RSS
Container Icon

Maria Magdalena

Pernah menonton Film ini? Tampaknya Maria Magdalena sosok wanita yang menggoncang dunia dengan kisah, sejarah, dan kisah kasihnya dengan Yesus. Tak dapat dipungkiri bahkan dunia mengakui bahwa memang Maria memiliki kedekatan dengan Yesus yang luar biasa….tetapi jangan sampai disalahartikan dengan hubungan cinta secara fisik sehingga memiliki keturunan seperti yang dikatakan dalam Film dan penemuan Da Vinci Code.

Disamping semua cerita yang salah tentang Maria.. Saya secara pribadi mengagumi sosok wanita ini..

Film tidak selalu benar, tetapi setidaknya kita dapat belajar dan membandingkannya dengan kisahnya dalam Firman Tuhan. Maria adalah wanita yang mengurapi kaki Yesus dan mengusap air matanya dengan rambutnya, dia adalah pelacur, wanita yang tidak terhormat dan hina dikalangan masyarakat, dia adalah juga wanita pertama yang dijumpai Yesus saat Dia bangkit, Yesus menampakkan diri-Nya kepada wanita ini. Dia juga yang tetap disamping salib Yesus hingga kematiannya, bersama ibu Yesus.

Dari Film ini, diceritakan seorang wanita yang telah bersuami tinggal dan mengerjakan ladang di daerah Magdala, sebuah daerah milik nenek moyang dari Maria. Dia rajin mengerjakan ladang dan mahir dalam pengobatan tradisional. Tetapi sayang Maria tidak lagi diinginkan suaminya, dan hendak diceraikannya dengan alasan Maria mandul dan tidak bisa memberikan keturunan. Dengan terpaksa dan sakit hati, dia menyetujui perceraian itu dan bahkan dia harus terusir dari tanah ayahnya, Magdala.



PAHIT DAN TERBUANG
Dari sanalah hatinya begitu pahit dan ingin membalas dendam. Dia mulai tidak percaya lagi kepada kebaikan Tuhan Israel. Sebelum pergi dari tanah itu, datanglah para perwira Roma yang singgah..dan Maria memiliki rencana jahat, dia ingin memikat kepala perwira itu dan akhirnya merekapun berzinah dimata suaminya. Maria hanya ingin menunjukkan bahwa dia juga bisa dan diinginkan dimata suaminya karena merasa telah dibuang dan disakiti begitu rupa.

Maria ikut pergi bersama perwira itu dan merasa laki-laki itu dapat memberikannya harapan baru, daripada terbuang dan sendirian. Tetapi semua bayangannya salah. Laki-laki itu mencampakkan dan membuangnya lagi karena dia hamil, dia tidak mandul. Dengan dibawanya ke kota, dia mulai mengenal lingkungan Raja Herodes, Herodias dan anaknya, juga melihat Yohanes Pembabtis yang sedang memberitakan Kerajaan Allah di Sungai Yordan.

Setelah dicampakkan, dia dibawa oleh para pelacur dan sempat ingin bunuh diri di laut, tetapi diselamatkan murid-murid. Sebelum mengenal Yesus lebih dalam, dia dibawa Herodias ke dalam kerajaan karena dia mengetahui Maria sanggup mengobati penyakit, dan Herodias memiliki sakit kulit yang mengerikan. Disanalah Maria menganggap dirinya memiliki pengharapan akan hidup yang baru, kerajaan, kemewahan, kehormatan dan lebih lagi..kerinduannya yang terdalam untuk memperolah cinta dari seorang pria.

Sampai dia akhirnya berhasil memikat laki-laki, seorang jendral romawi yang begitu tertarik kepadanya...disanalah dia berzinah dan berzinah, untuk mendapatkan cinta laki-laki itu. Beberapa konflik terjadi dalam Film ini. Yohanes Pembabtis akhirnya dibunuh. Walau berat hati melihatnya, Maria mengingat perkataan Yohanes kepadanya
 ”Apa yang sebenarnya kau cari Maria?”
dia menjawab ”Aku hanya ingin dicintai dan mencintai..”
kata Yohanes ”tetapi cinta manusia itu sangat mudah lenyap..”
”aku tahu..”
Yohanes menunjukkan kepadanya sebuah cinta yang kekal, cinta kepada Tuhan, tetapi Maria membantahnya karena dia banyak merasakan pahit dan sakit dalam dunia, dimanakah cinta itu?
”Tuhan sedang menyembunyikan diri-Nya” dan Yohanes menjelaskan bahwa kehidupan ini adalah sebuah perjalanan yang panjang untuk mencari Cinta-Nya...

Dengan segala sakit hati dan dendam yang belum dibereskan, Maria melakukan kesalahan fatal dengan menghancurkan mantan suaminya dan tanah Magdala sehingga anak sahabatnya di Magdala meninggal karena kebakaran. Disanalah dia sadar, smeua yang dilakukannya salah, dan disaat itulah Yesus datang ke Magdala..membangkitkan anak itu ” Kau lihat Maria? Cinta lebih kuat daripada kematian..”

Perjalanan Maria yang baru dimulai..pertobatannya karena dosanya begitu nyata. Saat makan di rumah Simon, banyak orang mengguncingkan Maria dengan sebutan pelacur. Tetapi justru Yesus menatap Maria dan memanggilnya. Maria mendekat dengan ragu dan menyambut tangan Yesus yang menunggunya. Dia memegang tangan Yesus dan tak berani menatap mata Yesus. Dia melihat tangan yang menyambutnya dengan terbuka dan penuh cinta...
Dia tersungkur di kaki Yesus dan menangis begitu rupa...air matanya membasahi kaki Yesus dan dia melepaskan kasut Yesus..menyekanya dengan rambut..
Menatap kaki Yesus..seolah menatap yang paling dicintainya..dari seorang yang haus akan cinta dan hawa nafsu, wanita yang dipenuhi kepahitan dan dendam..tiba-tiba berubah menjadi wanita yang penuh tatapan cinta dan air mata di kaki Yesus...Maria mengeluarkan minyak dan mencurahkan ke kaki Yesus dengan penuh kelembutan dan hati-hati..penuh dengan perasaan kasih..

Yesus menanggapi orang-orang yang membicarakan Maria..dan Dia berkata ”Pergilah dengan damai..anak-Ku..kasih-Mu yang besar telah menyelamatkanmu..” tetapi Maria menatap Yesus dan berkata ” Aku tidak akan meninggalkan-Mu..aku akan mengikuti-Mu..kemanapun Kau pergi..”

Setelah itu Maria mengikut Yesus dan menjadi salah satu penginjil wanita yang berpengaruh..dikatakan dalam sejarah juga, bahwa Maria sering mengalami pengalaman roh diangkat ke Sorga dan lain sebagainya. Saya tidak tahu kebenarannya, tetapi yang saya percaya, Maria telah belajar memahami arti CINTA. Dan dalam CINTA, segala sesuatu mungkin..sebab cinta lebih kuat dari maut...

PENGAMPUNAN YANG BESAR
Ya, Maria telah mengalami pengampunan yang besar...
Saya percaya pengampunan akan sanggup memulihkan kita.
Orang yang berdosa, tak akan tahan berdiri di hadapan tahta kasih-Nya..
Pernahkah kita menyadari seberapa besar kasih dan pengampunan, kasih karunia-Nya buat kita? Terlalu besar...sehingga kita hanya bisa tersungkur dan menangis di bawah kaki-Nya...jika anda punya air mata pertobatan untuk dicurahkan di kaki Yesus, maka curahkanlah air mata penyesalan, pertobatan, dan air mata cinta kita kepada Tuhan..
Jika kita punya minyak yang dapat kita curahkan, curahkan tanpa berhemat..sebab harta, kebanggaan, dan apa yang sesungguhnya kita cari..sudah ada didepan mata kita..
Dialah YESUS...

Maukah kita menjadi Maria bagi Kristus? seorang wanita yang mengabdikan dirinya total kepada Kristus. Dia tidak berhenti saat Yesus terangkat ke Sorga dan meninggalkan dia. Tetapi dia melanjutkan karya Yesus di dunia ini, untuk membawa bangsa-bangsa kepada Kristus dengan kasih yang besar..
Maria telah memahami anrti CINTA SEJATI..
apakah anda sudah memahaminya???

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS