RSS
Container Icon

Dua Tuan

Pada Kisah Para Rasul 20:35b tertulis “Adalah lebih berbahagia memberi daripada menerima”. Hal merupakan prinsip Kerajaan yang diajarkan di dalam Firman Allah. Prinsip di atas benar untuk hal uang. BERKATNYA ada di dalam hal MEMBERI, bukan di dalam hal menerima…
Uang itu tidak berbahaya, tetapi cinta akan uang itu yang berbahaya, karena kita menjadi hamba uang, bukan memperhamba uang.

Seberapa bahayakah cinta uang itu ?
1 Timotius 6:10
Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka.

2 Timotius 3:2
Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang ('PHILARGUROS'). Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama,

Lukas 16:14
Semuanya itu didengar oleh orang-orang Farisi, hamba-hamba uang itu, dan mereka mencemoohkan Dia.
Matius 6:19-24 Hal mengumpulkan harta
6:19 Janganlah kamu mengumpulkan harta di bumi; di bumi ngengat dan karat merusakkannya dan pencuri membongkar serta mencurinya.
6:20 Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.
6:21 Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.
6:22 Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu;
6:23 jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.
6:24 Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan.

Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.

Kata Mamon berasal dari bahasa Syria atau Aram yang berarti uang, kekayaan, harta milik, keuntungan, atau ilah duniawi. Dalam penggunaannya, mamon digambarkan sebagai roh jahat. Uang memang perlu, tetapi bila tidak digunakan untuk Tuhan, kita dapat terikat dengan roh mamon. Mamon dan Tuhan ada di kubu yang berlawanan, jadi tidak mungkin untuk melayani keduanya.
Uang dapat menjadi TUAN anda dan anda adalah HAMBAnya. Ini adalah prinsip hidup. Allah harus menjadi yang nomor satu di atas segala-galanya. Menaruh iman di dalam Allah menjadi hal utama yang membuat iman itu sanggup menjadikan segala sesuatu menjadi mungkin. Allah tahu yang terbaik untuk kita, dan pada Mazmur 84 : 12 tertulis ” …IA tidak menahan kebaikan dari orang yang hidup tidak bercela”



Alkitab memberi kesaksian tentang uang menjadi tuan dari manusia :
Kisah Para Rasul 5 : 1 – 11
Ananias dan Safira berbohong – baik kepada diri mereka sendiri, maupun kepada Jemaat dan kepada Kristus – tentang hasil penjualan tanah mereka karena kuatir mereka tidak akan mendapatkan bagian mereka dari hasil penjualan itu..

Kisah Para Rasul 19 : 21-40
Karena kebenciannya terhadap Injil, Demetrius membuat huru hara menentang Rasul Paulus sebab keuntungan pendapatannya dari hasil membuat patung-patung Dewi Aretemis untuk kuil-kuil menjadi berkurang.

Kisah Para Rasul 27
Kapal yang ditumpangi Paulus hancur karena ketamakan pemiliknya.
1Raja-raja 19 : 2
Izebel membenci Elia dan berusaha membunuhnya karena kehilangan pendapatan akibat para nabi-nabinya dibunuh.

Uang adalah "system pendukung” hidup. Demi uang pria akan menjual jiwanya, wanita menjual tubuhnya, dan karena uang, semua orang dicobai untuk membuang jauh-jauh kebajikan mereka.
Manusia menghabiskan hampir seluruh waktunya di atas muka bumi ini untuk memikirkan uang.
Di dalam perceraian, uang dan anak-anak adalah penyebab terbesar lamanya proses pengadilan.
Pemerintah jatuh ketika terjadi korupsi/ terdapat penyalahgunaan uang.

Orang-orang binasa karena kekurangan uang, mereka tidak bisa membeli makanan.
Keluarga-keluarga hancur akibat stress karena memiliki uang yang BERLEBIHAN, dan karena KEKURANGAN uang. “Memiliki” dan “tidak memiliki” masih menjadikan sebuah kehancuran untuk hidup manusia di dunia ini.
Manusia menyembah semua yang bisa dilakukan oleh uang..
Manusia kuatir karena memilikinya, dan juga bisa karena tidak memilikinya…
KEKHAWATIRAN MENJADI PENGGANTI DOA…..
Maka seharusnya kita berbalik, menyembah dengan setia, dan takut akan dia yang merupakan SUMBER dari kehidupan dan berkat itu sendiri, yaitu Tuhan kita Yesus Kristus, hanya dia yang tahu hal-hal terbaik untuk kita anaknya yang taat dan setia kepadaNya.

Christian Dwi
Kelas Misi Menorah Mision Center (MMC)
Kelompok Yohanes Markus





  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar