RSS
Container Icon

VICTORIUS CHRISTMAS

Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya, dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan." Kata Maria kepada malaikat itu: "Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?"
Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, iapun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu. Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil."  Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu."
Lalu malaikat itu meninggalkan dia. Lukas 1:30-38


Tidak akan ada Natal jika tidak ada kisah ini. Kisah yang sudah Allah Bapa siapkan sejak lama untuk rancangan keselamatan umat manusia. Saya percaya seorang gadis bernama Maria tidak akan pernah menyadari siapakah dirinya yang sebenarnya. Dia lahir sebagai putrid kecil dalam keluarga biasa yang sederhana dan bertumbuh selayaknya gadis kecil. Dia mulai jatuh hati seperti kebanyakan gadis lainnya dan berencana membangun sebuah kehidupan bersama pria yang dicintainya. Wajar bagi seorang gadis seumurnya. Namun Allah memiliki rahasia rencana-Nya yang ajaib kepada Maria..Wanita pilihan Allah. Tenryata Allah Bapa telah melihat Maria dan memberikan perkenan-Nya diam-diam kepada Maria. Seorang wanita yang disertai Allah, mendapat kasih karunia dari Bapa.

Pernahkah anda menyadari sebuah cerita akan terjadi dalam kehidupan anda dan andalah pelaku sejarah yang ajaib? Mungkin kita bukanlah Maria yang akan mengandung bayi Yesus kembali, melainkan kita orang-orang biasa yang sederhana dan penuh kelemahan..sedang menjalani sebuah kehidupan yang wajar dalam dunia ini..namun Bapa sedang memanggil kita untuk lebih dari yang sanggup kita pikirkan. RENCANA ALLAH! Betapa dalam dan lebarnya kata-kata ini! Siapakah yang dapat mendalami pikiran dan rancangan-rancangan-Nya?
Bagaimanapun, ternyata Bapa senang memilih dan memakai kita untuk tujuan-tujuan-Nya yang besar! Apakah anda mengenal orang-orang ini juga?
Yakub adalah seorang yang sangat licik dan penipu, Petrus murid Yesus sangat temperamental dan pemarah, Raja Daud yang kita kagumi ternyata adalah seorang pezinah, Nuh seorang pemabuk, Yunus seorang hamba Tuhan yang lari dari Tuhannya, bahkan Paulus adalah seorang pembunuh!  Gideon adalah seorang muda yang selalu hidup dalam rasa tidak aman dan ketakutan, Miryam saudara Musa adalah seorang penggosip, Martha adalah seorang yang penuh kekuatiran. Sara seorang wanita yang mandul, Elia adalah nabi yang depresi, Musa seorang yang gagap, Zakeus seorang pria yang pendek, Abraham sudah tua dan Lazarus sudah mati.


Mungkinkah Bapa telah mengetahui semua yang akan terjadi apabila semua orang yang gagal dan buruk dalam hidupnya itu telah ditaklukkan dalam Dia? Ya! Dia pasti sudah mengetahuinya! Sehingga Bapa tidak pernah lelah membentuk dan menunggu umat pilihan-Nya itu!

Saudaraku, seperti Maria yang menerima kisah “tidak wajar” dalam hidupnya, dia mengambil sikap yang benar dalam menghadapi panggilan Bapanya. Dia tidak harus mengerti, tetapi dia mau untuk TAAT dan mengakui kedaulatan Bapa, dan siapa dirinya yang sesungguhnya..yaitu hamba Tuhannya. Bukannya tanpa pertanyaan, Mariapun bergumul dalam batinnya yang bergejolak dengan ketakutan, kekuatiran, kebingungan. Namun Bapa menguatkan hatinya.

Maria dapat memilih untuk menolak rancangan Bapa dengan berbagai alasan yang masuk akal, namun Dia menyadari kasih karunia Bapa pasti ada maksudnya. Kasih karunia untuk menderita bagi Dia, untuk menanggung dan menjalani semua kisah bersama Dia. Kasih karunia diberikan untuk menyelesaikan panggilan kita.

Apakah anda seperti Maria? Apakah anda sedang bergumul dengan jalan-jalan Bapa dan rencana-Nya? Mari dalam Natal tahun ini, kita memilih untuk menang di dalam rencana-Nya sebab Dia memiliki rancangan yang lebih besar dari semua pemikiran manusia.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar