RSS
Container Icon

Perzinahan Rohani

Tahukah kita akan arti hadirat Allah dan pentingnya hadirat Allah dalam hidup kita?? Seringkali manusia kurang bisa menghargai hadirat Allah. Bagaimana hubungan kita dengan Allah hari-hari ini? Adakah lawatan atau hadirat Allah dalam kamar-kamar doa pribadi kita atau hari-hari ini hati kita sedang tawar atau hambar dengan Tuhan? Ketika hati kita hambar, jangan biarkan hal itu berlama-lama tinggal dalam hati kita. Hadirat Allah berbicara tentang hubungan Allah dengan kita dan itu merupakan hal yang sangat penting dalam hidup kita. Ketika hubungan kita dengan Allah baik maka kasih Allah akan mengalir sempurna dalam hidup kita dan itu yang akan menguatkan kita untuk berjalan dalam panggilan Allah dan mengikuti kehendak Allah yang sempurna dalam hidup kita.

Sobat, jika hari-hari ini hubungan kita dengan Allah kurang baik maka mari kita perbaiki hal tersebut, karena yang dikejar Allah dalam kehidupan manusia adalah hubungan kita dengan Dia. Ketika kita meninggikanNya maka Tuhan akan menyatakan lawatan dan hadirat-Nya. Mari saudara kita juga mengejar hubungan yang semakin hari semakin intim dengan Allah baik ketika kita digereja maupun di  kamar pribadi kita. Ketika di gereja, mari kita belajar mempersiapkan diri sebelum kita berangkat ke gereja. Mari kita belajar bukan hanya terus kita memikirkan apa yang akan kita dapatkan dari Tuhan saat ke gereja tetapi mari kita pikirkan apa yang dapat kita berikan untuk Bapa kita yang sangat mengasihi kita.

Dia juga pribadi yang memiliki perasaan seperti kita, karena kita diciptakan serupa dan segambar dengannya. Hari-hari ini Roh Kudus mengajarkan untuk kita memiliki hati yang mau mempedulikan hati Tuhan kita. Waktu kita di gereja hanya 2 jam dalam seminggu untuk ibadah dan mari kita gunakan itu dengan maksimal untuk meninggikan nama Tuhan agar lawatan terjadi di gereja kita. Kita masih punya 24 jam dalam 6 hari untuk memikirkan diri sendiri, masalah-masalah kita dan membereskan hati kita, agar ketika kita datang di kebaktian di gereja bukan kita gunakan waktu itu hanya untuk menangisi diri kita tapi sungguh-sungguh kita persembahkan untuk Tuhan kita.
Pada hari-hari akhir iblis bekerja lebih giat lagi untuk menjatuhkan anak-anak Tuhan, jika kita tidak memiliki hubungan yang dekat dan intim dengan Tuhan maka kita bisa jatuh. Iblis tidak takut dengan pelayanan tetapi takut dengan keintiman. Kita kan mempelajari bersama hal-hal apa yang dapat menghalangi kita intim dengan Bapa.

1. Perzinahan rohani dan jasmani
Ketika TUHAN mulai berbicara dengan perantaraan Hosea, berfirmanlah Ia kepada Hosea: "Pergilah, kawinilah seorang perempuan sundal dan peranakkanlah anak-anak sundal, karena negeri ini bersundal hebat dengan membelakangi TUHAN." (Hosea 1:2)
Kitab Hosea merupakan kitab yang menggambarkan perzinahan rohani yang dilakukan umat Tuhan kepada Allah. Pada waktu itu Tuhan memerintahkan Hosea untuk menikah dengan wanita sundal (pelacur) yang bernama Gomer. Gomer melahirkan anak bernama Yizreel bagi Hosea. Dalam kitab Hosea 1 diceritakan bahwa Gomer memiliki 2 anak lagi setelah Yizreel, dan beberapa penafsir Alkitab menyatakan bahwa 2 anak tersebut merupakan hasil persundalan yang dilakukan Gomer walaupun dia sudah menikah dengan Hosea. Bayangkan betapa sakitnya hati Hosea sebagai suami Gomer dan dikhianati. Demikian juga dengan hati Bapa kita melihat manusia yang sudah dikasihiNya tetapi meninggalkan Tuhan dan memilih yang lain. Hosea merasakan hati Tuhan saat Gomer istrinya menghianati dia dengan pria lain. Hosea tetap menunjukkan kasihnya kepada Gomer. Ketika Gomer kembali pada kehidupan lamanya (melakukan sundal), Hosea tetap menerimanya sebagai isteri dan membawanya pulang kembali. Kita dapat dikatakan melakukan perzinahan rohani ketika kita terikat dengan sesuatu yang bukan dari Tuhan atau mengutamakan yang lain lebih dari Tuhan. Ketika kita melakukan hal tersebut maka dalam diri kita ada dosa cabul yang menjijikan dimata Tuhan. Hal-hal dari dunia ini juga bisa membawa kekotoran dalam hati kita. Oleh karena itu kita harus terus berjaga-jaga agar jangan sampai kita bersahabat dengan dunia ini.

Umat-Ku bertanya kepada pohonnya, dan tongkatnya akan memberitahu kepadanya, sebab roh perzinahan menyesatkan mereka, dan mereka berzinah meninggalkan Allah mereka (Hosea 4:12)
Di mata Tuhan, dosa perzinahan rohani setara dengan dosa perzinahan jasmani. Jadi jangan pernah kita menganggap remeh hal ini. Ketika kita tahu kita telah melakukan dosa, maka kita harus segera memohon ampun kepada Tuhan dan kita bertobat dari dosa itu. Saudaraku, Tuhan memgajarkan kepada saya bahwa ternyata dosa selalu meninggalkan 3 hal yaitu malu, luka, dan maut. Seringkali hal tersebut yang membuat manusia terus-menerus merasa bersalah atas dosa yang sudah dilakukan dan akan menghambat hubungannya dengan Tuhan. Ketika kita bernuat dosa dan kita mohon ampun kepada Tuhan maka Tuhan akan mengampuni kita dan kuasa maut lenyap, namun 2 akibat yaitu rasa malu dan luka ini yang seringkali disimpan oleh manusia. Malu dan luka ini yang sering digunakan iblis untuk terus mendakwa dan menjatuhkan kita. Kita harus pulih dari malu dan luka akibat dosa. Percayalah bahwa ketika kita telah menerima pengampunan dari Tuhan maka Dia menerima kita dengan penuh kasih. Allah kita bukanlah Allah yang suka mengungkit-ungkit dosa yang telah diampuni.

2. Kepalsuan hati
Kepalsuan hati identik dengan egosentris manusia. Ketika manusia mengikut Tuhan hanya karena ingin mendapatkan sesuatu atau keuntungan dari Tuhan maka hal tersebut sama dengan kepalsuan hati. Kepalsuan hati meliputi anak-anak palsu, sahabat palsu, dan pelayan palsu. Dalam suatu komunitas atau gereja ternyata ada anak-anak yang asli dan anak yang palsu. Ciri-ciri anak palsu yaitu awalnya terlihat mau dimuridkan tetapi ketika ditegur dia meninggikan “tanduknya” (marah dan tidak mau terima dengan teguran yang diberikan). Sedangkan ciri-ciri anak asli yaitu melakukan kebenaran dan kasih (I Yohanes 3:9-10).

Setiap orang yang lahir dari Allah, tidak berbuat dosa lagi; sebab benih ilahi tetap ada di dalam dia dan ia tidak dapat berbuat dosa, karena ia lahir dari Allah. Inilah tandanya anak-anak Allah dan anak-anak Iblis: setiap orang yang tidak berbuat kebenaran, tidak berasal dari Allah, demikian juga barangsiapa yang tidak mengasihi saudaranya (I Yoh 3:9-10).

Pernahkan kita punya sahabat palsu? Ternyata ada juga sahabat palsu. Sahabat palsu merupakan sahabat yang dekat ketika dia menginginkan sesuatu dengan kita, demikian juga dengan Tuhan. Dia mendekati Tuhan untuk mendapatkan sesuatu yang dia inginkan, hanya mencari keuntungan diri sendiri (egois). Dan pelayan palsu merupakan pelayanan upahan. Seorang pelayan palsu hanya akan melayani jika dia mendapatkan sesuatu dari pelayanan yang dia lakukan. Semua kepalsuan hati berfokus pada diri sendiri. Mari kita renungkan bersama-sama apakah dalam hidup ini kita egois dengan Tuhan??

Sobatku, hari-hari ini Tuhan mencari orang-orang yang mengejar keintiman dengan Tuhan, karena hal itu juga yang dikejar Tuhan dari manusia yaitu keintiman. Keintiman merupakan suatu hubungan yang dalam dengan Tuhan seperti hubungan suami isteri, dimana kita menjadi satu Roh dengan Tuhan. Keintiman yaitu membiarkan Tuhan melihat segala sesuatu dari hidup kita tanpa ditutupi dan membiarkan Tuhan mencium tepat pada luka kita, sehingga luka hati kita menjadi sembuh. Di Hosea 11 diceritakan bagaimana kasih Allah yang begitu besar mengalahkan semuanya, kasih Allah yang besar dinyatakan untuk membawa umatNya bisa mencapai pada tingkat keintiman. Keintiman akan menghasilkan benih ilahi ddan janji Allah yang luar biasa untuk kehidupan manusia. Namun akhir-akhir ini Tuhan juga menyedihkan banyak mempelainya diakhir zaman ingin cara instan untuk melahirkan jiwa-jiwa, pemulihan, pembebasan, dan kebangunan rohani. Mereka tidak mau merasakan sakit “bersalin” untuk melahirkan semua itu. Jika kita mau melahirkan seuatu terobosan dalam hidup kita bahkan kebangunan rohani maka kita harus mengandung benih itu dan merasakan sakit bersalin untuk melahirkannya. Ketika kita merasakan sakit bersalin maka kita akan punya semangat “dorong” untuk mendesak Tuhan mewujudkannya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS