RSS
Container Icon

Love Story

Banyak orang bertanya-tanya apakah arti CINTA? Semua manusia rindu merasakan dan memiliki kisah Cinta untuk dirinya sendiri. Kisah Cinta yang indah dan berlangsung selamanya bersama yang dikasihinya. Cinta adalah keajaiban dari Tuhan yang diberikan kepada manusia sebagai pribadi yang segambar dan serupa dengan Dia. Cinta yang berasal dari-Nya dapat mengangkat hidup seseorang, memulihkan, dan mengubahkan segalanya. Sedangkan sisi lain dari cinta adalah penderitaan, tangisan, penyesalan, kesakitan, dan neraka. Lalu apakah cinta itu?

Sebenaranya semua orang pernah merasakan Cinta, karena cinta bukan hanya hubungan kasih antara sepasang kekasih-pria dan wanita, tetapi suatu perasaan yang tetap, yang dikaruniakan dalam diri masing-masing manusia saat mereka lahir ke bumi ini. Cinta antara orang tua-anak, cinta antara sahabat, cinta antara saudara, juga cinta antara lawan jenis.

Sebagai anak-anak muda, kita akan mengalami banyak pelajaran dan fase kehidupan yang akan kita lewati. Banyak anak muda terjebak dalam pemikiran masalah pasangan hidup dan merasa bahwa mereka harus segera memperoleh pasangan dan hidup bahagia. Mendapatkan pasangan hidup adalah hal yang baik, tetapi menantikan kehendak Bapa atas panggilan kita masing-masing adalah jauh lebih baik. Memperoleh pasangan adalah sebuah panggilan Tuhan, ini diberikan sesuai waktu dan cara-Nya. Tetapi yang sering terjadi, kita hanyut dalam pikiran  untuk “harus dan cepat” memperolehnya. Kita sedang disesatkan. Hidup kita diciptakan untuk memahami CINTA yang benar. Cinta yang benar kepada Tuhan, Pencipta kita, kepada sesama, maupun kepada lawan jenis kita kelak. Banyak orang tak dapat memahami dan membedakan perasaan yang dialaminya apakah itu benar dari Tuhan? Apakah itu jebakan? (jangan heran! Perasaan dan pasangan adalah salah satu jebakan iblis yang besar untuk anak-anak muda juga!), atau itu hanya sekedar simpatik, suka, atau sayang? Ataukah itu bukan sekedar perasaan saja, namun sebuah cinta yang suci yang ditanamkan oleh tangan Bapa sendiri. Saya percaya jika sudah waktu-Nya, Dia sendiri yang akan menghantarkan tangan kita kepada orang yang dipilihkan-Nya kepada kita.


Ketika kita melihat kisah cinta orang lain, seringkali kita mudah membanding-bandingkannya dengan kisah kita sendiri. Jika kita melihat teman kita mulai berpasangan (entah dari Tuhan atau karena keinginan sendiri), maka banyak orang menjadi iri dan mulai berkata dalam hatinya..” Aku harus segera mendapatkan pasangan juga!.. apakah mungkin pria/wanita yang sedang kusukai sekarang memang ternyata benar dari Tuhan? Untuk apa ditunda-tunda? ..Mengapa orang lain boleh berpasangan dengan mudah? Mengapa saya tidak??”
Untuk mengenali apakah perasaan yang kita rasakan itu murni ditanamkan oleh Bapa sendiri atau oleh ahwa nafsu kita, maka kita patut mempertanyakan pada diri sendiri apa motivasi hati kita yang terdalam. Jika itu didorong oleh keinginan yang menggebu-gebu, karena iri melihat orang lain, dan dorongan, desakan keluarga, dan lain sebagainya, maka kita patut segera berdoa agar Bapa memurnikan hati kita terlebih dahulu.

Perlakuan Bapa kepada masing anak-anaknya memang berbeda. Dia tidak pilih kasih, tetapi Dia membentuk masing-masing kisah dengan hati-hati, sesuai panggilan dan waktu-Nya. Ada orang yang menikah muda, ada yang mendapat pasangan begitu mudahnya, ada yang menikah sebentar tetapi maut segera memisahkan mereka, ada yang menikah dan memiliki anak, ada yang tidak memiliki anak, dan ada begitu banyak kisah- kisah lainnya dalam hidup ini. Tetapi janganlah kita mulai melihat kisah orang lain, itu destiny mereka,…atau terkadang…itu adalah kesalahan mereka dan merupakan kehendak Bapa yang diijinkan saja, bukan kehendak Bapa yang semula atau sempurna. Apakah anda menginginkan yang biasa ataukah yang kehendak Bapa? Apabila kita mau mempercayai Tuhan kita, maka sekaranglah waktu untuk belajar mengejar kehendak-Nya dalam hidup kita, dalam hal apapun, termasuk kisah cinta kita dengan pasangan.

Jika kita belum berpasangan sekarangpun, bukan berarti kita sedang kehilangan kisah cinta dan orang yang miskin akan cinta atau tidak kenal akan cinta. Ada orang berkata pada orang yang belum menikah “ Tentu saja dia tidak akan mengerti tentang cinta, dia kan belum menikah!”. Saya rasa hal ini tidak bijak. Memahami cinta bukan karena hal pasangan saja. Jika seseorang belum memahami KASIH SEJATI dari Bapa, maka dia tidak akan pernah dapat mencintai orang lain juga dengan benar.












  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar