RSS
Container Icon

Penguasaan Diri adalah BENTENG Pertahananmu

Yesus selalu menantikan buah dalam hidup kita. Buah yang mantang dan tetap selalu menyenangkan hati Tuhan. Apa saja rasa buah yang disukai Yesus? 

Anda sudah menghafalnya! 

Galatia 5:22-23 (TB)  Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

Semua diawali dengan KASIH sebagai dasar landasan segala sesuatu. Kasihlah yang terbesar! Karena Allah adalah Kasih itu sendiri. Semua yang kita lakukan sebaik apapun itu, tanpa kasih maka semua sia2. Kita mengasihi karena Bapa terlebih dulu mengasihi kita. 

Kemudian kita akan menghasilkan rasa2 yang manis seperti sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan dan yang terakhir ada penguasaan diri 


Sobat, mari perhatikan buah penguasaan diri ini. Penguasaan diri adalah seperti benteng dalam hidup kita. Jika kita tidak bisa menguasai diri, kita bisa hancur dan roboh! 

Amsal 25:28 (TB)  Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya. 

Betapa pentingnya penguasaan diri! Dan hal ini perlu dilatih dalam diri kita. Semua yang keluar dari kita berasal dari dalam diri kita. Jika dalam diri kita sudah roboh bagaimana kita bisa menghasilkan buah2 yang matang? 

Seringkali kita kurang bisa menguasai diri dalam perkataan kita dan menghancurkan begitu banyak hal yang indah 

Banyak orang tidak menguasai diri dan tiba2 saja seluruh hidupnya hancur, bahkan ia telah menghancurkan hidup orang lain. 

Banyak pasangan yang bercerai karena tidak menguasai diri dan saling menyakiti. 

Banyak hubungan keluarga terputus karena tidak saling menguasai diri. 

Penguasaan diri adalah BENTENG PERTAHANAN KITA. 

Amsal 16:32 (TB)  Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota. 

TUHAN memanggil kita pahlawan! Namun orang yang bisa menguasai diri disebut LEBIH DARI PAHLAWAN YANG MEREBUT KEMENANGAN. 

Bagaimana kita memiliki penguasaan diri? Satu2nya cara adalah menundukkan diri kita sendiri (roh, jiwa, tubuh) kepada Kristus. Melatih diri kita dalam kebenaran dan memikul salib setiap hari. 

1 Korintus 9:26-27 (TB)  Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul. 

Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

Sudahkah anda menemukan cara untuk melatih diri dan menguasai setiap kelemahan2 kita pribadi? 

Sudahkah anda mengenal area2 berbahaya dimana anda perlu lebih waspada menjaga tembok2 pertahanan anda? 

Semua buah ini dikerjakan oleh Roh Kudus didalam diri kita. Roh Kudus bekerjasama dengan manusia untuk membentuk pribadi yang serupa dengan Kristus. Ini adalah goal dari karakter kita! Serupa dengan Kristus. 

Mari kita renungkan. Semakin hari kita semakin diserupakan dengan Yesus dan dengan karakter kita, kita dapat mempermuliakan Tuhan. Amin


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar