RSS
Container Icon

Arrow Generation

Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda
(Mazmur 127 :4)

Seperti dalam film-film kartun ataupun petualangan si pemanah hebat Robin Hood yang tidak pernah meleset tembakannya, kita ada dalam tangan Sang Jagoan kita, Tuhan Yesus untuk mengarahkan kita sebagai anak-anak panah-Nya. Sebagai anak anak Allah mau tidak mau suatu tanggung jawab telah ada di punggung kita yaitu menjadi anak-anak Tuhan yang menjadi teladan yang baik bagi semua orang, menjadi terang dimanapun dan berani tampil beda.

Setidaknya anak panah yang siap diluncurkan terdiri dari 3 bagian penting yaitu  batang panah, ujung panah yang runcing, dan bulu.

Ø    Batang panah ini dibuat dari alang-alang (bukan alang-alang sembarangan) yang dibersihkan, diluruskan,  disisik dengan sebilah pisau tajam, dan tentunya pasti sakit sekali untuk dibersihkan seperti itu. Hal ini berbicara mengenai pembentukan anak-anak Allah yang bermula dari alang-alang yang tidak berguna dan penuh rintangan untuk menggenapi tujuan Allah, Tuhan Yesus membentuk, membersihkan dosa dosa kita agar dapat dipakai olah- Nya walaupun itu sangat sakit bagi daging kita. Tapi, percayalah sobat! Semua pembentukan Allah untuk kita adalah yang terbaik untuk mengubahkan kita, Dialah sumber segala kekuatan, dan Dialah yang akan menguatkan kita (Fil 4:13).


Ø    Ujung panah yang runcing ini digunakan sebagai sarana untuk menancapkan panah ini pada sasaran. Panah tanpa ujung panah tidak akan dapat berguna bagi si pemanah. Ujung yang runcing ini berbicara mengenai talenta, karunia, kemampuan yang sudah Yesus berikan kepada masing-masing kita untuk menggenapi rencana-Nya, anak panah yang mampu mengenai sasaran Allah.
Saudaraku, apakah  talentamu? jangan sampai kita melalaikan talenta dan kepercayaan Tuhan kepada kita. Apa yang bisa kita perbuat untuk kemuliaan Tuhan, lakukan dengan sungguh sungguh dan sukacita. Masih ingat akan perumpamaan hamba hamba yang diberikan talenta oleh tuannya ? ( Lukas 25 :1-30) bukankah hamba yang tidak mengembangkan talentanya dikatakan jahat dan malas ? berhati-hatilah akan kepercayaan Tuhan Yesus yang sudah diberikan pada kita.

Ø    Bulu yang ada di pangkal panah ini digunakan untuk menyeimbangkan anak panah saat akan diluncurkan. Peranan Roh Kudus sangatlah penting sebagai penyetabil kehidupan rohani kita. Janganlah kita menjadi anak Tuhan yang terombang ambing mengikuti jaman yang tidak tentu ini, bulu ini haruslah stabil agar tepat pada sasaran yang diinginkan. Perjalanan kita iring Dia seringkali diwarnai juga oleh penderitaan dan ujian, tetapi janganlah kita jatuh bangun dalam dosa. Kadang begitu bersemangat dalam pelayanan seakan dialah yang paling kuat, kemudian jatuh dan tidak berdaya apa apa. Kita sudah mati bagi dosa dan kita hidup bagi Yesus ( Roma 5 :11).

Ada beberapa dosa yang merintangi pembuatan anak panah kita ini, pertama adalah dosa pemberontakan. Suatu usaha untuk tidak mau taat akan otoritas pemimpin rohani kita, memberontak dan menuruti keinginan sendiri, termasuk memberontak terhadap Tuhan. Kelembutan hati adalah faktor mutlak untuk dibentuk oleh Penjunan kita. Dosa yang kedua adalah sebaliknya yaitu dosa rendah diri. Rasa rendah diri yang menganggap kita tidak mampu berbuat apa-apa akan menghalangi rencana Allah dalam kita. Begini tidak mau, begitu tidak bisa, dan selalu menuding orang lain untuk melakukannya. Seringkali kita melakukannya bukan? Marilah kita hindari dosa dosa itu, melangkahlah dengan berani, kamu bisa melakukannya dan ingat! janganlah memberontak!!

Bagaimana juga anak panah diluncurkan tanpa hadirnya pahlawan? pahlawan adalah orang orang yang bertanggung jawab sebagai pemimpin yang memiliki otoritas untuk mengarahkan kemana anak panah akan diluncurkan sesuai visi dan sasarannya. Selain menjadi anak panah, pahlawan ini sangatlah penting untuk peka akan suara Allah, kemana ia akan mengarahkan anak panah itu. Diperlukan pahlawan pahlawan yang militan dan seorang pemimpin yang dipercaya untuk melakukan tugas ini. Sudahkah anda menjadi anak panah yang taat? Dan sudahkah anda memiliki mentor atau lebih tepatnya bapa rohani yang akan mengarahkan kehidupan anda dengan maksimal?? Jika belum, belum terlambat untuk menyadari dan bertindak sekarang juga!

Jadilah anak panah yang benar-benar mampu diluncurkan
kemanapun dan dimanapun Allah inginkan !!!!                                

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS