RSS
Container Icon

Pelatihan Ala YESUS

Apakah kamu menemukan yang menarik di kisah ini? Coba simak! 

Markus 6:7-13 (TB)  Ia memanggil kedua belas murid itu dan mengutus mereka berdua-dua. Ia memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat,
dan berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan mereka, kecuali tongkat, roti pun jangan, bekal pun jangan, uang dalam ikat pinggang pun jangan, 
boleh memakai alas kaki, tetapi jangan memakai dua baju. 
Kata-Nya selanjutnya kepada mereka: "Kalau di suatu tempat kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari tempat itu.
Dan kalau ada suatu tempat yang tidak mau menerima kamu dan kalau mereka tidak mau mendengarkan kamu, keluarlah dari situ dan kebaskanlah debu yang di kakimu sebagai peringatan bagi mereka."
Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat, 
dan mereka mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka.  

Beberapa minggu lalu kita membahas mengenai TIM IMPIAN TUHAN. Tim ini Terdiri dari siapa saja yang mau diutus, dilatih dan tentu orang2 ini adalah orang pilihanNya. Bukan berarti Tuhan pilih kasih. Masalah kasih sayang Bapa, adalah bagi kita semuanya. Namun masalah apakah anda akan dipakai lebih menjadi kawan sekerjaNya, itu belum tentu! Yah..

YESUS MELATIH MURIDNYA

Yang menarik bagi saya adalah Yesus sedang melatih kepekaan rohani mereka. Bayangkan saja para murid Yesus Bukan orang terpelajar seperti Paulus yang belajar Taurat secara mendetail ataupun ilmu komunikasi yang hebat. Mereka orang2 bodoh dan biasa saja! Namun Tuhan justru memilih mereka sebagai TIM dan melatih mereka. 

LATIHAN KEPEKAAN

Diawal latihan dan pengutusan ini, Tuhan Yesus sudah mengajar secara teori kepada mereka. Mereka pun diberi kuasa. Ya! Sama seperti kita semua sudah diberikan KUASA sebagai Anak2 Allah untuk melakukan pekerjaanNya. 

Perhatikan poin2 dibawah ini:

1. Pergi berdua

Yesus mengajar mereka bergerak secara Tim, tidak sendiri. Tuhan mau kita bergerak dengan tim kita, ada kesehatan, ada sevisi, setujuan dan saling menopang satu sama lain. 

2. Melepaskan roh jahat

Yesus juga memberikan mereka kuasa melakukan kehendakNya, menyembuhkan yang sakit dan mengusir setan. Saya percaya andapun diberi kuasa! Kita harus mau dilatih Tuhan dan mempraktekkannya. Jika ada yang sakit, doakan mereka. Dimanapun kita berjumpa jiwa2, minta kepekaan dari Tuhan untuk melayani mereka sesuai kebutuhan mereka. 

Tuhan sedang melatih anda! Maukah anda melakukannya? 

3. Tidak bawa apa2

Tuhan mau mengajar mereka bergantung penuh pada tuntunann Tuhan, tidak mengandalkan apa yang mereka punya. Dalam latihan kepekaan ini, murid2 akan berjumpa dengan banyak orang tanpa tahu apa yang akan terjadi. Mereka diajar bercakap2 dengan orang dan belajar mendengar suara Tuhan. Mereka mulai melayani orang2 dan mereka bahkan di sambut dan dicukupi kebutuhan mereka saat mereka bermisi. Mereka merasakan kemuliaan Tuhan dan mengadakan banyak mujizat. 

4. Siap diterima atau di tolak. 

Diterima atau di tolak, mereka harus siap. Tidak ada paksaan orang lain harus menerima pemberitaan kita. Tugas kita hanyalah menyampaikan kabar baik itu pada semua orang. Mengajak mereka mengenal Sumber Kebenaran. Ada kalanya kita harus mengalami penolakan dari orang2 yang kita layani. Tidak mengapa, jangan patah hati dan bersukacitalah sebab namamu sudah ada terdaftar dalam KerajaanNya!

Menarik sekali menemukan di Lukas 10, bahwa Yesus Bukan hanya MENGUTUS 12 murid, namun 70 murid. Lingkaran murid kedua ini diutus dan dilatih juga untuk melayani di kota2 tanpa tujuan dan arah yang pasti. Merekapun diajar bergantung pada Tuhan dan belajar memiliki kepekaan dalam perjalanan mereka. 

Apakah anda mau dilatih seperti ini? Mulailah sekarang juga! 

Dalam kehidupan sehari2, berdoa lah Tuhan memimpin anda kemana, siapa yang anda jumpai, apa yang harus anda lakukan, apa yang anda katakan, apa yang harus anda berikan pada orang tertentukah? 

TUHAN SEDANG MELATIH ANDA. 

Mari berpetualang secara rohani bersama Tuhan, ini sungguh menyenangkan! Mendengarkan, sungguh berapi2 dan sungguh luar biasa! 

Salam Kebangunan!

AMIN. 


Pokok doa dan konseling
Healing From Heaven
08777.167.2009 /0822.7777.4882

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar