah kita memikirkan dahulu apa yang kita dengar dengan kepala dingin, dengan demikian kita dihindarkan dari DOSA AMARAH.

 Sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah

Benar sekali! kenapa kita tidak boleh marah dan bicara sembarangan? karena amarah yang lahir dari kedagingan kita, tidak pernah mengerjakan KEBENARAN di hadapan Bapa. Ini adalah DOSA.

Benar juga, bahwa Tuhan di Perjanjian Lama seringkali menunjukkan amarah-Nya pada bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain. Mengapa? karena TUHAN adalah TUHAN, dan Dia berhak marah apabila umat-Nya melakukan dosa demi dosa. Karena AMARAH TUHAN didasarkan pada kasih, keadilan, kebijaksanaan, kebenaran dan memiliki tujuan.
Coba renungkan sesaat...
Lalu bagaimana dengan amarah anda??

KISAH RAJA SAUL
 
1 Samuel 20:27-34
Saul menjadi sangat marah pada Daud dan ingin membunuhnya karena dimulai dari hal yang kecil.
1. Saul merasa tidak aman dengan dirinya sendiri dan orang lain
2. Saul merasa gagal karena dibanding-bandingkan
3. Saul mempertahankan kesombongannya
dan banyak daftar buruk lain yang bisa anda tambahkan sendiri..

Raja Saul mendapatkan sebuah kesempatan yang luar biasa memimpin dan menjadi Raja pertama dari Umat Pilihan Tuhan. Namun dia tidak sanggup menjaga hatinya, sehingga dia tidak dapat menjaga ketetapan Tuhan atas dia dan bangsa yang dipimpinnya.

Sebuah kisah 1 Sam 18 begitu memicu Raja Saul saat bangsa Israel mengelu-elukan Daud melebihi Saul. Rakyat lebih menyukai Daud dan mencintainya lebih dari Saul.

SAUL MERASA IRI, TERANCAM, dan TIDAK AMAN.


PEMBANDINGAN




Siapa yang tidak pernah dibandingkan seumur hidupnya?
Kita di bumi terbiasa dengan HUKUM PEMBANDINGAN.
Dari kecil orang lain melihat kita bersaudara lalu berkata "Tuh! kakaknya jauh lebih cantik, atau adiknya lebih pintar, atau kelakuannya lebih baik, dan lain sebagainya.."

Ya! sejak kecil kita hidup dalam pembandingan! Sungguh tidak nyaman dibandingkan. Hal ini memicu hati kita untuk terluka, untuk berambisi, untuk mencapai sesuatu yang berdasarkan pembandingan itu.
AMARAH muncul dalam hati kita perlahan dan kadang kita tidak menyadarinya. Ada amarah hati yang dilampiaskan dengan perbuatan dan kata-kata, namun ada juga amarah yang dipendam..menunggu saatnya untuk diledakkan...ini sungguh mengerikan!

SEBAB AMARAH

1. Merasakan ketidakadilan. Entah ketidakadilan yang sebenarnya atau ketidakadilan yang berdasarkan pikiran manusia itu sendiri. Ada banyak orang benar-benar menderita mengalami ketidakadilan yang sebenarnya dalam hidup ini, namun ada banyak orang yang menilai keadilan sesuai kebenaran sendiri.


2. Frustasi. Mengapa anda marah? karena anda frustasi tidak mendapatkan apa yang anda inginkan.




3. Tersakiti. Banyak orang menjadi marah dalam hidupnya karena merasa tersakiti dan terluka.

4. Sifat bawaan atau pengalaman masa kecil yang menimbulan trauma.



Hati-hati dengan reaksi amarah yang belum kita bereskan. Ini akan merusak banyak hubungan. Reaksi-reaksi yang bisa muncul: marah dengan Tuhan, marah pada diri sendiri, dan mengasihani diri, mencari rekan senasib dalam amarah dan kepahitan, suka mencari kambing hitam, penyendiri, pemurung dan susah bekerjasama dengan orang lain.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

TUHAN vs TEMAN?

Begitu banyak orang yang punya tujuan hidup tapi tidak digerakkan cinta kepada Tuhan atau oleh Visi tetapi lebih karena perasaan...

Iblis sedang menyiapkan banyak jebakan perasaan...
Begitu mudahnya orang merasa jatuh cinta hanya karena merasa dekat...
Begitu mudahnya kita menjual hati ini kepada situasi...

Cinta yang dari Tuhan tidaklah buta... tetapi melihat dengan jelas....
Visi dari Tuhan tidaklah digerakkan oleh perasaan tapi komitmen!,

Bagaimana mungkin kita bisa memutuskan jika situasi kedekatan menipu kita?
Bagaimana mungkin kita dapat mencintai pria yang tidak pernah tertanam pada Hati Tuhan? Bagaimana mungkin kita bisa mencintai wanita yang tidak kenal pada Tuhannya?
Sebab sesungguhnya Tuhan tidak pernah berada dalam kisah cinta yg berawal dari hal yg salah.... tetapi karena kekerasan hati... Tuhan ijinkan ini terjadi...
dan seringkali kita..... banyak orang merasa terpanggil menjadi misionary... terdengar sangat rohani.... tetapi mereka belum dibentuk dan dipersiapkan dan bahkan belum memberikan hatinya untuk Tuhan!
Terkadang rasa suka dapat membuat kita merasa menjadi sangat rohani...... Hati-hati!


Saat-saat kita tidak dekat pada Tuhan... tetapi kita dekat dengan sahabat, teman, saudara kita...
kita bisa merasa sehati dengan pikiran mereka.... kita dibuat yakin dengan argumen-argumen pemikiran kedagingan yang memang lebih mudah diterima.....

Kita sering dimanipulasi perasaan kita karena sebuah hubungan tanpa berakar dalam pengenalan Kristus..... ini sangat jelas... keputusan kita untuk melayani bisa digerakkan oleh perasaan.... bukan kasih kepada Kristus....

Tuhan jelas memperingatkan hal ini.... Tuhan sedang memurnikan Gereja-Nya!
Tuhan menghendaki rasa cinta kita jauh lebih besar kepada Tuhan daripada pemimpin, saudara, teman, sahabat yang kita cintai, bahkan orang tua sendiri.....

Sering kali kita terperangkap dengan jebakan pikiran.... ingat dengan siapa engkau bergaul... engkau akan menjadi siapa? engkau bergaul dengan orang periang... engkau bisa menjadi periang.. engkau bergaul dengan orang yang pemarah.. engkau dapat menjadi pemarah.... engkau bergaul dengan orang yang penuh logika maka logika akan berkuasa atas dirimu, ketimbang pikiran Kristus!

Iblis selalu berkata.... "Hai! lihat tuh... akibat engkau pilih-pilih pekerjaan.... engkau pilih-pilih pasangan.... lihat para pemimpinmu!  lihat saudara seimanmu...sampai sekarang tak kunjung dapat pekerjaan dan pasangan.... jadi ambil kesempatan ini!"

Tipuan klasik yang selalu berhasil.... karena tujuan kita adalah pekerjaan... tujuan kita adalah menikah dan bukan mimpi dan rencana Tuhan....tetapi jika kita menemukan yang pelayanan, pekerjaan, pasangan yang dari Bapa... betapa indahnya!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mengapa Sebegitunya Tuhan?

Sebuah renungan singkat bagi anda yang merasa komplain akan "Batasan-Batasan" dan "Larangan-Larangan" yang diberikan Bapa lewat Firman-Nya maupun lewat para pemimpin, Gembala, dan pembimbing rohani kita..

MENGAPA SEBEGITUNYA?

Mengapa sebegitunya Tuhan menjagai Israel sehingga Tuhan kirimkan para nabi-Nya untuk mengingatkan mereka?

Mengapa sebegitunya Tuhan menghukum umat Israel yang tidak taat sehingga Tuhan melenyapkan bangsa Israel yang berhati bimbang dan mencintai tuhan-tuhan yang lain dan menyisakan sisa bangsa israel yg mengasihiNya?

Mengapa sebegitunya Tuhan menyelidiki kemurnian hati Abraham sehingga Tuhan menyelidiki hati Abraham dengan mengujinya dengan mempersembahkan ishak?

Mengapa Tuhan sebegitunya memberikan perintah agar umat Israel tidak menikahi bangsa lain yang tidak mengenal ia?

Mengapa sebegitunya Tuhan marah dan mengirimkan api dari Surga untuk menghanguskan kota Sodom dan Gomora..Tuhan harusnya bisa memilih membiarkan dosa Sodom dan Gomora?
Apa pedulinya Tuhan dan mengapa sebegitunya??

Mengapa sebegitunya cinta Tuhan sampai Tuhan rela mengirimkan diri-Nya sendiri dalam wujud anak manusia untuk sebagai korban penghabus dosa? dan mengapa sebegitunya Tuhan sama manusia sehingga Tuhan rela disalibkan dan mati buat dosa-dosa kita?

Tuhan sebegitunya karena cinta-Nya pada kita umat pilihan-Nya, kasih-Nya yang melampaui segala pengetahuan dan hikmat manusia?
Lalu mengapa para pembimbing sebegitunya menjaga domba-domba yang dipercayakan Tuhan? Sampai-sampai begitu banyak larangan.... kok sebegitunya? mengapa berpasangan harus didoakan dan diteguhkan? mengapa harus tertanam dalam sebuah komunitas?... kok sebegitunya? Mengapa kami harus selalu komunikasi ke pembimbing? Mengapa kami harus menurut?.. kok sebegitunya?

Semua karena cinta kami kepada Tuhan kami, kami tidak ingin  domba-domba jatuh dalam dosa percabulan, perzinahan, masuk dalam kesesatan pikiran, masuk dalam tipu daya dunia... 
sebab kawanan domba yang berjalan  tidak pada arahan Gembala Agung akan menjadi mangsa dari Serigala yang siap menerkam domba-domba tidak berakar dalam gereja lokal yang Tuhan telah tempatkan domba-domba itu untuk dimuridkan.. 

Tuhan berkata pada Petrus... "Di batu karang ini Aku akan mendirikan Jemaat-Ku"
batu karang artinya tertanam disebuah tempat dan menjadi kokoh dan kuat...jadi kami melakukan apa yang Tuhan kami perintahkan.....

Kami mencintai apa yang Tuhan kami cintai... 
Sebab dalam darah kami mengalir api cinta dari Tuhan yang selalu rindu apa yang Ia rindukan.... 
Kami merindukan kesempurnaan walau kami sangat tidak sempurna..... 
Jika Tuhan sebegitunya pada bangsa Israel.... 
Kami akan belajar sebegitunya pada domba-domba yang Tuhan percayakan pada kami.... 
Jadi kami memang sebegitunya... 
Karena Tuhan kami telah mencintai kami dengan sebegitunya...

Message
Gembala Christ Mercy Center
Ps.Daniel Hadi Shane

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Message " RAHASIA CINTA"

Sebuah kamar kembali dengan kotak dibawah tempat tidur besi itu.....

dan kali ini perhatian saya ke sebuah buku yang bersampul coklat dari kertas yang dilipat..
halaman demi halaman saya buka.....
ada tulisan yg menarik hati saya.......

Sekejap dalam pelukan, sekejap melepas dalam bayangan..
betapa sungguh kerinduan ini tak terpendam,masuk dalam keabadian yang mulia..

Oh betapa hati ini menertawakan semua kisah yang lampau..
Sebuah ikatan yang palsu yang menginginkan kesempurnaan..
Sebuah perasaan sepi didalam kebersamaan dengan orang yang aku sangka dapat melengkapiku..

Tetapi sebuah rahasia tentang cinta aku temukan..
Cinta yg berasal dari-Nya adalah sebuah pilihan akan penetapan-Nya..
Ketika aku memilih, mata jasmani ini dapat dikaburkan dan perasaan ini dapat dicondongkan dalam sebuah kebersamaan yang menumbuhkan rasa..
Tetapi perasaan ini dapat salah...

Kali ini aku akan memilih untuk membiarkan Engkau yang memilihkan sebuah kisah yang ajaib bersama-Mu..
Sebuah kehangatan surga yang memenuhi hasrat..
Semua rasa dalam tubuhku...,Cinta bukan soal mempertahankan keyakinan kita..
Cinta adalah soal menyerahkan keyakinan kita...
Cinta dari-Nya bukan juga soal tidak boleh mencintai dan dicintai di bumi..
Bukan juga melepas semua hasrat... kerinduan yg ada..
Tetapi cinta dari-Nya adalah sebuah kepercayaan bahwa Dia sanggup melakukan yang tak terjangkau pikiranku dengan perisai firman-Nya yang tidak pernah salah.....

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

SAATNYA BERLUTUT!

Pernahkah anda merasa begitu bosan menjalani kehidupan? Anda seorang pelayan Tuhan? Anda seorang pemimpin di Perusahaan atau Gereja? Tapi anda merasa kering, merasa tidak ada visi, tidak ada arah tujuan...

Tidak ada lagi yang diimpikan, tidak ada lagi harapan..

Saat kita mengalami hal ini, anda mulai mencari penyebabnya? ataukah anda mulai terhanyut dengan keadaan kita?
Jika kita sedang alami hal ini..Mungkin saatnya anda berhenti, berdoa dan merenung lebih banyak dari sebelumnya, dan bukan malah menghabiskan waktu untuk menyegarkan jiwa kita dengan hal-hal yang sia-sia.

APA ANDA SEDANG KECEWA?
Kecewa datang karena sebuah harapan yang tak terpenuhi atau tertunda.Mungkin rasa kecewa datang terlambat untuk disadari. Kita bisa bereaksi aneh, jengkel, marah, sedih, tanpa tahu penyebab pastinya. Namun akhirnya kita tahu kita merasa sedang dikecewakan seseorang yang sangat kita harapkan.

Kecewa pada manusia adalah hal yang wajar. Manusia tidak bisa memenuhi semua kerinduan kita.
Kecewa pada Tuhan? Pernahkah? Saat kita mulai kecewa pada Tuhan, mungkin kita tidak menyadarinya. Kita mengharap Bapa memenuhi semua impian kerinduan kita, namun yang terjadi? Semua tidak seperti yang kita inginkan. Orang yang kita kasihi meninggal, pekerjaan kita kacau, sebagai pelayan Tuhan anda merasa semua pelayanan anda sia-sia dan Tuhan tidak melihatnya sama sekali!?
Anda mulai bermusuhan dengan Tuhan, dimulai dari kekecewaan kecil yang terus menumpuk kepada Tuhan. Kita sedang memfitnah Dia dan meragukan kebaikan dan jalan-jalan-Nya!

APA ANDA SEDANG TERSESAT?
Ketika kita mulai kehilangan kepercayaan kepada Bapa anda, maka kita akan mudah sekali kehilangan tujuan hidup yang semula itu! Anda tidak mau lagi berharap, bahkan parahnya kita tidak mau lagi berdoa! Anda merasa mungkin doa anda tidak akan didengar lagi oleh Bapa. Ataua mungkin bapa sedang memilah-milah doa kita dan hati kitapun mulai tersesat..jauh dari kasih karunia Bapa.
Kita merasa Dia sedang merampas mimpi kita....lambat laun...kita merasa tidak ada gunanya mengikut Tuhan dengan sungguh-sungguh...
Kita mulai mudah disusupi oleh ide-ide dari si jahat. Ide untuk memberontak, ide untuk berbuat dosa dengan seenaknya, ide untuk tidak lagi mempercayai adanya kasih yang sejati..kita bisa hidup sendiri..kita bisa menentukan tujuan hidup sendiri...wow...


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KEBANGUNAN ROHANI INDONESIA

Kebangunan Rohani..

Kebangunan rohani bukan dengan melihat video tentang kebangunan, KKR-KKR kebangunan.Kebangunan rohani, juga bukan karena mendengar nubuatan, cerita akan kebangunan.

Kebanguan rohani bukan pula mengadakan KKR dengan jumlah masa yang banyak dan merasakan kehadiran Tuhan disana.

KEBANGUNAN ROHANI SEJATI..
Selalu dimulai dari kesadaran yang kuat akan dosa..
kesadaran kuat bahwa kekosongan hati hanya bisa diisi oleh pribadiNya..
kesadaran kuat bahwa upaya kita untuk membuat diri kita baik dimata orang adalah sebuah kepalsuan tanpa kristus yang membuat kita lebih baik..
Kebangunan yang besar dimulai dari diri sendiri yang dibangunkan oleh kesadaran yang kuat.


Kadang kita begitu banyak mencela orang lain dari pada mendengar..
lebih mudah menghakimi daripada memahami..
lebih banyak membangun pertahanan yang kuat sehingga kita menjadi pribadi yang tidak bisa disalahkan dari pada menjadi pribadi yang rela hati untuk memperbaiki kesalahan.

Bagaimana mungkin kebangunan terjadi jika anak-anak Tuhan tidak mulai belajar melepas ego? melepas dosa, melepas mimpi dan mulai menerima pembentukan, menerima kebenaran, menerima kerinduan Tuhan.

Si bimbang hati tidak akan alami kebangunan..
Si pahit lidah bukan bagian dari kebangunnan..
Si tegar tengkuk adalah musuh dari kebangunan..

Jika anda tidak belajar melepas, anda tidak mungkin mendapat..
Jika anda masih bertanya mengapa dan mengapa maka anda tidak akan mengalami kemurahan dan kemuliaan..
Tidak ada kebangunan rohani dari pemberontakan dengan jalan jalanNya..
Tidak ada kebangunan Rohani tanpa kerendahan hati..

Tidak terasa kita sibuk mengomentari mana yang disebut kebangunan, tetapi tidak cukup punya waktu untuk Tuhan dan berkata Tuhan, jadilah kehendakMu.

Hidup kita diisi oleh pengakuan demi pengakuan dunia,kita lupa pengakuan dari surga itu lebih cukup untuk kita.
Seringkali kita menciptakan diri sebagai pribadi-pribadi yang tidak bisa menerima kesalahan...
Pribadi-pribadi yang cepat marah tanpa mau mendengar...

Sebab jika demikian kita seakan tidak membutuhkan Tuhan lagi sebagai pribadi yang paling kita rindukan..
Sebab gambaran kesempurnaan yang kita ciptakan mengenai sebuah kehidupan akan menghalangi Sang Penebus menghampiri kita..

Kebangunan Rohani selalu berasal dari pribadi-pribadi yang hancur....
Pribadi-pribadi yang mau dibentuk dan pribadi-pribadi yang haus akan kebenaran dariNya.
Yang membuat Tuhan turun dari Surga bukan kisah cinta kita dibumi yang seperti Romeo dan Juliet....
yang membuat Tuhan turun dari Surga bukan perusahaan kita yang punya omzet meningkat,
gaji kita yang sangat besar dan segudang prestasi kita.

Yang membuat Tuhan melangkah dari singgasana melawat kita bukan pula dengan mengikat seluruh pasukan kegelapan dengan hikmat terhebat yang kita miliki.
Tuhan melangkah dari surga karena tangan-tangan  bergetar akan kerinduan akan Tuhan,
dari air mata kerendahan hati yang berkata "BENTUKLAH AKU DAN JADIKAN AKU!"
Hati Bapa akan tersentuh dengan KORBAN..
Korban yang diinginkan Tuhan,  bukanlah harta kita, kesempurnaan kita, tetapi KORBAN yang diinginkan adalah HATI kita...

HATI yang RELA..dan HATI yang RELA..

Message
Ps.Daniel Hadi Shane
Christ Mercy Center 2017

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS