RSS
Container Icon

NATAL PERTAMA

Apa makna Natal buat kita? Kapan pertama kali anda merayakan Natal? Mungkin sejak kita lahir ke bumi, kita sudah diajarkan tentang Natal dan turut merasakan Natal dengan keluarga kita.  Kapan Natal pertama anda?

Lalu dengan diam-diam Herodes memanggil orang-orang majus itu dan dengan teliti bertanya kepada mereka, bilamana bintang itu nampak. Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: "Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai Anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya akupun datang menyembah Dia. Setelah mendengar kata-kata raja itu, berangkatlah mereka. Dan lihatlah, bintang yang mereka lihat di Timur itu mendahului mereka hingga tiba dan berhenti di atas tempat, di mana Anak itu berada. Ketika mereka melihat bintang itu, sangat bersukacitalah mereka. Maka masuklah mereka ke dalam rumah itu dan melihat Anak itu bersama Maria, ibu-Nya, lalu sujud menyembah Dia. Merekapun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.  Matius 2:7-11

Kita seringkali melewati Natal demi Natal, tahun demi tahun tapi kita tidak pernah mengalami perubahan dari makna Natal yang sesungguhnya. Mari lihat orang Majus yang datang dari sangat jauh dari Persia dan mengikuti Bintang untuk menghadap Raja yang lahir.

Mereka menyembah Raja dan mempersembahkan Emas, kemenyan, dan mur.  Persembahan yang dibawa untuk bayi Yesus mempunyai lambang sendiri-sendiri:

·    Emas melambangkan bayi Yesus yang akan menjadi Raja agung
·    Kemenyan melambangkan bayi Yesus yang akan menjadi Imam agung
·    Mur melambangkan bayi Yesus yang kelak akan mati untuk menebus dosa manusia


Orang Majus mengalami Natal pertama mereka saat mereka mengalami perjumpaan dengan Kristus di palungan dan membawa persembahan mereka. Iman mereka mengatakan bahwa bayi itulah Mesias, Raja yang agung. Berbeda dengan Herodes, dia mendengar kabar juga bahwa Mesias yang dinubuatkan itu lahir, tetapi dia malah berpikir bagaimana untuk membunuhnya sebagai ancaman, dan karena sikap hatinya yang jahat, dia tidak akan pernah mengalami Natal yang sesungguhnya!

APAKAH NATAL PERTAMA?


Natal adalah sebuah PERJUMPAAN dengan Kristus. Apakah anda sudah mengalami perjumpaan dengan Kristus? Atau kita hanya sekedar merayakan Natal tahun demi tahun tanpa mengalami perubahan? Apakah kita ingat kisah murid Kristus yang bernama Petrus? Petrus mungkin sudah mengenal dan mendengar tentang Yesus, tetapi dia belum mengalami Natal, sampai dia mengalami perjumpaan pribadi dengan Tuhannya. Saat itu, Simon (Petrus) adalah nelayan yang handal, bersama saudaranya Andreas mereka sering menjala ikan dan menangkal tangkapan-tangkapan terbaik mereka. Tetapi suatu saat, Simon diijinkan Tuhan untuk tidak mengalami berkat dan semua yang dikerjakan gagal. Tapi Tuhan dapat memakainya untuk menjumpai Petrus secara pribadi. Yesus menjumpai mereka dan menyuruh Simon itu ke lautan kembali dan menebar jala lagi. Bisa saja Simon yang keras kepala ini tetap “ngeyel” bahwa dia sudah berusaha dan tidak mau taat. Tapi kali itu, Simon sudah sangat letih dengan kegagalan, dia akhirnya menurut kepada Yesus. Kita sudah tahu ceritanya, perahu Simon penuh dengan tangkapan ikan yang belum pernah terjadi sebelumnya, sampai jalanya terkoyak. Simon mengalami perjumpaan dengan Kristus sendiri secara pribadi bukan karena tangkapan berkat yang melimpah, tetapi dia melihat Kristus dengan hatinya.

Ketika Simon Petrus melihat hal itu iapun tersungkur di depan Yesus dan berkata: "Tuhan, pergilah dari padaku, karena aku ini seorang berdosa." Sebab ia dan semua orang yang bersama-sama dengan dia takjub oleh karena banyaknya ikan yang mereka tangkap; demikian juga Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, yang menjadi teman Simon. Kata Yesus kepada Simon: "Jangan takut, mulai dari sekarang engkau akan menjala manusia." .  Dan sesudah mereka menghela perahu-perahunya ke darat, merekapun meninggalkan segala sesuatu, lalu mengikut Yesus.  Lukas 5:8-11

Ketika mengalami perjumpaan pribadi, Petrus mengalami Natal yang Pertama dalam hidupnya! Dia menerima Kristus dan dia merasa sungguh tidak layak menerima karunia yang begitu besar itu, sekali lagi bukan karena berkatnya, tapi Dia melihat Mesias, Yang Dijanjikan itu. Ketika kita mengalami perjumpaan dengan Kristus, kita akan diubahkan tujuan hidup kita. Nama Simon menjadi Petrus dan dia dijadikan Penjala manusia. Apakah anda sudah mengalami Natal pertama kita? Sudahkah kita mengalami Perjumpaan dengan Kristus dengan mata hati kita?
Tahun depan, kita akan memasuki Pintu Gerbang Takdir kita, dimana tahun-tahun penentuan tujuan hidup kita akan dilaksanakan, dan tahun dimana pemulihan akan digenapkan dengan indahnya. Semua butuh proses dan waktu, demikian juga Tuhan sedang mempersiapkan kita untuk memasuki babak yang baru dalam kehidupan kita.

Selamat hari Natal dan Tuhan Yesus memberkati.

(disadur dari Khotbah Ps Daniel Shane di Natal Universitas Surabaya)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar