RSS
Container Icon

PAKAIAN YANG BARU

Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang. 2 Kor 5:17



Hanya Kristus yang dapat membuat segala sesuatu yang BARU dalam hidup kita. Terkadang dalam perjalanan kerohanian kita, memang tidak selamanya indah dan berjalan dengan mudah, karena Tuhan sengaja mengijinkan banyak hal terjadi untuk membentuk kekuatan dan ketahanan kita dalam Dia. Banyak orang akan kecewa, marah, frustasi ketika tantangan dan penderitaan datang dalam hidup kita, karena kita tidak mengerti maksud Bapa dibalik semuanya itu.

Seperti halnya anak bungsu yang terhilang dalam kisah Lukas 15, kita melihat bagaimana anak berdosa ini datang pada bapanya dengan jubah yang sudah terkoyakkan. Pakaiannya sudah lusuh, kotor, baud an menjijikkan. Tapi perhatikan, apa yang dilakukan sang bapa? Sang bapa tidak memarahi dan mengintrogasi anaknya dan jijik padanya, melainkan segera berlari menyambutnya dan memberikannya JUBAH yang BARU, serta cincin meterai baru baginya. Luar biasa kasih Bapa kita!

Pernahkah anda merasa bahwa diri kita sudah begitu jauh dari kasih karunia-Nya? Kita telah jatuh begitu dalam tanpa kita menyadarinya dan tiba-tiba saja saat Dia kembali menerangi kita, kita melihat diri kita sangat kotor, bau, menyedihkan dan bahkan menjadi “pengemis” bagi dunia ini?? Ya, saudara yang terkasih, Dosa dan kedagingan kita adalah bau yang sangat tidak enak dihadapan Bapa kita di Sorga. Dosa menjauhkan kita dari hadirat-Nya. Apakah anda masih merindukan hadirat Tuhan? Ataukah sekarang di akhir zaman yang serba “dingin” ini, kita sedang kehilangan kerinduan untuk dekat di hadirat Tuhan dan menganggap hidup tanpa Tabut Allah dalam hidup kita itu adalah hal yang BIASA?! Bapa menerima kita apa adanya, tetapi jubah pakaian yang kotor itu harus digantikan jikalau kita mau menikmati PERJAMUAN bersama Bapa kita dalam kesukaan yang besar.

Hanya Bapa yang sanggup mengubah segala sesuatu menjadi BARU dan Dialah yang dapat memberikan jubah,pakaian yang baru kepada kita. Kebanyakan kita menjadi frustasi dengan keadaan kita, mungkin kita sedang terikat sesuatu, sakit penyakit, ikatan duniawi dan dosa yang merintangi kita dan kita merasa kita tidak mungkin bisa dipulihkan dan diubahkan! Mari kita melihat kepada KEBENARAN dan BUKAN pada PEMBENARAN kita sendiri. Saat kita melihat kepada masalah dan berpusat pada DIRI SENDIRI, percayalah kita akan merasa lemah, lelah, tidak berdaya, penuh penuduhan, luka, dan tertunduk lesu. Tapi saat kita belajar seperti Rajawali yang naik ke tempat yang lebih tinggi saat menghadapi masalah, kita akan melihat KRISTUS dan bukan pada keterbatasan sendiri. Memang benar sekali, kita tidak akan dapat menyelesaikan masalah dan pergumulan kita, tapi Kristus kita sanggup dan berkuasa.



Ia mengatakan juga suatu perumpamaan kepada mereka: "Tidak seorangpun mengoyakkan secarik kain dari baju yang baru untuk menambalkannya pada baju yang tua. Jika demikian, yang baru itu juga akan koyak dan pada yang tua itu tidak akan cocok kain penambal yang dikoyakkan dari yang baru itu.  Demikian juga tidak seorangpun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian, anggur yang baru itu akan mengoyakkan kantong itu dan anggur itu akan terbuang dan kantong itupun hancur.  Tetapi anggur yang baru harus disimpan dalam kantong yang baru pula. Lukas 5:36-38

Kita semua memiliki KOYAKAN dalam pakaian kita yang lama..Koyakan yang berasal mungkin dari masa lalu kita, trauma, luka hati, trauma, depresi yang berkepanjangan dan lain sebagainya. Bapa memberikan janji Firman-Nya kepada kita, bahwa Dia bisa merubah segala sesuatu bahkan dengan sangat ajaib, apabila Dia BERKENAN. Tidak ada yang mustahil, asalkan kita mau percaya dan berserah kepada-Nya, dengan cara-Nya dan kehendak-Nya. Dia bisa merubah roh kita, Dia bisa merubah jiwa kita yang sakit dan luka, Dia bisa merubah sifat buruk kita dan merubah kita menjadi manusia baru. Manusia Ilahi selalu lahir dari Roh dan manusia daging haruslah kita mau untuk tinggalkan dan dimatikan kedagingannya. Rohlah yang harus lebih menguasai kita. Lalu mengapa seringkali bukan Roh yang memimpin kita namun jiwa dan kedagingan kita? Itu disebabkan karena kita tidak terus menerus memiliki hubungan yang baru dan segar bersama Bapa setiap hari. Kita tidak dapat hidup diluar kasih dan hadirat Bapa, Kita keluar masuk begitu saja dan tidak tinggal dalam Dia sepanjang waktu, akhirnya banyak kedagingan yang menguasai dan memimpin kita, merusak pakaian kita dan mengotori kita sehingga kita merasa tidak layak lagi berada dekat dengan Bapa.

Apakah anda merindukan LAWATAN BAPA? Apakah anda merindukan kebangkitan dan pemulihan Bapa? Banyak yang hanya menjadi STAGNAN dalam keadaannya dan akhirnya hanya menjadi penonton dalam Lawatan Bapa yang sedang Bapa siapkan bagi umat-Nya. Kita perlu terus menerobos dan tidak menyerah dalam keadaan kita hari-hari ini. Bapa sedang mempersiapkan sesuatu yang baru dalam hidup kita, dan hanya orang yang mau menangkap kerinduan Bapa dan melakukan persiapan, yang akan masuk dalam rencana-Nya yang besar.

Anggur yang baru hanya akan dituangkan kepada KANTONG YANG BARU. Jika kita mau menerima pakaian yang baru dari Allah Bapa kita, Raja kita..,maka kita juga harus mau belajar RELA MELEPASKAN pakaian lama kita, dan mengganti kantong lama kita dengan kantong yang baru, dengan hati dan pengertian yang baru, yang diterangi oleh kebenaran.

Saudaraku , Bapa merindukan kita memiliki HUBUNGAN terus menerus dengan Dia. Bukan hanya mendengar pengalaman rohani orang lain yang hebat tetapi mengalami sendiri perjumpaan demi perjumpaan dengan Allah Bapa, Kristus dan Allah Roh Kudus. Kita mau diajari dan mudah dilembutkan. Kita perlu mengisi kembali kantong-kantong kita yang sudah kering. Jika kita membiarkannya, yang terjadi adalah kita mulai mencari PEMUASAN lain untuk menggantikan anggur yang dari Sorga itu.

Mari membangun kehidupan kerohanian kita lebih indah bersama Bapa, bangun altar doa kita dan mendekat kepada-Nya, mendengar suara-Nya dan lepaskan semua topeng kita, kita perlu Pakaian yang baru, anggur dan kantong yang baru dari Bapa. Isilah dengan doa yang dalam, puji-pujian, waktu teduh membaca Firman, dan juga mendengarkan Firman Allah dari hamba-hamba-Nya, membaca buku-buku rohani yang baik, dan berikanlah waktu dan bagian kepada Bapa untuk mengerjakan sesuatu yang baru dalam hidup kita. Berikan Dia HAK untuk menolong dan menjamah hidup kita, karena kita tidak sanggup diluar Dia.

Kejar hadirat Tuhan dalam hidup kita maka hidup kita tidak akan tersandung dan hancur tetapi akan terus bertumbuh, naik dan semakin indah walaupun ada banyak badai dan tantangan menghadang kita. Tuhan Yesus memperbahrui kekuatan kita semua dalam kasih dan hadirat-Nya. Amin.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar