RSS
Container Icon

6 KEBODOHAN - WASPADA!

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa ternyata orang-orang yang memiliki kecerdasan intelektual atau IQ belum tentu menentukan tingkat kerohanian seseoang. Ada orang-orang yang dengan tingkat IQ rendah namun sangat mencintai Tuhannya. Justru orang-orang yang sangat pandai secara intelektual cenderung berpikir semua hal yang rohani dari sudut intelektualnya. 

Firman Tuhan berkata, 

1 Korintus 1:27-29  Tetapi apa yang bodoh bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan orang-orang yang berhikmat, dan apa yang lemah bagi dunia, dipilih Allah untuk memalukan apa yang kuat,

dan apa yang tidak terpandang dan yang hina bagi dunia, dipilih Allah, bahkan apa yang tidak berarti, dipilih Allah untuk meniadakan apa yang berarti,

supaya jangan ada seorang manusia pun yang memegahkan diri di hadapan Allah. 

APAKAH ANDA ORANG BODOH? 
BODOH MENURUT SIAPA? 

1. Kebodohan Saul

Saul disebut orang bodoh oleh Nabi Samuel ketika Saul tidak sabaran dan tidak taat kepada Tuhan. Ketidaksabaran memang membuat seseorang mengambil keputusan untuk tidak taat. 

1 Samuel 10:8  Engkau harus pergi ke Gilgal mendahului aku, dan camkanlah, aku akan datang kepadamu untuk mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan. Engkau harus menunggu tujuh hari lamanya, sampai aku datang kepadamu dan memberitahukan kepadamu apa yang harus kaulakukan." 

1 Samuel 13:13-14  Kata Samuel kepada Saul: "Perbuatanmu itu bodoh. Engkau tidak mengikuti perintah TUHAN, Allahmu, yang diperintahkan-Nya kepadamu; sebab sedianya TUHAN mengokohkan kerajaanmu atas orang Israel untuk selama-lamanya. 

Tetapi sekarang kerajaanmu tidak akan tetap. TUHAN telah memilih seorang yang berkenan di hati-Nya dan TUHAN telah menunjuk dia menjadi raja atas umat-Nya, karena engkau tidak mengikuti apa yang diperintahkan TUHAN kepadamu."  

Hati-hati! Akibat kebodohan Saul sangat mengerikan. Banyak anak-anak Tuhan yang harusnya diangkat Tuhan dan dipakai Tuhan, namun jatuh dalam kebodohan... Tidak sabar dan tidak taat. 

Saat kita disuruh menunggu oleh Tuhan. Apakah anda akan menunggu?? 

Jika kita sedang ingin mencintai seseorang dan Tuhan bilang "WAIT!" 

kita mengeluh dan berkata "Ah, Tuhan! Mengapa aku gak boleh punya pasangan?? Mengapa begitu? Engkau gak adil!" 

Lalu apa yang terjadi?? Kita berpasangan dan memutuskan hidup dengan orang yang Tuhan sudah berkata "TIDAK!" ATAU "TUNGGU!" 

Tuhan yang mengetahui semua masa depan yang terbaik! Tetapi saat kita tidak sabar dengan keputusan Tuhan, kita mulai dikuasai hawa nafsu yang akan membuat kita jauh dari kehendak Bapa. 

Saul kehilangan perkenanan dan penyertaan Tuhan. 


2. Kebodohan Daud

Ada sebuah kisah dari perjalanan Daud, Daud hampir saja membunuh Nabal dan melakukan kebodohan dan dosa karena egonya, harga dirinya terluka. 

1 Samuel 25:32-35  Lalu berkatalah Daud kepada Abigail: "Terpujilah TUHAN, Allah Israel, yang mengutus engkau menemui aku pada hari ini; 
terpujilah kebijakanmu dan terpujilah engkau sendiri, bahwa engkau pada hari ini menahan aku dari pada melakukan hutang darah dan dari pada bertindak sendiri dalam mencari keadilan.
Tetapi demi TUHAN, Allah Israel yang hidup, yang mencegah aku dari pada berbuat jahat kepadamu — jika engkau tadinya tidak segera datang menemui aku, pasti tidak akan ada seorang laki-laki pun tinggal hidup pada Nabal sampai fajar menyingsing." 
Lalu Daud menerima dari perempuan itu apa yang dibawanya untuk dia, dan berkata kepadanya: "Pulanglah dengan selamat ke rumahmu; lihatlah, aku mendengarkan perkataanmu dan menerima permintaanmu dengan baik."

Manusia memiliki harga diri dan ego. Saat kita sudah merasa melakukan yang terbaik, seperti Daud. Saat kita merasa sudah melakukan yang benar, kita tetap dicerca, dan di tolak. Perasaan kita terluka. Harga diri kita terluka dan ego kita menjadi naik. 

Puji Tuhan! Ada seorang wanita bijaksana yang bernama Abigail, istri Nabal yang menghalangi Daud dari kebodohannya. Daud berhasil mengendalikan amarahnya. Amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Tuhan

Ada banyak kisah kehidupan manusia yang mengisahkan bahwa kemarahan telah merusak begitu banyak perpisahan, duka, kerusakan dan ketidakbahagiaan. 


3. Orang kaya yang bodoh

Menjadi kaya tidak dosa. Mencintai uanglah yang dosa. Kekayaan dapat dipakai Tuhan untuk melakukan misiNya. Namun perhatikan kata Firman Tuhan mengenai orang kaya yang bodoh ini. 
Lukas 12:15-21  Kata-Nya lagi kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu."
Kemudian Ia mengatakan kepada mereka suatu perumpamaan, kata-Nya: "Ada seorang kaya, tanahnya berlimpah-limpah hasilnya.
Ia bertanya dalam hatinya: Apakah yang harus aku perbuat, sebab aku tidak mempunyai tempat di mana aku dapat menyimpan hasil tanahku.
Lalu katanya: Inilah yang akan aku perbuat; aku akan merombak lumbung-lumbungku dan aku akan mendirikan yang lebih besar dan aku akan menyimpan di dalamnya segala gandum dan barang-barangku.
Sesudah itu aku akan berkata kepada jiwaku: Jiwaku, ada padamu banyak barang, tertimbun untuk bertahun-tahun lamanya; beristirahatlah, makanlah, minumlah dan bersenang-senanglah!
Tetapi firman Allah kepadanya: Hai engkau orang bodoh, pada malam ini juga jiwamu akan diambil dari padamu, dan apa yang telah kausediakan, untuk siapakah itu nanti?
Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah."

Orang yang tamak, serakah, disebut sebagai orang yang bodoh di hadapan Tuhan. Orang yang mengumpulkan hartanya di bumi dan melupakan kekekalan adalah orang yang bodoh. 

Ia dapat disebut kaya dan berbahagia di bumi namun ia miskin di hadapan Tuhan

APAKAH ANDA KAYA BAGI DUNIA DAN MISKIN DI HADAPAN BAPA? 


GEREJA TUHAN HARUS KAYA DAN DIPERKAYA dalam kebenaran, kasih, kuasa dan segala yang rohani. 

Begitu menyedihkan..Gereja2 yang menjadi semakin miskin secara moral, miskin secara iman, miskin kasih, miskin buah roh, dan miskin semua yang rohani. 

Apa yang anda pilih? 


4. Kebodohan kembali ke kehidupan yang lama

Israel keluar dari perbudakan Mesir, namun saat hidupnya merasa menderita, mereka ingin kembali ke Tanah Mesir, walau menjadi budak. 

Ada orang-orang yang telah menerima dan mengecap kebaikan dan kebenaran Tuhan, namun ingin kembali kepada kehidupan yang lama. Mereka merindukan cara hidup yang lama, yang seolah bebas tanpa pagar ilahi. 

Galatia 3:3-4  Adakah kamu sebodoh itu? Kamu telah mulai dengan Roh, maukah kamu sekarang mengakhirinya di dalam daging? 
Sia-siakah semua yang telah kamu alami sebanyak itu? Masakan sia-sia! .
"


5. Kebodohan 5 gadis bodoh

Matius 25:8  Gadis-gadis yang bodoh berkata kepada gadis-gadis yang bijaksana: Berikanlah kami sedikit dari minyakmu itu, sebab pelita kami hampir padam.

BODOH=TIDAK BIJAKSANA

Apakah kita sedang menginvestasikan hidup kita yang berharga untuk perkara kerajaan Tuhan atau hidup untuk diri sdri?

Apakah anda memikirkan untuk memiliki bekal perjalanan rohani yang cukup atau miskin iman dan moral?? 

Gadis bodoh yang dikatakan Alkitab tidak mempersiapkan dirinya masuk dalam kekekalan. Mereka hanya memikirkan kemungkinan yang ada di dunia ini. Dan penyesalan akan terjadi...

GEREJA TUHAN! PERSIAPKAN BEKALMU DAN MINYAKMU DI DUNIA INI SAMPAI PADA KEKEKALAN! 


6. Kebodohan Esau

Kejadian 25:31-34  Tetapi kata Yakub: "Juallah dahulu kepadaku hak kesulunganmu." 

Sahut Esau: "Sebentar lagi aku akan mati; apakah gunanya bagiku hak kesulungan itu?" 
Kata Yakub: "Bersumpahlah dahulu kepadaku." Maka bersumpahlah ia kepada Yakub dan dijualnyalah hak kesulungannya kepadanya. 
Lalu Yakub memberikan roti dan masakan kacang merah itu kepada Esau; ia makan dan minum, lalu berdiri dan pergi. Demikianlah Esau memandang ringan hak kesulungan itu.

Ibrani 12:14-17  Berusahalah hidup damai dengan semua orang dan kejarlah kekudusan, sebab tanpa kekudusan tidak seorang pun akan melihat Tuhan.
Jagalah supaya jangan ada seorang pun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang.

Janganlah ada orang yang menjadi cabul atau yang mempunyai nafsu yang rendah seperti Esau, yang menjual hak kesulungannya untuk sepiring makanan. 

Sebab kamu tahu, bahwa kemudian, ketika ia hendak menerima berkat itu, ia ditolak, sebab ia tidak beroleh kesempatan untuk memperbaiki kesalahannya, sekalipun ia mencarinya dengan mencucurkan air mata. 


Diluar Tuhan, Kita bukan siapa2 dan tidak dapat melakukan apa2..


FIRMAN TUHAN berkata, Esau begitu bodoh karena telah menganggap remeh hak kesulungan. Esau berkata "Emangnya buat apa sih hak kesulungan?? Aku belum alami keuntungan apapun kok! Aku lapar! Aku haus! Aku tidak butuh hak kesulungan! Aku hanya ingin makan!" 

Esau dikuasai hawa nafsunya dengan mengarahkan hatinya kepada yang kelihatan, ia tidak bisa melihat apa yang tidak kelihatan. 

2 Korintus 4:18  Sebab kami tidak memperhatikan yang kelihatan, melainkan yang tak kelihatan, karena yang kelihatan adalah sementara, sedangkan yang tak kelihatan adalah kekal.

JANGAN SEPERTI ESAU! 

Yang tidak kelihatan itu kekal! Hak kesulungan, kebenaran, kekekalan itu ada! Perkara2 rohani itu indah dan kekal! Namun banyak orang menukar kasih setia, dan perjanjian Tuhan dengan hal yang sementara. 

Di jaman Perjanjian Baru, semakin banyak pergeseran nilai. Orang dunia mulai menganggap bahwa orang-orang yang memberikan hidupnya kepada Tuhan adalah orang yang bodoh! 

1 Korintus 2:14  Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani.

Roma 1:21-22  Sebab sekalipun mereka mengenal Allah, mereka tidak memuliakan Dia sebagai Allah atau mengucap syukur kepada-Nya. Sebaliknya pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap. 

Mereka berbuat seolah-olah mereka penuh hikmat, tetapi mereka telah menjadi bodoh. 


PENGERTIANNYA YANG GELAP

Efesus 4:17-18  Sebab itu kukatakan dan kutegaskan ini kepadamu di dalam Tuhan: Jangan hidup lagi sama seperti orang-orang yang tidak mengenal Allah dengan pikirannya yang sia-sia
dan pengertiannya yang gelap, jauh dari hidup persekutuan dengan Allah, karena kebodohan yang ada di dalam mereka dan karena kedegilan hati mereka.

SELUBUNG KEBODOHAN

2 Korintus 3:16-17  Tetapi apabila hati seorang berbalik kepada Tuhan, maka selubung itu diambil dari padanya. Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan. 


Dunia akan menganggap anda bodoh saat anda semakin sungguh-sungguh kepada Tuhan! 

Dunia akan menganggap anda bodoh menolak sebuah pekerjaan dengan gaji sangat tinggi demi menjalani kehidupan panggilan Ilahi yang sederhana. 

Dunia akan menganggap anda bodoh saat anda memilih kehendakNya yang sempurna. 

Dunia akan mengganggap anda bodoh saat anda memilih yang tidak kelihatan itu. 


KITA BUTUH HIKMAT UNTUK MELAWAN KEBODOHAN! 

kita seringkalu harus dipukul supaya kebodohan kita pergi! 

Amsal 1:7  Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan. 

Amsal 22:15  Kebodohan melekat pada hati orang muda, tetapi tongkat didikan akan mengusir itu dari padanya. 

Orang yang belum berpengalaman, atau masih muda, atau masih ada selubung di mata rohaninya, perlu diajar dan dibuka matanya oleh Tuhan. Tuhan terkadang perlu memukul kita supaya kita tidak menjadi bodoh. 

Jangan takut dianggap orang bodoh oleh dunian

Takutlah jika anda dianggap bodoh oleh Tuhan! 









  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar