RSS
Container Icon

3 Penghalang Ciptaan Baru

Banyak orang yang melayani Tuhan, setia ke gereja dan juga dipakai Tuhan namun jiwa mereka masih anak2. Saat kita percaya pada Kristus, roh kita dibahrui namun jiwa harus dipelihara juga. Belum tentu orang yang percaya Yesus, jiwanya langsung menjadi dewasa. Jiwa harus bertumbuh juga. Banyak orang gagal dalam proses Tuhan karena jiwanya belum selaras dengan Firman Tuhan. Jiwanya belum menjadi ciptaan baru. 

3 Yohanes 1:2 (TB)  Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja.


3 penghalang jiwa kita untuk menuju ciptaan baru:

1.SIFAT ANAK2

1 Korintus 13:11 (TB)  Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-kata seperti kanak-kanak, aku merasa seperti kanak-kanak, aku berpikir seperti kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan sifat kanak-kanak itu.


Inilah sifat anak2:

🔺 Sukar mengambil keputusan. 

Jiwa anak2 takut mengambil resiko dan jadi pembimbang. Saat teman2nya membawa dia jauh dari Tuhan, ia sukar menolak. Ia tidak bisa mengambil keputusan yang terbaik. 

🔺Cenderung bergantung pada orang lain.

Jiwa anak2 mudah terpengaruh dengan yang lain. Contohnya saat pemimpinnya lupa mengajaknya ke gereja, ia tidak mau ke gereja lagi. Dia suka bergantung pada orang lain dalam banyak perkara. 

🔺 Kurang bisa mengambil tanggung jawab. 

Misal saja anda dijadwal pelayanan, anda mudah melupakannya. Jiwa anak2 kurang bisa bertanggungjawab atas tugas yang diberikan kepadanya. Mereka suka bermain dengan keinginan sendiri, yang dipikirkan bukanlah tanggung jawab. Orang yang kurang bertanggung jawab kurang mau bayar harga. 

🔺Egois, suka mementingkan diri sendiri. 

Apa yang dia inginkan haruslah terjadi. Ingin mendapatkan apa yang menguntungkan dia.  Di gereja, orang2 seperti ini malah ingin mencari keuntungan dari gereja, komunitasnya. Selama hal2 lain tidak menguntungkan dirinya, mereka tidak peduli. Mereka juga tidak peduli status2 sosmed mereka melukai orang lain. 

Anak tidak peduli dengan hati dan perasaan Bapa. Mereka hanya peduli dengan pemberian dan kesenangan dari Bapa. Mereka sibuk dengan berkat Tuhan dan melupakan Tuhan


2. JIWA YANG TERLUKA

Maz 109:21-24

Ciri jiwa yang terluka:

🔺Suka Menutup Diri

Orang yang terluka suka menutup diri dan menjauh, ingin sendiri. Orang terluka menghindari komunitasnya, gerejanya. 

🔺Cenderung Mood Swing, sensitif

Orang yang terluka memiliki mood atau perasaan naik turun dan sukacita damai sejahtera bisa hilang. 

🔺Cepat lelah dan capek

Orang terluka membuat fisik jyga mudah lelah dan tidak bersemangat karena jiwanya letih dan banyak pikiran terus menerus. Saul terluka dengan Daud. Dia sibuk bagaimana menghalangi Daud, dia lelah mengurus pertandingan orang lain 

🔺Mudah bergaul dengan orang yang memiliki luka juga. 

Apakah pergaulan kita baik? Apakah kita saling meracuni dalam pikiran yang sakit dengan teman2 sepergaulan kita? 

🔺Cenderung melukai orang lain 

Orang yang luka karena tertuntut, dia akan menuntut lebih lagi untuk orang2 yang dibawahnya. Orang yang luka akan mudah menyakiti orang lain. Bagi orang yang pahit, semua tindakan orang lain akan dinilai negatif dan pahit juga. 

Semua luka2 kita bisa menjadi penghalang rencana Tuhan dalam hidup anda. 


3. JIWA YANG TERBELENGGU

Cirinya:

🔺 Jiwanya masih hidup dibawah bayang2 orang lain. Mereka masih suka melihat orang lain, kakaknya, tetangganya, dan suka membandingkan dirinya. 

🔺 Kuatir berlebihan

Contohnya baru mau membuka persekutuan doa, takut gagal. Mau merintis usaha, takut rugi, dll. Takut yang berlebihan adalah ciri jiwa yang terbelenggu. 

🔺Mudah kesepian

Orang yang terbelenggu jiwanya, mudah merasa sendirian dan kesepian walaupun ada dalam komunitas. 

🔺Tidak aman

Memikirkan pendapat orang lain, takut ditolak orang lain, dll. 

2 Korintus 5:17 (TB)  Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

BAGAIMANA MENJADI CIPTAAN BARU?? ADA DIDALAM KRISTUS. 

Di dalam perjalanan ikut Tuhan Yesus, renungkanlah dan hidup selalu ada didalam Kristus. Berserulah dan berdoalah! 

Banyak yang bilang "Oh orang itu tidak mungkin berubah!" DIDALAM KRISTUS SEMUA ORANG BISA BERUBAH! jiwa kita bisa dipulihkan. Kita dapat berubah! 

Orang yang mengikuti tips dan motivator, terlihat pulih dan berhasil. Namun perubahan itu belum tentu mengubah jiwanya. 

Saudaraku, curahkan semua isi hati kita kepada Tuhan. Curahkan semua luka dan beban kita. Didalam Kristus kita bisa berubah dan jiwa kita bertumbuh dan terpelihara sempurna! Amin! 

"HIDUP DI DALAM KRISTUS SETIAP HARI" 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar