RSS
Container Icon

PEMENTORAN YANG BERHASIL

Bagi anda yang sudah menjadi orang tua, mungkin anda akan menyadari bahwa ternyata mendidik dan membentuk seorang anak tidaklah mudah. Namun bagaimana kita mendidiknya demikian dia akan menjadi seperti apa. Keluarga adalah pementoran pertama. 

Gereja juga demikian. GEREJA TELAH MENJADI WAKIL ALLAH BAPA untuk melakukan fungsi pembapaan bagi umat Tuhan. Dalam gereja harus ada pengajaran, didikan, koreksi dan teguran, disiplin, kasih, dan juga warisan Ilahi. 

INILAH ARTI MENJADI SEORANG ANAK. kita buka Inlah jemaat (Kumpulan orang) saja, namun anak2 Bapa yang menjadi MURID KRISTUS SEJATI. GEREJA BUKANLAH CEREMONIAL NAMUN KEHIDUPAN NYATA YANG SEHAT DAN BERTUMBUH! 

BAGAIMANA KITA MENJADI ANAK?

Dalam Galatia 4:22-23 anda akan menemukan 2 jenis anak, yaitu Anak daging dan anak janji. Anak daging lahir dari kedagingan dan hikmat manusia untuk menggenapi rencana Tuhan sendiri. Hidupnya hanya di pimpin oleh kedagingan dan Hawa nafsu. Sedang ANAK JANJI, adalah anak2 perjanjian yang memperoleh perkenanan Bapa, lahir karena kehendak dan rencana Tuhan untuk menggenapi kerinduanNya dan mewarisi mimpiNya. 

ANDA ADALAH ANAK PERJANJIAN!

Masih ingat ada beberapa jenis anak yang dibagikan di renungan lalu? 

➡️Ada anak pemulihan­čśú

yang selalu minta "HEALING" terus menerus, dan jujur ini sangat melelahkan.. Baik bagi diri sendiri dan orang lain. YA! ANDA DAN SAYA HARUS BERANJAK DEWASA DAN MENINGGALKAN SIFAT ANAK2. Janji pemulihan dan kasih Bapa tidak perlu lagi di pertanyaan dan dipergumulkan.

➡️Anak penghiburan­čśü

Anak yang mulai bertumbuh dan belajar melayani Tuhan. Melihat pertumbuhan sungguh menyenangkan! Namun tidak cukup sampai disini.

➡️Anak perkenan dan perjnjian­čśŹ

Anak yang akan mewarisi janji dan visi dari Tuhan. Merekalah orang2 yang dipakai Tuhan meneruskan tongkat estafet dan perjanjian Bapa atas gereja dan misiNya. Maukah anda beranjak sampai pada level ini? 

Janganlah kita malah menjadi "Anak Pencobaan2" ­čś▒

Anak sehat pastilah bertumbuh!


­čĺ¬Mengapa PEMENTORAN itu penting?? 

1. Pendewasaan jemaat menjadi MURID SEJATI

2.  Mengarahkan jemaat melakukan amanat agung

Pergilah - penginjilan

Babtislah - follow up

MURIDKAN - Proses pertumbuhan

3. Melatih para penuai. 

Kita semua harus menjadi penuai jiwa, karena hati Tuhan ada pada jiwa2 yang terhilang. INI ADALAH TUGAS KITA. 

4. Supaya kita BERBUAH dan buahnya tetap. 

Yoh 15:16. 

Buah pertobatan

Buah roh karakter

Buah pelayanan

Buah jiwa

5. Membangun gereja Tuhan

Efesus 4:11-13 (TB)  Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar,

untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, 

sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus,

Murid Kristus, gunakan semua talenta dan karunia yang Tuhan berikan untuk membangun GerejaNya dan MimpiNya. Membangun generasi demi generasi sampai kedatanganNya yang kedua kali. 

Kisah pementoran yang tercatat ini membuktikan bahwa HIDUP KITA BISA BERDAMPAK DARI 1 ORANG, 1 GENERASI KE GENERASI DAN AKHIRNYA SELURUH DUNIA. 

Billy Graham, seorang penginjil Amerika yang dihormati berawal dari pelayanan seorang mantan petinju Mordechai Ham yang dimenangkan dari Billy Sunday (pemain baseball). Billy dimenangkan OLEH L Wilbur Chapman seorang pendeta dan dia terimpartasi dari kehidupan FB Meyer yang juga seorang pendeta. FB meyer begitu terdampak dari pelayanan DL Moody, salah seorang penginjil tokoh Kebangunan Rohani di Amerika dan dia di mentor oleh Edward Kimball tahun 1800 an. BETAPA AJAIBNYA KUASA TUHAN LEWAT SEBUAH PEMENTORAN. 


Sekarang mari lihat apa yang bisa kita pelajari dari pementoran di Perjanjian Lama. 


1. Musa mementori Yosua. 

KEHAMBAAN

Yosua menghambakan diri kepada Musa. Ia menundukkan diri, melayani Musa, mendampingi kemanapun dan dia sungguh terimpartasi hati Musa dan hati Tuhan atas bangsa Israel. Inilah mengapa Tuhan memilih Yosua. Tidak qda orang di bangsa Israel yang seperti Yosua! 


Hai para pria! Para wanita! Sudahkah anda mau tunduk pada pemimpin anda? Kehambaan ini sangat penting. Anda tidak akan berhasil mewarisi jubah kepemimpinan jika anda tidak mau menjadi hamba! 


2. Imam Eli mementori Samuel

PENGHORMATAN

Samuel punya integritas sekali pun anak2 Imam Eli dan bahkan imam Eli tidak melakukan kebenaran. Samuel tetap menghormati Pemimpinnya. Sungguh sikap penghormatan yang patut kita contoh! Ada banyak orang yang tidak bisa belajar menghargai dan memghormati sesama ya dan pemimpin mereka didalam Tuhan. Mereka tidak akan dapat dipercaya lebih. 


3. Elia dan Elisa

KETEGUHAN HATI

Saat semua Nabi mundur karena Elia mendorong mereka untuk berhenti mengikuti mereka. Mereka berhenti dan bergosip bagaimana kabar Elia nantinya. NAMUN ELISA TETAP MENGIKUTI ELIA DENGAN KETEGUHAN HATI!

Ia tidak mundur, ia punya kegigihan dan tekad kuat untuk mengikuti panggilan Tuhan. Apakah anda seperti itu? Saat seluruh dunia, keluarga, sahabat, teman2, memaksa anda untuk berhenti, apakah anda benar2 akan berhenti?? 


4. Barnabas mementori Paulus

HATI BAPA

Barnabas memang tidak seterkenal Paulus namun pelayanan Barnabas yang menerima Paulus dan melatihnya di awal masa pertobatan ya sungguh luar biasa! Paulus tidak mudah mendapat penerimaan du kalangan para Rasul dan jemaat saat itu karena ia mantan pembunuh saudara2 mereka. Namun Paulus diterima dan Ia mengikuti pelayanan Barnabas sampai akhirnya Paulus bisa menjadi rekam kerja yang luar biasa. BELAJAR PUNYA HATI BAPA BARNABAS, dia juga bahkan mempertahankan Markus untuk tetap melayani bersama dia saat Paulus tidak setuju, yang pada akhirnya Markus kembali pada panggilanNya. Semua karena hati seorang ayah. 


KITA HARUS BELAJAR : PENERIMAAN

Penerimaan punya kuasa yang besar untuk memberi KESEMPATAN kepada seorang penjahat untuk menjadi pahlawan Tuhan, namun hati seorang Bapa, menjadikan kesempatan itu KUASA untuk menjadikan seorang penjahat menjadi pahlawan yang gagah perkasa! 

Kasih Bapa 


5. Paulus dan para muridnya

IMPARTASI

Pelayanan dan gaya hidupnya terimpartasi pada diri anak2 rohaninya. Nilai, misi, tujuan, hati, gaya berpikir, dan cara hidup, semua terimpartasi dalam diri murid2nya. 

Ini luar biasa! 

Anak2 rohaninya mengalami transforms lewat pembapaan yang mengimpartasikan seluruh hidupnya. 


6. YESUS dan para murid

STRATEGI : DALAM 3 TAHUN

1. MENGAJAR

Yesus mengajar nilai2 Kerajaan Tuhan. Membuat murid2nya memiliki cara pandang yang sama. 


2. COACHING (MELATIH) 

Seperti yang kita pelajari bulan lalu, Yesus melatih murid2Nya melakukan penginjilan dan Praktek ke desa2 dan kota2 dengan kuasa. 


3. FATHERING

Yesus melakukan pembapaan kepada murid2Nya dengan ikatan kasih sayang. Sekali pun Yesus banyak dikecewakan para murid2Nya, IA tetap mengasihi dan menerima mereka kembali. 


MAUKAH ANDA di mentoring? Maukah anda juga menjadi mentor? 

Jangan takut anda dikecewakan orang2 yang anda mentoring. Jangan merasa gagal dan jangan tidak produktif lagi karena perasaan2 gagal tersebut. 


Mari lihat kilas balik mengenai Yosua yang sudah berhasil menangkap janji, mimpi, dan tujuan hidup yang Tuhan berikan,.. MENJADI PEMIMPIN BANGSA ISRAEL. Yah! Dan ini tidak mudah sama sekali.

Dalam kitab Alkitab, kita tidak menjumpai penerus Yosua dengan hati yang sama seperti Musa dan Yosua. Dia lupa mementoring orang lain. Akhirnya kisah dilanjutkan dengan muncul ya Hakim2. 

Ini adalah LOST GENERATION dari pementoran! Cukup bahaya jika anda tidak segera mementoring pemimpin2 selanjutnya yang bisa membawa kerinduan Tuhan! 


Visi itu harus diteruskan. 

Visi tidak boleh mati. 

Api tidak boleh padam. 

Gunakan semua talenta dan senjata kita untuk melayani Tuhan! 

Gereja menerima kita semua. Gereja adalah rumah rohani kita. Kita semua dipersatukan dalam satu keluarga untuk melayani dan mengasihi Tuhan Yesus. Amin! 


Salam Kebangunan!

CHRIST MERCY CENTER

Pokok doa dan konseling

Healing From Heaven

08777.167.2009 /0822.7777.4882


#renunganhariancmc #christmercycenter #revivalist #pesanfirmantuhan #revival #generasijawabandoa #renungankristen #renunganharian

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar