RSS
Container Icon

PERUBAHAN DALAM KEBANGUNAN ROHANI

Kebangunan Rohani sekali lagi merupakan Pekerjaan Roh Kudus, tetapi Ia membutuhkan manusia untuk menjadi pekerja-pekerja dalam Proyek Kebangunan Rohani-Nya. Dibutuhkan para penginjil untuk melakukan penginjilan kepada yang terhilang, dibutuhkan para gembala dan pembimbing jiwa yang mengajar dan mengasihi mereka dengan kesabaran agar bertumbuh dalam pengenalan yang benar akan Kristus, dibutuhkan para nabi yang menyingkapkan dosa dan menegur umat-Nya agar kembali kepada jalan-Nya, dibutuhkan para imam music dan pujian, penari, usher, pelayan meja dan segala jenis pelayanan dalam Kerajaan-Nya sama-sama dibutuhkan. Allah membutuhkan kita semua! Tidak ada alasan untuk tidak mau melayani Dia, sebab Dia sudah memberikan segalanya buat kita.

Roh Kudus selalu terlibat aktif dalam karya Allah Bapa. Dia mengerjakan karya dalam hati kita yang merindukan dan memunculkannya keluar. Ciri aspek Pekerjaan Roh Kudus yang luar biasa ini akan tergambar juga dari beberapa hal berikut ini;

A.    PENAMPILAN YANG DIUBAHKAN

1.    Pantauan Kemuliaan
Ketika seseorang mengalami jamahan dan perjumpaan dengan Kristus, maka akan terlihat jelas di wajah mereka. Wajah memantulkan apa yang ada di hati seseorang. Beberapa laporan yang menggambarkan penampilan itu seperti;
·    Bersinar
·    Berkilau
·    Berseri-seri (Maz 34:5-6)
·    Bercahaya (Kel 34:33-34)
·    Tenggelam dalam Tuhan
·    Ada “keheningan” yang indah

Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: 2 Kor 3:18

2.    Wajah Tuhan
Apakah anda rindu melihat wajah Tuhan? Wajah Tuhan akan Nampak juga dalam kehadiran Tuhan. Roh Kudus akan membuat kita dapat melihat wajah-Nya dan kemuliaan-Nya sekalipun tubuh jasmani kita tidak dapat melihatnya (Hanya dalam kasus yang diijinkan Bapa), tetapi roh dan hati kita dalam melihat-Nya. Ketika kita mengalami perjumpaan ini, maka kita akan penuh juga dengan kemuliaan-Nya, seperti Musa dan Stefanus. Banyak yang merasa seolah sudah mengalami perjumpaan dengan Tuhan, tetapi sesungguhnya mereka hanya berjumpa dengan “kebaikan-Nya, “Pertolongan-Nya” atau dengan “Pemberian-Nya”, bukan wajah-Nya-Pribadi-Nya. Mari kita mengjar wajah-Nya, dan bukan pemberian tangan-Nya, atau apa yang dapat Dia lakukan bagi kita.

Wajah Tuhan disebut juga dalam kata “Pniel” Kej 32:30, sedangkan dalam Kel 33:14 “Kehadiran” (My Presence) diterjemahkan dengan “Aku sendiri” yang memiliki arti yang sama dengan”wajah” dalam bahasa Ibrani.
Wajah= pernyataan hadirat
Bersinar= kemuliaan atau karunia

Dan Aku telah memberikan kepada mereka kemuliaan, yang Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu, sama seperti Kita adalah satu: Yohanes 17:22

3.    Keindahan supranatural

Ketika kehadiran Tuhan dan karunia-Nya turun ke atas anda, maka wajah kita akan bersinar. Terlepas dari semua manifestasi karunia Roh, kehadiran-Nya akan membawa keindahan yang luar biasa dalam kehidupan kita. Keindahan ini berasal dari dalam hai dan roh kita, akan memancar keluar, sehingga orang yang melihat kita akan merasa takjub dan terpancar wajah Kristus yang indah. Bukankah wanita/pria akan tampak lebih menawan jika memiliki keindahan ini daripada hanya keindahan dan kecantikan/ketampanan fisik belaka? Kejarlah keindahan rohani ini!


4.    Kerinduan yang luar biasa

Pernahkah anda melihat wajah anda sendiri saat anda sedang menyembah Tuhan? Apakah disana ada wajah yang penuh kekaguman, berseri dengan indah dalam perjumpaan yang sejati? Wajah yang memancarkan kerinduan yang dalam akan Bapanya. Orang-orang yang sangat merindukan Tuhan, akan dapat mudah masuk kedalam hadirat-Nya dan segera tenggelam dalam keindahan penyembahan akan Dia. Kerinduan mereka hanyalah untuk mengingini yang lebih lagi tentang Dia dan kemuliaan-Nya serta rindu membagikannya kepada orang lain


Ekpresi pekerjaan Roh Kudus akan selalu memimpin kepada semangat dan kerinduan untuk melayani Tuhan.

B.    SEMANGAT UNTUK MELAYANI TUHAN


1.    Sukarelawan yang penuh sukacita
Begitu banyak para misionaris yang bahkan sudah mencapai usia senja dan mengalami banyak kelemahan dan sakit, mereka tetap terbakar ole kerinduan untuk melayani Tuhan yang sangat mereka kasihi. Roh Kudus membuat kita dapat menerima dan mengasihi Allah. Didorong oleh kasih yang besar, maka kita akan bersemangat melayani Dia. Apakah anda sedang lesu dalam melayani Tuhan? Ada begitu banyak alasan yang kita katakan agar kita tidak melayani dan bekerja keras bagi Kerajaan Allah. Mari kita belajar untuk tidak memakai banyak alasan dan kata-kata yang negatif dalam menyelesaikan Amanat Agung ini, tetapi dengan iman, melakukan yang terbaik, hasilnya, serahkan kepada Dia.

Pelayanan adalah sebuah anugrah, bukanlah beban yang membuat kita bermuram durja. Dengan melihat kemuliaan dalam pelayanan kita, maka akan ada sukacita yang meluap dari roh dan jiwa kita yang mempermuliakan Tuhan. Sukacita yang tetap adalah hasil dari pekerjaan Roh Kudus yang membuahkan buah sukacita yang tetap dalam hidup kita. Sukacita bukanlah kekuatan kita sendiri dengan memakai alasan duniawi untuk bersukacita. Sukacita adalah didasarkan karena iman kepercayaan kepada Dia yang tidak pernah berubah, maka kita dapat menikmati sukacita itu dalam keadaan apapun.

2.    Pikiran Sorgawi..manfaat duniawi
Walaupun pikiran kita harus tertuju kepada perkara rohani, tetapi kebangunan rohani juga akan berdampak kepada hal-hal duniawi yang akan membawa manfaat besar juga dalam kehidupan yang sekarang ini.Orang-orang yang dilawat akan ada kebutuhan dan semangat dan visi untuk berbuat sesuatu bagi Allah bagi masyarakat sekitar. Orang-orang yang berdampak akan selalu terkenang dan dikenal sebagai pelaku-pelaku kebangunan rohani, bahkan mereka akan selalu dikenal terlebih di Kerajaan Allah.

William booth  muda dan istrrinya. Mereka merencakan rehabilitasi seluruh bangsa, rencana besar-besaran dalam pembangunan bangsa pada masa mendatang. Traktat mereka mempengaruhi ratusan ribu orang. Dengan traktat menggugah, disebarluaskan di seluruh Eropa. Walau menderita sakit hampir sepanjang hidupnya, dan sering merasa sepi, Cahterine Booth tetap membawa Firman Tuhan dan menjadi motivasi pelayanan Bala Keselamatandi seluruh dunia. Dan saat dia meninggal, banyak orang menghakimi pemakamannya (35.000) orang melebihi pemakaman Ratu Inggris.

3.    Satu tubuh, banyak anggota
Pekerjaan Roh Kudus akan nyata jika ada persatuan dari Tubuh Kristus. Jika Kebangunan Rohani terjadi, maka tidak akan ada semangat persaingan gereja yang salah atau menganggap denominasi yang lain lebih rendah daripada miliknya sendiri. Semua akan tenggelam dalam kemuliaan yang sama dengan satu kerinduan, hanya nama Tuhan yang dipermuliakan. Sungguh sangat indah!

Kebangunan Rohani membawa dampak besar bagi dunia yang sedang hancur ini. Ditengah kegelapan yang paling pekat, Terang-Nya akan bersinar paling terang! Tetapi kita harus megerjakan Kebangunan itu dengan sebaik-baiknya tanpa bermalas-malas lagi. Biarlah semangat Api Kebangunan dikobarkan kembali dalam setiap hati yang lesu dan dingin. Kobarkan api dan Api itu akan menyala. Jangan biarkan kesuaman dan kelesuan menguasai, inilah saat peperangan itu. Berjagalah dan jadilah Pemenang. Amin



(Bangkit Dari Kesuaman Rohani)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar