RSS
Container Icon

10 Karakter Rumah Doa Bagi Segala Bangsa

10 Karakter Rumah Doa Bagi Segala Bangsa

Menurut Bait Salomo yang Paralel dan Disempurnakan dalam pembangunan Bait Allah di Perjanjian Baru

1.House of Sacrifice (Rumah Persembahan)
“ Salomo mempersembahkan korban di sana di hadapan Tuhan di atas mezbah tembaga di depan Kemah Pertemuan itu; ia mempersembahkan seribu Koran bakaran di atasnya”

Dari banyak teks dalam ayat Alkitab mengenai Salomo, kita dapat melihat kesungguhan Raja Salomo dalam berbakti ada Allah dibuktikan dengan mempersembahkan sesuatu kepadaNya. Dan penulis kira bukan sekedar sesuatu, tetapi segala sesuatu. Begitu banyak korbannya sehingga Alkitab mencatat “tak terhitung dan tidak terbilang banyaknya”. Tuhan berkenan kepada persembahan Salomo. Kemudian Tuhan menampakkan diri pada Salomo pada malam hari dan berfirman padanya : Telah kudengar doamu dan telah Kupilih tempat ini bagi Rumah Persembahan. Apakah jumlah persembahan menentukan apakah Dia berkenan pada persembahan kita? Puji Tuhan, sebab Dia melihat hati kita bukan apa yang di depan mata. Ia melihat motivasi daripada jumlah yang kita berikan. Tapi perlu diingat bahwa sesorang yang sungguh-sungguh mengasihi Tuhan pasti akan memberikan yang terbaik dari dirinya.
Apa yang harus kita lakukan untuk membangun Rumah Persembahan ini?


Berikan dan persembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Tuhan. Sepintas lalu, Allah sepertinya menuntut manusia memberikan sesuatu seolah-olah sebuah upeti-kepadaNya. Untuk apa kita memberikan sesuatu padanya sedangkan Dia memiliki segala sesuatu? Disinilah uniknya rencana Tuhan. Ia menuntut bukan untuk kepentingan-Nya sendiri tetapi justru untuk kepentingan kita.

Dalam kasus Raja salomo, kita akan melihat bukti nyata dari hal tersebut:  

1.Hukum Tabur Tuai
Siapa yang memberi sedikit akan diberi sedikit, sedangkan siapa yang memberi banyak yang akan diberi banyak pula.  Raja Salomo yang memberi  “ Tak terhitung banyaknya” terbukti menerima berkat Tuhan yang   “tak terhitung banyaknya” .

2.Kemuliaan Allah melawat umat-Nya
Kemuliaan Tuhan selalu dinyatakan bila umat-Nya mau meresponi panggilan Tuhan dengan cara mempersembahkan korban terbaik bagi-Nya. Bangsa Israel mempersembahkan korban emas dan perak untuk pembuatan Tabernakel Musa, dan kemuliaan Tuhan dinyatakan di tempat itu.

2. House Of Praise &Worship (Rumah Pujian dan Penyembahan)


“ Lalu para peniup nafiri dan para penyanyi itu serentak memperdengarkan paduan suaranya untuk menyanyikan puji-pujian dan syukur kepada Tuhan. Mereka menyaringkan suara dengan nafiri, ceracap dan alat-alat musik sambil memuji Tuhan dengan ucapan “ Sebab Dia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya”  Pada ketika itu rumah itu, yakni rumah Tuhan dipenuhi awan” Taw 5:13

Perbedaan pujian dan penyembahan:
Pujian adalah suatu luapan kekaguman dan pengagungan serta ucapan syukur akan apa yang telah dilakukan Tuhan dengan cara aktif dan demonstratif
Penyembahan adalah suatu luapan cinta kasih kepada Tuhan, lebih intim

Pujian adalah memasuki hadirat Allah.
Penyembahan adalah menikmati hadirat Allah  

Suatu masa akan tiba, dimana pelayanan misi akan berahir, penginjilan akan berhenti dan tidak ada yang berkotbah, tetapi pujian dan penyembahan akan tetap berlangsung sampai kekekalan.

Mengapa kita sebagai orang Kristen harus memuji dan menyembah Tuhan?
1.Pujian dan penyembahan merupakan perintah Tuhan
2.Allah sendiri menetapkan bahwa puji-pujian itu merupakan cara untuk masuk kehadiratNya. Mazmur
   100:4. Ada sukacita dalam hadiratNya dan sukacita Tuhan adalah kekuatan kita
3.Pujian dan penyembahan membantu kita untuk memupuk hubungan yang penuh kasih dengan Allah
4.Pujian dan penyembahan memberi kuasa dan mujijat Allah.
5.Pujian dan penyembahan merupakan suatu proses untuk memurnikan kita
6.Kalau seseorang memuji, menyembah sesuatu itu, lama kelamaan oang itu pasti akan serupa dengan apa
   yang disembahnya

3. House of prayer  (Rumah Doa)


Karakter Rumah Doa dan bait Salomo sangat menonjol sehingga pada peresmian Bait Salomo doa pentahbisannya dilakukan oleh Salomo sendiri, dan menghasilkan 20 ayat untuk mencatatnya. Rumah doa adalah setiap orang yang percaya pada Kristus yang kesukaannya adalah berdoa, memuji, dan menyembah uhan dan bukan lagi sebuah bangunan. Rang-orang yang menjadikannya Rumah Doa mempunyai hubungan yang intim dengan Tuhan. Mereka dapat becakap-cakap dengan Bapa sebab mereka tidak membiarkan dosa ataupun roh jahat menguasai mereka.
  
Rumah Doa adalah tempat  bercakap-cakap dengan Allah disinilah kita memuji menyembah dan mendengar suara Tuhan. Mereka berdoa berdasarkan janji Allah dan tidak bertele-tele. Doa sepertyi ini disebutkan doa profetik. Doa profetik yang dinaikkan dengan iman yang teguh menghasilkan mujijat.
    Jadikan dirimu sebagai rumah doa lalu lihatlah setiap berkat dan perlindungan dari Allah pasti akan tercurah atasmu!

4.House of Glory (Rumah Kemuliaan)


Pada umumnya  Kemuliaan diterjemahkan dari kata Ibrani  Kabod yang menjadi akar ide “keakraban” dan dengan demikian mengacu kepada”bobot” atau “nilai”. Tuhan telah berjanji untuk menyatakan kemuliaanNya pada gerejaNya di akhir jaman ini.

Tanah perjanjian disebut juga tempat perhentian oleh Tuhan, tanah yang berlimpah susu dan madu, tanah perhentian, tetapi juga tanah yang ada tembok dan benteng Yerikhonya, tanah yang ada pasukan-pasukannya yang kuat, tanah yang ada musuh-musuh yang besar, raksasa-raksasa, gunung-gunung yang besar sekali, tetapi Tuhan sebut bahwa ini tempat perhentian, heran, bukan? Seolah-olah ada peperangan di tanah perjanjian.

Kita mengharapkan kemuliaan besar. Kita juga harus berkata “Tuhan, koreksi aku habis-habisan” siap tidak? Kita harus mencerminkan Tuhan Yesus sendiri maka kemuliaan itu akan nyata dalam diri kita. Dia harus makin bertambah dan kita harus makin berkurang. Jikalau engkau mendekat padaKu maka Aku akan mendekat padamu. Hadirat Tuhan memproses karakter Musa, sehingga siap untuk melihat kemuliaan Tuhan. Saudara, pehatikan, saya tahu kunci untuk masuk untuk penuaian besar adalah penuh dengan Roh Kudus, atau kemuliaan Tuhan. Kalau kita menjadi Rumah Doa kemuliaan Tuhan akan turun dan Tuhan sendiri akan mengerjakan semua.

5 House of Wisdom (Rumah Hikmat)


Hikmat berasal dari “takut akan Tuhan”. Hikmat berkembang menyentuh segenap hidup dan mengandung roh pengertian dan ketaatan.  Hikmat sangatlah dibutuhkan untuk segala macam hal yang kita hadapi untuk memahami maksud dan rencana Allah.  Tuhan rindu gerejaNya penuh dengan hikmat, karunia, bijaksana dan diperlengkapi oleh roh Hikmat, pengetahuan dan pengertian.
Hikmat juga diperlukan untuk dapat mengenal Tuhan dengan benar seperti harapan dan doa Rasul paulus kepada jemaat di Kolose.

6. House of Spiritual Gifts (Rumah Karunia Roh)

Dalam Bait Salomo ada 10 kandil Emas (1 Raj 7:49) bukan lagi satu seperti pada Tabernakel Musa. Kandil Emas melambangkan manifestasi Roh kudus melalui karunia-karunia Roh yang diimpartasikanNya kepada orang percaya.

10 kandil Emas dalam Bait Salomo menggambarkan tentang karunia untuk menusia dapat melayani, bagaimana mungkin karunia-karunia itu Roh yang berlimpah-limpah akan mengalir dengan deras dalam hidup kita jika kita tidak masuk dalam perhentian? Persekutuan yang akrab dengan Tuhan, masuk dalam doa dan pujian penyembahan?

Kita harus memiliki hubungan yang erat dengan Tuhan dulu baru pengembangan karunia akan berjalan dengan baik. Rasul Apulus menyebutkan sembilan karunia itu adalah karunia kata-kata hikmat, kata-kata pengetahuan, karunia iman, karunia menyembuhkan, mujijat, bernubuat, membedakan bermacam macam roh, berbahasa roh dan menafsirkan bahasa roh itu.

7. House of God’s Words (Rumah Firman)

Rumah Firman diwakili oleh Meja roti sajian. Dalam Bait Salomo ada 10 meja roti sajian yang menggambarkan kehidupan yang penuh dengan Firman Tuhan.  Dalam segala sesuatu harus berlandaskan pada kebenaran, damai sejahtera, dan sukacita. Kebenaran artinya segala sestuatu harus dilandaskan pada kebenaran Firman Tuhan.

Jika Dia adalah Tuhan dan Raja kita, maka apapun perintahNya berarti kita pasti harus menurutiNya bukan? Kita tidak dapat kompromi dengan dosa dan dunia ini, memang sudha biasa apabila dunia membenci kita.  Mungkin saat-saat pertama bagi kita begitu sulit hidup dalam kebenaran ini, tetapi kita diminta untuk membangun bait suci, kalau kita mau menjadi bait suci yang dibangun oleh Allah, kita harus mencintai kebenaran dan damai.

8. House of Authority (Rumah Otoritas)
– 1 Raj 4:21

Selama pemerintahan Salomo, Kerajaan Israel menajdi sangat berjaya dalam membangun hubungan dengan bangsa-bangsa lain, menumpuk kekayaan dan hidup bebas dari perang.

Salomo diberi kuasa atas segala kerajaan, semua bangsa menyampaikan upeti dan takut pada Raja Salomo seumur hidupnya. Aplikasi yang akan kita alami adalah :

a.Orang percaya yang mengikut Yesus akan duduk juga menghakimi kedua belas suku Israel (Mat 19:28b)
b.Rumah doa di akhir jaman akan ikut memerintah bersama Tuhan (2 Tim 2:2; Wah 5:10)
c.Rumah doa di akhir jaman akan memerintah di Kerajaan seribu tahun damai (Wah 20:6)

Aplikasi otoritas hari ini adalah : Allah memberikan kuasa kepada kita untuk menginjak ular mengusir setan dan menyembuhka orang sakit serta setiap tempat yang kita injak menjadi milik kita.

9. House of Prosperity (Rumah Kemakmuran) – 2 Taw 1:14-17

Berkat dan kekayaan akan datang dari Tuhan saat kita betul betul mau mendengarkan suaraNya dan apabila kita tidak menyimpang kekanan atau kekiri dan tidak mengikuti allah lain. Ini adalah janji Tuhan buat kita semua, tetapi janganlah lupa bahwa HARTA YANG TERBESAR ADALAH JIWA-JIWA

10. House of Peace (Rumah Kedamaian)

Kita adalah Bait Allah dimana Roh Kudus tinggald alam hati kita dan membawa Damai Sejahtera dan kita akan menjadi Rumah Kedamaian seperti berikut:

a.Damai sejahtera yang Tuhan beri membuat kita tidak gelisah dan gentar hati
b.Kita hidup dalam Damai dengan Allah
c.Damai sejahtera menguduskan kita seluruhnya baik roh, jiwa dan tubuh kita
d.Allah memanggil kita hidup dalam damai sejahteraNya
e.Allah tidak menghendaki kekacauan tetapi damai sejahtera.

(Buletin Doa)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar