RSS
Container Icon

KAYA DI HADAPAN TUHAN

Lukas 12:13-21 Seorang dari orang banyak itu berkata kepada Yesus: "Guru, katakanlah kepada saudaraku supaya ia berbagi warisan dengan aku." Tetapi Yesus berkata kepadanya: "Saudara, siapakah yang telah mengangkat Aku menjadi hakim atau pengantara atas kamu?" Kata-Nya lagi kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap segala ketamakan, sebab walaupun seorang berlimpah-limpah hartanya, hidupnya tidaklah tergantung dari pada kekayaannya itu." Kemudian Ia mengatakan kepada mereka suatu perumpamaan, kata-Nya: "Ada seorang kaya, tanahnya berlimpah-limpah hasilnya.
Ia bertanya dalam hatinya: Apakah yang harus aku perbuat, sebab aku tidak mempunyai tempat di mana aku dapat menyimpan hasil tanahku.
Lalu katanya: Inilah yang akan aku perbuat; aku akan merombak lumbung-lumbungku dan aku akan mendirikan yang lebih besar dan aku akan menyimpan di dalamnya segala gandum dan barang-barangku. Sesudah itu aku akan berkata kepada jiwaku: Jiwaku, ada padamu banyak barang, tertimbun untuk bertahun-tahun lamanya; beristirahatlah, makanlah, minumlah dan bersenang-senanglah!
Tetapi firman Allah kepadanya: Hai engkau orang bodoh, pada malam ini juga jiwamu akan diambil dari padamu, dan apa yang telah kausediakan, untuk siapakah itu nanti?
Demikianlah jadinya dengan orang yang mengumpulkan harta bagi dirinya sendiri, jikalau ia tidak kaya di hadapan Allah."


Saudaraku, apakah kita benar-benar tahu apa yang menjadi kerinduan Tuhan bagi hidup kita? Ataukah kita sibuk mencari barang yang akan musnah?

Bagaimana kita tahu bahwa kita sudah hidup seturut kehendak Tuhan? Jika anda melihat sebuah Pohon, apa yang kita lihat? Kita melihat seberapa besar pohon itu, seberapa banyak buah yang dihasilkannya?

Saya diingatkan tentang sebuah Pohon. Pohon itu akan tahan uji, apabila dia mengalami banyak proses.


1. PROSES DITEBANG
Pohon bisa dibabat habis dan mungkin dia akan hancur, berguguran, dan merasa merana..
Tuhan ijinkan kita mengalami Proses DIPANGKAS, karena Tuhan rindu kehidupan kita menghasilkan buah yang manis. Jika kita tidak ditebang, digunting oleh Tuhan, maka mungkin buah-buah kita lebat tapi berulat.

Pernahkah kita merasa digunting oleh Tuhan? Mungkin kau merasa tidak berdaya, terjadi perubahan mendadak dalam hidupmu, masalah yang tiba-tiba saja datang dalam hidupmu.

Apakah kita akan bertahan ataukah kita akan menyerah?

2. PROSES ANGIN BADAI
Saya melihat pohon di dekat rumah saya yang seolah kuat tapi terkena angin kencang sehingga roboh.
Kalau engkau tidak berdoa, roh kita akan lemah. Jika kita berdoa, roh kita akan kuat. Kalau roh kita menjadi kuat, kita tidak akan melewatkan waktu-waktu yang Tuhan berikan untuk melayani dan berkarya bagi Tuhan.

Kalau tidak ada kakak rohani dahulu yang mengajak saya saat masih ada di Kos-kosan, didatangi terus menerus, maka saya ikut dalam persekutuan dan memulai sebuah perjalanan rohani yang luar biasa dengan Tuhan. Kemudian sayapun diproses Tuhan, saya sadar saya tidak baik, penuh dengan dosa dan kegagalan. Pelan tapi pasti, sayapun berubah.

Pernahkah anda berpikir, jika anda tidak pernah jemu-jemu mengajak dan menjangkau orang, maka orang itu bisa dipakai Tuhan dengan luar biasa di kemudian hari? Janganlah jemu-jamu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3F DALAM ANGGOTA GEREJA TUHAN

Gereja adalah keluarga Tuhan. Gereja jelas tidak bicara mengenai sebuah gedung besar nan megah yang berisi banyak orang yang tidak saling mengenal dan tidak bersentuhan sebagai keluarga. Gereja adalah Organisme yang hidup, dimana Kristuslah yang menjadi Kepala Gereja yang layak mendapat kemuliaan dari segala kemuliaan.

Gereja adalah tempat kita hidup dan bertumbuh. Dalam gereja ada ayah dan ibu rohani yang menjadi wakil Bapa untuk mendidik dan mengarahkan setiap anak-anaknya. Gereja adalah Tempat Pendidikan terbaik secara rohani. Setiap anak akan dilahirkan baru, dididik, dilatih melayani dan bertumbuh dewasa untuk turut membangun panggilan dan tugas dari Gereja tersebut, karena saya percaya gereja memiliki Fungsi dan Panggilannya masing-masing. Setiap anak akan menjadi pewaris mimpi dan kerinduan Bapa atas gereja itu.

Namun, yang terjadi pada kenyataannya, Gereja banyak tidak memenuhi tanggungjawabnya sebagai Gereja yang hidup, anak-anak gereja menjadi tidak tertanam dan berpindah-pindah karena sesutu yang sepele dan tidak nyaman baginya.

Beberapa waktu lalu saya mendengar Firman yang disampaikan senior pastor kami, Ps. Daniel Hadi Shane, mengenao 3 tingkatan orang-orang yang ada dalam gereja, yaitu 3F:

1. FOLLOWER

Kebanyakan orang suka menjadi Follower. Datang pada sebuah gereja demi gereja bukan untuk bersedia menjadi murid Kristus yang sejati, namun karena itu menyenangkan dirinya. Datang ke gereja karena suasananya nyaman, hamba Tuhannya keren, pendetanya terkenal, dan lain sebagainya. Tapi saat di hamba Tuhannya, gembala dan ayah dari gereja itu mengalami masalah, atau bahkan kejatuhan, maka golongan Follower ini akan segera goncang dan meninggalkan begitu saja gereja ini untuk mencari pemuasan demi pemuasan.
Contoh lagi saat mereka berjemaat di sebuah tempat, tapi Ayah gereja atau Gembala mereka menceritakan Firman Tuhan dengan keras, atau tidak sesuai stylenya, maka dia akan mudah tersinggung dan segera pergi meninggalkan tempat itu.

Seorang Follower mencari kepuasan dan kesenangan, kebenaran yang dianggap benar, tapi menolak untuk lebih berkomitmen dididik, ditegur, dihajar dengan kebenaran atau oleh para pembimbingnya.


2. FRIEND
Banyak orang juga menjadikan gereja itu teman. Teman itu bagus, daripada tingkat Follower. Ada orang kesusahan dalam gereja, kita bantu saudara kita. Tapi kita bisa meninggalkan dia saat keadaan kitapun tidak berdaya. Jika tidak nyaman lagi dengan teman atau saudara atau pembimbing rohani anda, kita bisa meninggalkannya kepan saja, walaupun tampaknya pertemanan itu sudah berlangsung lama. Kalau gereja sepakat dengan kita, kita menjadi Friend buat gereja tapi jika gereja tidak menerima pendapat kita, maka kita akan mulai meninggalkan gereja dan mencari sahabat dan teman yang baru.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS