RSS
Container Icon

Boleh dong saya marah!? Iri hati?

Hai saudara-saudara yang kukasihi, ingatlah hal ini: setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, dan juga lambat untuk marah; sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah. Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu. Yakobus 1:19-21

Siapa sih yang dak suka berkata-kata? semakin ramai, semakin asyik!
Tapi Firman Tuhan berkata bahwa memang kita tidak bisa menghalangi apa yang kita dengar, bisa berita buruk, berita negatif, prasangka orang, gosip, dan lain sebagainya. Namun kita belajar untuk tidak langsung BEREAKSI atas apa yang kita dengar. Lambat berkata-kata, lambat marah.
Sebelum kita bereaksi, cobalah kita memikirkan dahulu apa yang kita dengar dengan kepala dingin, dengan demikian kita dihindarkan dari DOSA AMARAH.

 Sebab amarah manusia tidak mengerjakan kebenaran di hadapan Allah

Benar sekali! kenapa kita tidak boleh marah dan bicara sembarangan? karena amarah yang lahir dari kedagingan kita, tidak pernah mengerjakan KEBENARAN di hadapan Bapa. Ini adalah DOSA.

Benar juga, bahwa Tuhan di Perjanjian Lama seringkali menunjukkan amarah-Nya pada bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain. Mengapa? karena TUHAN adalah TUHAN, dan Dia berhak marah apabila umat-Nya melakukan dosa demi dosa. Karena AMARAH TUHAN didasarkan pada kasih, keadilan, kebijaksanaan, kebenaran dan memiliki tujuan.
Coba renungkan sesaat...
Lalu bagaimana dengan amarah anda??

KISAH RAJA SAUL
 
1 Samuel 20:27-34
Saul menjadi sangat marah pada Daud dan ingin membunuhnya karena dimulai dari hal yang kecil.
1. Saul merasa tidak aman dengan dirinya sendiri dan orang lain
2. Saul merasa gagal karena dibanding-bandingkan
3. Saul mempertahankan kesombongannya
dan banyak daftar buruk lain yang bisa anda tambahkan sendiri..

Raja Saul mendapatkan sebuah kesempatan yang luar biasa memimpin dan menjadi Raja pertama dari Umat Pilihan Tuhan. Namun dia tidak sanggup menjaga hatinya, sehingga dia tidak dapat menjaga ketetapan Tuhan atas dia dan bangsa yang dipimpinnya.

Sebuah kisah 1 Sam 18 begitu memicu Raja Saul saat bangsa Israel mengelu-elukan Daud melebihi Saul. Rakyat lebih menyukai Daud dan mencintainya lebih dari Saul.

SAUL MERASA IRI, TERANCAM, dan TIDAK AMAN.


PEMBANDINGAN




Siapa yang tidak pernah dibandingkan seumur hidupnya?
Kita di bumi terbiasa dengan HUKUM PEMBANDINGAN.
Dari kecil orang lain melihat kita bersaudara lalu berkata "Tuh! kakaknya jauh lebih cantik, atau adiknya lebih pintar, atau kelakuannya lebih baik, dan lain sebagainya.."

Ya! sejak kecil kita hidup dalam pembandingan! Sungguh tidak nyaman dibandingkan. Hal ini memicu hati kita untuk terluka, untuk berambisi, untuk mencapai sesuatu yang berdasarkan pembandingan itu.
AMARAH muncul dalam hati kita perlahan dan kadang kita tidak menyadarinya. Ada amarah hati yang dilampiaskan dengan perbuatan dan kata-kata, namun ada juga amarah yang dipendam..menunggu saatnya untuk diledakkan...ini sungguh mengerikan!

SEBAB AMARAH

1. Merasakan ketidakadilan. Entah ketidakadilan yang sebenarnya atau ketidakadilan yang berdasarkan pikiran manusia itu sendiri. Ada banyak orang benar-benar menderita mengalami ketidakadilan yang sebenarnya dalam hidup ini, namun ada banyak orang yang menilai keadilan sesuai kebenaran sendiri.


2. Frustasi. Mengapa anda marah? karena anda frustasi tidak mendapatkan apa yang anda inginkan.




3. Tersakiti. Banyak orang menjadi marah dalam hidupnya karena merasa tersakiti dan terluka.

4. Sifat bawaan atau pengalaman masa kecil yang menimbulan trauma.



Hati-hati dengan reaksi amarah yang belum kita bereskan. Ini akan merusak banyak hubungan. Reaksi-reaksi yang bisa muncul: marah dengan Tuhan, marah pada diri sendiri, dan mengasihani diri, mencari rekan senasib dalam amarah dan kepahitan, suka mencari kambing hitam, penyendiri, pemurung dan susah bekerjasama dengan orang lain.





IRI HATI : EGOIS

Pernahkah anda iri hati? Manusia menjadi iri hati karena mereka menginginkan apa yang BELUM atau BUKAN menjadi haknya.

Yak 3:16 Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat.


IRI HATI + EGOIS : KEKACAUAN + SEGALA PERBUATAN JAHAT

Mengapa manusia mencuri? karena merasa iri hati tidak memiliki uang yang banyak
Mengapa manusia bermusuhan? karena merasa tersakiti tanpa mau memikirkan perasaan lawannya.
KARENA YANG DIPIKIRKAN ADALAH MELIHAT KEBAHAGIAAN DIRI SENDIRI!!

EGOIS:  melihat kebahagiaan diri sendiri.




Oleh karena itu betapa pentingnya kita memandang pada Tuhan dan sesama kita. Dengan kita melayani Tuhan dan sesama kita, kita bisa tidak lagi berfokus pada diri sendiri.

Para pelayan Tuhan! Anda pasti mengalaminya..saat anda merasa letih dan lelah dengan pergumulan pribadi anda, anda berpikir ingin berhenti dengan semua pelayanan yang ada, anda merasa tidak layak melayani, anda merasa sudah gagal dan jatuh, anda merasa tidak bisa lagi dipakai Tuhan...
Ya, ini bisa kita rasakan...
NAMUN..saat anda memutuskan mencari wajah Bapa sungguh-sungguh dan berdoa, anda MELIHAT pada TUHAN yang sudah begitu mengasihi anda, melihat Bapa yang penuh cinta, melihat Yesus yang sudah rela mati demi dosa-dosa dan kelemahan kita...anda mulai terbangun kembali...
anda melihat jiwa-jiwa dan jemaat yang anda layani selama ini..anda melihat kerinduan mereka untuk dibimbing dan melihat contoh Kristus dalam diri anda....Tiba-tiba anda mendapat kekuatan baru walau dalam tangisan anda dalam doa...

"Aku adalah milik Bapa... Bapa sudah sangat mengasihi aku... Dia sudah mengampuni dan menebus hidup saya... saya akan tetap melayani Dia...saya akan tetap bertahan dan berjuang untuk jemaat yang saya layani..untuk anak-anak rohani saya.. untuk saudara-saudara saya..!"

Dan anda akan bangun kembali!!

Saat anda melihat pada Kristus dan sesama kita, bukan lagi berfokus pada dosa, kelemahan dan pergumulan hati pribadi kita, kita akan dikuatkan dan dimampukan kembali untuk melawan dosa dan memenangkan pergumulan kita.

PERCAYAKAH ANDA? alamilah sendiri..





MENGAPA ADA IRI HATI?

Ketika saya semakin menyelidiki dalam doa dan jiwa saya sendiri..IRI HATI dimulai dari GAMBAR DIRI YANG RUSAK.

Gambar diri yang rusak selalu berkata bahwa Bapa kurang mengasihi aku, Bapa lebih mengasihi orang itu, Lihat! dia lebih diberkati! Dia lebih ini dan itu! aku ini sangat buruk! aku ini tidak dikasihi siapa-siapa..aku merasa tidak dihargai..Oh! orang itu bohong padaku! Dia tidak mengasihi aku! aku tidak bisa percaya!"
Tahukah anda bahwa bahasa kasih kita mungkin saja berbeda dengan Bapa dan orang lain yang mengasihi kita? Mengapa kita iri?

Kita berpikir bahwa kita dikasihi apabila A...
Sedang orang lain dan bahkan Bapa mengasihi kita dengan cara B dan C..

Bapa mencintai kita dan menghindarkan kita dari pencobaan dan penderitaan di bumi..
Namun anehnya banyak anak Tuhan merasa jalan Bapa adalah sebuah PENGHUKUMAN baginya...
padahal itu adalah cara Bapa untuk mencintai kita..

Ya..hidup dalam penghukuman sangatlah menderita! Kita menghukum diri sendiri karena Gambar Diri yang rusak!

Melihat dan menginginkan panggilan orang lain yang kita rasa "lebih" dari diri kita adalah sebuah bentuk dari iri hati dan amarah pada diri sendiri. Frustasi ini akan menghancurkan dan melumpuhkan kita sebagai orang pilihan Tuhan yang harusnya berdampak maksimal di bumi ini.

Apakah anda masih memiliki gambar diri yang rusak? rendah diri? merasa tidak dikasihi? dan gagal?

KISAH MEFIBOSET

2 Sam 4. Mefiboset adalah cucu sah dari Raja Saul dan anak dari Yonathan sahabat terdekat Daud. Mefiboset memiliki asal nama Meribaal yang berarti Baal yang melawan/Pahlawan Baal.
Namun usia 5 tahun, dia dibawa lari oleh pengasuhnya Ziba dan jatuh, akhirnya dia lumpuh seumur hidupnya...

Dia dibawa hidup di LODEBAR yang artinya tanah yang kering dan tanpa harapan..


Anda bisa bayangkan kehidupan Mefiboset ini? Mefiboset artinya serpihan, remukan, aib, malu...
Betapa hidupnya sudah hancur sejak masa kecil..
Entah begitu banyak rasa sakit, ketidakadilan, kemarahan dan iri hati yang tersimpan di dalam hatinya yang penuh rahasia...










Saat usianya 30 tahunan.. Dia mendengar kabar bahwa Raja Daud mencarinya.. tentu saja dia awalnya sangat ketakutan dalam persembunyiannya itu..
Namun saat dia datang menghadap Daud.. Daud menunjukkan kasihnya kepadanya, walau Mefiboset menyebut dirinya anjing mati..



KASIH DAN PENERIMAAN Raja Daud memulihkan kembali harga dirinya yang telah hancur, gambar dirinya yang sudah benar-benar rusak!

Dan jika anda baca kisah ini selanjutnya, Mefiboset dikhianati oleh Ziba dan memfitnah Mefiboset menuduhnya bahwa dia bekerjasama dengan Absalom untuk memberontak pada Daud.




Daud kembali ada dalam pelarian beberapa waktu lamanya, disana Mefiboset yang timpang hanya bisa berdoa dan menunggu kepulangan Raja Daud.. dan saat Daud kembali ke Kerajaannya, Daud menemui Mefiboset...


2 Sam 19:25 Ketika ia dari Yerusalem menyongsong raja, bertanyalah raja kepadanya: "Mengapa engkau tidak pergi bersama-sama dengan aku, Mefiboset?"
19:26 Jawabnya: "Ya tuanku raja, aku ditipu hambaku. Sebab hambamu ini berkata kepadanya: Pelanailah keledai bagiku, supaya aku menungganginya dan pergi bersama-sama dengan raja! --sebab hambamu ini timpang.
19:27 Ia telah memfitnahkan hambamu ini kepada tuanku raja. Tetapi tuanku raja adalah seperti malaikat Allah; sebab itu perbuatlah apa yang tuanku pandang baik.
19:28 Walaupun seluruh kaum keluargaku tidak lain dari orang-orang yang patut dihukum mati oleh tuanku raja, tuanku telah mengangkat hambamu ini di antara orang-orang yang menerima rezeki dari istanamu. Apakah hakku lagi dan untuk apa aku mengadakan tuntutan lagi kepada raja?"
19:29 Tetapi raja berkata kepadanya: "Apa gunanya engkau berkata-kata lagi tentang halmu? Aku telah memutuskan: Engkau dan Ziba harus berbagi ladang itu."
19:30 Lalu berkatalah Mefiboset kepada raja: "Biarlah ia mengambil semuanya, sebab tuanku raja sudah pulang dengan selamat."

Mefiboset mungkin sudah kehilangan semuanya..namun dia sangat bahagia karena Raja Daud kembali dengan selamat. Betapa dia sangat mengasihi Daud!


BUKANKAH ANDA LEBIH LAGI?Jika kita menerima kasih dan penerimaan Bapa, kitapun akan lebih dari Mefiboset. Kita akan berkata "Hidupku bukan milikku lagi! Dia adalah segalanya bagiku!"



Mari pandang kepada Yesus dan lihat kerinduan Yesus, kepentingan Yesus.. dan jangan berpusat pada diri sendiri agar hati kita juga tetap terjaga dalam Dia.

Ada orang berkata "Jika aku tidak berpikir tentang diriku, siapakah yang akan memikirkan diriku??? Jika aku tidak melihat pada kebahagiaanku, kapan lagi aku akan memikirkannya?

Oh,  saudaraku.... mengapa kita bisa menganggap miskin kemurahan dan kebaikan Tuhan ? mengapa kita bisa berpikir begitu pahitnya sehingga hati kita tidak lagi mempercayai Dia yang lebih menginginkan kebahagiaan kita?



Anda layak dikasihi! anda layak diterima! anda layak menerima mujizat cinta dari Tuhan!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar