RSS
Container Icon

Journey Of Heroes SOW 2010 (10-12 Sept 2010)

For His Majesty?
Haleluyah!!



JOURNEY OF HEROES..
Memang persis dengan judul SOW tahun ini..benar2 perjalanan..jalaan teruuss...
semua peserta terus melatih kaki dalam perjalanan...

Mau tahu apa saja yang dibagikan dalam SOW 2010 kali ini? walau suasana terus diliputi mendung tak berkesudahan, semua pasukan Tuhan yang dibagi menjadi 7 batalion ini mengikutinya dengan sangat baik dan penuh dengan stamina. Di SOW ini kak Felix menjadi komandan yang baik dan cekatan, dengan bintang 3, sedangkan para letnan para kakak2 panitia dengan bintang 2 dan ada yang 1. Sedangkan untuk kapten tiap batalion dipasangkan 2 bintang dan setiap peserta 1 bintang. Bintang ini harus dijaga dan dipakai di setiap keadaan. Para tentara Tuhan tidur di kemah (kali ini, tidak bocor dan cukup nyaman :) ).

Hari I : Misi 1
Setelah sampai di Royal Camp Trawas, semua tentara di brefing dan diatur batalionnya. Mereka akan saling berkenalan dan makin mengenal dengan pembagian batalion ini. Hujan turun dengan deras sepanjang sore. Sorenya pukul 4 kami melakukan sessi Firman Tuhan.

SESSI 1
Tuhan mengingatkan tentang "PASSION" atau gairah, hasrat yang datang dari Bapa untuk Dia. Apapun yang kita kerjakan kita membutuhkan Gairah akan Tuhan. Sudah berapa lama, kita menjadi lemah dan jenuh dengan semua hal-hal rohani dan membuat kita kehilangan passion dalam menyembah, dalam berdoa, dalam bertemu dan menantikan Bapa?

Tentara Tuhan, pernah melihat orang yang menang dan kalah? dalam sebuah peperangan? ada kalanya yang menang, juga merasakan keletihan yang luar biasa..tetapi kebanggan dan kesukaan tetap terpancar di mata mereka. Apa arti kemenangan buat anda??
Ada 2 Spirit Kepahlawanan yang akan kita pelajari
1. Semangat untuk tidak pernah menyerah
Matius 5:22 menceritakan wanita Kanaan, perempuan Sirofenisia. Dia adalah contoh seorang pahlawan yang beperang. Beperang buat apa? pernahkah kita pikirkan? bahwa dalam hidup ini kita sering berperang tentang diri sendiri terus? ini bukanlah peperangan yang sesungguhnya Bapa mau! yang dimaksudkan dengan peperangan adalah peperangan bagi keselamatan orang lain,....dan wanita ini melakukannya untuk anaknya yang kerasukan setan. Walau waktu itu Yesus sangat letih dan ingin istirahat, dan murid2-Nya menyuruhnya pergi, tetapi wanita ini tetap "ngotot" minta Yesus menyembuhkan anaknya. Yesus berkata "tidak baik memberikan roti untuk anak-anak kepada anjing" wow..pernyataan yang menyakitkan bukan? jika anda dikatakan anjing???  tetapi wanita ini tidak berhenti dan mengasihani diri " hiks...aku memang anjing...Tuhan Yesus tidak sayang padaku, Dia tidak mau menolong aku...Yesus jahat!!" ow, dia tidak katakan itu..dia tidak menyerah..dengan kerendahan hati yang tulus dia berkata..."anjingpun makan dari remah2 tuannya.." alias "aku memang anjing dan tidak layak..tapi aku tetap memohon berikanlah kepadaku seperti kemurahan hati Tuan.."

Teman, inilah semangat kepahlawanan yang tidak menyerah! jangan pernah menyerah jika masalah demi masalah datang, jika mungkin ada peperangan terhadap diri sendiri, segera taklukkan itu dan kita berperang buat Indonesia, buat keselamatan Indonesia..sangat menyedihkan mendengar bahwa Indonesia..para pemimpin rohani..yang dirindukan dan dincintai-Nya..termasuk saya dan anda..mendukakan hati Bapa....Bapa menantikan bangkitnya pahlawan-pahlawan di Indonesia.

2. Semangat keberanian melepas
Abraham mengalami 4 x pemisahan dalam hidupnya
a. Terah : artinya delay, penundaan.
Abraham bersama ayahnya di Ur, lalu ke Haran yang merupakan kota perdagangan. Abraham tertahan lebih dari 10 tahun disana, barulah ketika ayahnya mati, Firman Tuhan berbicara kembali padanya dan dia berangkat dari Haran menuju Tanah perjanjian Tuhan.
Abraham harus dipisahkan dari TERAH. Apa Terah anda? itu berbicara tentang orang-orang yang mempengaruhi hidup anda dan membuat kita tidak melakukan visi Tuhan, sekalipun kita sudah mendapatkan visi itu tetapi Terah membuah kita tertunda dalam rencana Bapa, membelokkan kita dari rencana Bapa yang mula-mula..mungkin itu bisa ortu, sahabat, pasangan, dan lain sebagainya yang menjadi pengaruh besar dalam hidup anda..hati-hati dengan TERAH...

b. LOT : veil/tabir.
Lot buta mata rohaninya. melihat Sodom seperti Taman Tuhan yang subur. ot harus dipisahkand alam kita. Lot adalah sesuatu yang menutupi mata rohani kita, bisa juga kekayaan yang membutakan, pekerjaan dan lain sebagainya

c. Hagar dan Ismail : sesuatu hasil dari perbuatan daging.
Kita kadang ingin membantu Bapa dalam pekerjaan-Nya atau mempercepat visi itu agar terjadi. Segala pekerjaan dan buah dari daging harus dipisahkan dalam diri anak-anak Tuhan

d. Ishak : ikatan batin/manusiawi
Ishak adalah jani Allah tetapi Ishak diminta oleh Allah. Ini hal yang tidak mudah dilepaskan, karena ini juga datang dari Bapa, bukan dari daging, atau hal yang jahat. Tetapi Ishak perlu dikorbankan secara hati oleh Abraham, agar berkat dan perjanjian itu diteguhkan.
Setelah semua ikatan itu dilepaskan, Abraham mendapat perjanjian berkat yang dasyat, bahkan Ishak dikembalikan padanya! mari belajar melepas apa yang perlu dilepas, dan bahkan hal yang kelihatannya datang dari Bapa, mungkin itu mimpi visi, orang yang datang dari Bapa..Bapa hanya mau kita mencintai dan terikat kuat hanya pada-Nya.

SESSI 2
Tuhan mengingatkan saya tentang Yoel ketika saya berdoa. Dalam Yoel pasal pertama. Disitu dinubuatkan akan ada masa kesukaran yang hebat dimana pekerjaan kuasa gelap akan menyebar kemana-mana. Iblis melakukan perlawanan yang besar kepada anak-anak-Nya dan pekerjaan-Nya. Di zaman itu banyak korban yang lenyap. Di akhir zaman ini juga terulang terjadi hal yang sama. Banyak kegerakan yang palsu yang hanya mengandalkan entertaiment dan bukan persembahan yang sungguh-sungguh. Ada 2 korban yang harus dikembalikan dan kita lakukan:
1. Korban bakaran
Korban bakaran bicara tentang DOA. Apakah anda sudah berdoa setiap hari? setiap pagi meminta tuntunan Roh Kudus apa yang harus anda kerjakan hari ini?
2. Korban Curahan
Yaitu persembahan, pengorbanan.
Ketika tidak ada lagi korban bakaran dan korban curahan, maka tidak akan ada lawatan yang sesungguhnya. Banyak tentara Tuhan yang pedang, dan senjatanya mulai tumpul dan tidak berfungsi dengan baik. Lakukanlah kembali korban anda, maka pedang anda akan tajam kembali. menjadi radikal kembali dalam setiap kehidupan dan gaya hidup anda! anda tahu yang dimaksud korban curahan?
ketika anda menyukai seseorang dan Bapa berkata tidak. Apa yang anda lakukan? segera putus walau sakit? atau menego Tuhan? jika anda dapat memberikan pengorbanan ketaatan walau sakit, itulah korban, maka anda akan makin diurapi. Mengapa pelayanan anda tidak lagi diurapi? mungkin kita sudah tidak melakukan korban lagi..korban bakaran dan korban curahan.

Tuhan berjanji, para teruna, anak muda akan dipulihkan dan dipakai-Nya. Tetapi jangan lupakan korban mula-mula yang harus kita berikan kepada Dia terlebih dahulu.

Hari II : Misi 2
Hari ke2 dilewati ful dengan perjalanan yang panjang..
Jam 5.30 mereka berolah raga masing-masing batalion dipimpin oleh masing-masing kapten. Setelah itu dengan para trainer, pasukan Tuhan bergerak menysuri hutan yang jauh, menyusur sungai, melewati tebing dan jurang. panitia menunggu dengan harap cemas dan ingin segera menyambut mereka, tetapi mereka begitu lama di dalam hutan sampai pukul 11.00.
Setelah mereka datang, kami sambut dengan tepuk tangan. Sambil kelelahan, mereka makan pagi (makan pagi setengah siang, tepatnya). Lalu beristirahat sejenak. Pukul 13.00 mereka sudah siap lagi melakukan perjalanan outbond dengan permainan-permainan menantang.
Di tengah hujan, mereka terus melanjutkan perjalanan, ada juga yang menyerah di awal karena sakit, dll.
Mereka melewati Pos komando dimana mereka memindahkan kelereng dalam labirin, dengan 4 orang mata tertutup dan komando dari teman yang lain. Pos Ketaatan, Pos Pelipatgandaan dinar yang ternyata itu uang palsu sehingga akan ada yang tertawan. yang ditawan akan dibawa ke Pos pembebasan  tawanan, dimana yang mau membebaskan temannya, harus melalui dancing drum dengan air kolam dibawahnya. Jika mereka berhasil, mereka dapat mengangkat temannya yang tertawan dan membebaskannya. Ada juga Pos Membangun Fondasi yang tidak mudah dilakukan. Ya, mereka harus menegakkan beberapa bambu untuk mendirikan fondasi yang kuat. Pos Persenjataan adalah pos untuk menjual senjata-senjata yang akan dipakai dalam FINAL BATTLE pada malam harinya. Ada juga Pos keberanian yaitu mengambil panji di sebrang dengan menggunakan Flying Fox yang panjang (sayang hujan, sehingga Flying Fox dilakukan hari III), Pos Perbekalan, dimana mereka makan di pendopo dengan jatah makanan dalam "tempeh" dan berbagi dalam makanan minuman.

Seru dan menantang, tetapi pastinya sangat lelah tapi menyenangkan....
Selesai semuanya, Final Battle akan segera dilangsungkan. ada 20-25 tentara yang terpilih menjadi pasukan dalam Final Battle, mereka pasukan yang dianggap pasukan terbaik dalam setiap pos yang ada. Pukul 18.00 peperangan dilangsungkan antara pasukan Tuhan yang terpilih dengan pasukan iblis (panitia). Dengan menggunakan perisai dan peluru (air berwarna warni dalam plastik) terjadilah pertempuran. Awalnya pasukan Tuhan tidak berani menyerang..lama kami menanti akhirnya komandan meneriakkan kemenangan dan kekuatan, mereka berlari dan menyerang musuh, walau banyak yang mati. Akhirnya panji Tuhan dapat ditancapkan di area musuh dan kita menang.

Malam harinya, kami melakukan reflexi dari komandan dan memberikan penghargaan (pin kemenangan) kepada para pahlawan yang terpilih. Lalu kita melakukan sessi singkat dan menonton Film Pilgrim, Perjalanan Musafir. Lengkaplah sudah hari ini....

Hari III : Misi 3
Hari 3 diawali dengan panitia dan peserta yang Flying Fox sampai pukul 09.00. lalu dillanjutkan dengan sessi kembali

Sessi 3
Kita belajar dari zaman kegelapan masa masa Konstantinopel, Kekristenan menjadi begitu mudah, karena iming-iming dan para orang lewi menjadi gemuk-gemuk karena hanya memberikan aturan ini itu tanpa melakukannya. Kita belajar bagaimana dengan jemaat mula-mula didalam Kisah Para Rasul. Mereka dikatakan tiap-tiap hari berkumpul dalam pengajaran. Mereka memberi diri dibabtis. mereka tidak dipaksa seperti kebanyakan yang terjadi sekarang. Pertobatan mereka sungguh-sungguh. Satu orang memenangkan 2 orang lewat market place mereka, dimanapun mereka berada. dalam waktu singkat mereka memenangkan lagi 2 orang dan begitu seterusnya. Taip hari jumlah mereka bertambah hingga ribuan! tidak heran itu terjadi, gaya hidup mereka adalah penginjilan dan komunitas kecil yang kuat. Ingatlah bahwa kegerakan mereka bukan karena gedung gereja yang megah, mari belajar arti begereja. Tiap-tiap hari buat persekutuan, buat gereja bukan bangunan, buat komunitas dan gaya hidup penginjilan yang benar, maka terjadi pelipargandaan jiwa-jiwa!

Hadirat Tuhan yang kuat, selalu diawali dengan kesadaran akan dosa. Saat mereka melakukan semua itu, ada karunia-karunia roh yang diberikan. semua anak Tuhan pasti berbahasa roh, tetapi tidak semua mendapat karunia bahasa roh. Bahasa roh adalah erangan, ucapan yang tersembunyi yang dikatakan roh kita yang terdalam kepada Bapa, itulah bahasa roh sedangkan karunia bahasa roh haruslah memiliki makna dan ada yang menterjemahkan artinya untuk membangun jemaat.

Kita akan melakukan kegerakan New Apostolic Movement, kita diperintahkan Bapa menjadi jemaat yang Rasuli, Rahmani, dan Rajani. Kegerakan yang bersumber kepada gaya hidup penginjilan seperti jemaat mula-mula, dan dipenuhi kasih karunia Bapa serta memiliki gaya hidup dan Perjanjian Raja. Kita bisa berkomunitas di Club-club yang kita buka, club renang, bulu tangkis, pecinta alam, dan lain sebagainya. Mari kita buat sesuatu dan menjadi dampai buat orang lain, jangan orang lain yang mendampaki kita.

Sessi 4

Tuhan merindukan setiap kita menghasilkan buah. Seperti Yesaya 5. Tuhan menantikan buah dari kebun anggur kesukaan-Nya. Tuhan berkata dalam Yesaya juga bahwa jika dalam tandan, ada sisa air dari anggur, itupun tidak akan dimusnahkan-Nya. Ajaib Tuhan yang tidak mematahkan bulu terkulai dan memadamkan sumbu yang pudar nyalanya! anda mengerti? bahwa hidup kita sangatlah berharga dimata-Nya! Dalam kebun anggur ada banyak hal yang menghalangi kita berbuah. Batu, dan tanah yang keras. kita senang dengan yang namanya dicintai Bapa, diperhatikan dan dikasihi. Tetapi jangan lupakan sisi Bapa yang penuh dengan disiplin juga.
Pernah melihat anak kecil yang mau masuk jurang tetapi ayahnya berlambat dan penuh kelemahlembutan mengangkat anak itu? saya percaya dia akan tarik anak itu dengan sangat keras, mungkin keduanya terpelanting dan anaknya bisa terluka. Hanya anak yang bodoh dan buta yang mengatakan "ayah jahat, lihat aku terluka! mengapa menarik aku? ayah jahat!" teman-teman....sadarkah kita bahwa kita sering seperti itu? semangat kepahlawanan yang terakhir kita pelajari adalah BERANI DIDIDIK dan DIPUKUL jika kita salah. Janganlah menjadi Spirit Of Waria yang dikatakan tadi, bahwa kita terus mengasihani diri dan mengingkari dosa-dosa dan kelemahan kita! akui, dan berani dididik oleh Bapa! maka hidup anda akan berbuah. mari kita renungkan dan kita akui di hadapan Bapa. amin

Selesai Sessi terakhir, ada pembagian kelompok batalion yang sesungguhnya yaitu batalion Voice yang ada. Voice Of Worship, Voice Of Blessing, Voice Of Love, Voice Of Healing, Voice Of Prayer, dan Voice of Salvation yang masing-masing dipimpin oleh kapten Voice. ini baru aplikasi yang nyata dalam menyerang iblis dalam sektor yang berbeda-beda.

Selesai itu, ada sedikit surprise dari komandan dengan skenario panitia untuk 4 peserta yang ulang tahun. Kak Paulina, Felin, Anita, dan Ketua Pendoa kita Silvia, lalu dilanjutkan sessi pemotretan bersama pasukan Tuhan..
Sampai jumpa di SOW selanjutnya, yang passti lebih seru. GBU!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS