RSS
Container Icon

Selamat datang 2011!

“Jika aku mengikut Yesus, mengapa begini?”
”Jika ini visi dan panggilan dari Bapa, mengapa sangat sulit dan penuh tantangan?”
”Jika Yesus penuh cinta..mengapa hidupku selalu menderita?”
”Jika Yesus sanggup dan berkuasa, mengapa aku masih sakit dan semakin parah?”
”Jika....”

Bagaimana jika kita berpikir seperti ini...
”Jika Bapa tidak mengutus Yesus untuk menyelamatkan manusia, bagaimana nasib kita?”
”Jika Yesus tidak mau mati dan tidak bangkit bagi kita, apa yang akan terjadi?”

Sering manusia bertanya dalam kehidupan…berandai-andai..dan lebih tepatnya meragukan Yesus. Ada seorang yang sharing kepada saya ”saya tidak tahu dimana saya meletakkan Yesus didalam hati saya..saya tidak dapat melihat Dia dan bagi saya agak susah membayangkannya..apalagi sejak tahu memang ada yesus imajinasi atau yesus palsu..saya semakin takut juga jika bayangan saya salah..”

Memang ada yesus dan mesias palsu, bukankah semua sudah dinubuatkan dalam firman-Nya? Tetapi Yesus yang sejati selalu ada dan berjaya sampai selamanya, tak tergoyahkan dan kekal...bagaimana peran Yesus dibumi yang sekarang ini? Sehingga kelihatannya kita tidak mendapat jawaban-Nya? Benarkah Dia tidak lagi mendengar suara doa kita? Ataukah kita yang sebenarnya salah dalam menilai semua kehidupan ini dan jalan hidup kita?

Kehidupan tidak pernah ada yang sempurna..tetapi manusia merindukan sebuah kesempurnaan, bukan? Jika kita merindukan pasangan, kita mendambakan kisah dongeng putri cantik dan pangeran yang tampan, bersanding dan bahagia selama-lamanya..atau jika kita merindukan kehidupan ini, kita merindukan semua pekerjaan yang sempurna, orang tua yang sangat baik dan penuh kasih serta jalan hidup yang penuh kebahagiaan…

Sungguh menyentuh hati saya, sebuah buku yang berjudul “HATIKU UNTUK ALLAHKU”. Menarik sekali buat saya untuk membelinya di toko buku. Dan isinya adalah bagaimana sifat-sifat buruk dan cara menghancurkannya..Disana yang paling menarik hati saya adalah tentang kecemburuan….
Tak saya sadari, itu banyak bercokol di hati kecil saya yang licik…yah, semua hati manusia memiliki sisi yang sangat jahat dan buruk…bagaimana dengan anda?
Apakah kita menjadi selalu bertanya kepada kehidupan ini? Bahkan mungkin menyalahkan Bapa atas semuanya..ketika kita melihat jalan hidup orang lain kelihatannya baik, dan lebih bahagia dari kita? Kadang..saya juga masih bertanya..apakah arti kebahagiaan??...
Saudaraku, menerima kehidupan ini memang begitu sulit..dikala dera jiwa kita terus menyerang kita, pikiran-pikiran yang menjadi peperangan kita setiap hari...melawan dosa dan keterikatan, dosa..walau Bapa dapat ampuni..tetapi kenyataannya tidak semua yang telah mendapat pengampunan dari dosanya yang besar itu juga dapat mengampuni dirinya sendiri sehingga dirinya masih terperangkap dalam pikiran dan penjaranya sendiri...
Andai semua kejadian di jiwa dan roh kita dapat tersingkap..maka kita mungkin akan lebih belajar memahami kehidupan ini. Kehidupan di bumi kelihatannya begitu jahat dan begitu buruk..memang demikianlah adanya...jika salah melangkah, penghakiman tiada henti dari manusia...dari diri sendiri, juga dimana-mana selalu ada ketidakamanan dan kejahatan. Iblis sudah menguasai dunia ini...

Saya mencoba memberikan contoh. Saat kondisi rohani, anda sedang dibawa ke kota kematian, atau kota kekelaman...yah ujian yang berat harus kita lewati..mungkin jiwa kita terbongkar dan merasa sangat sakit. Saat itu ada banyak tawaran sebagai jalan keluar dari masalah kita. Yang sebenarnya Bapa mau kita bertanding di kota itu melawan dan menang, malah kita keluar di pintu belakang dengan jalan keluar yang mudah...hati-hati...
Yunuspun mendapat kapal saat hendak melarikan diri dari Bapa dan mungkin saja jika dia tetap melarikan diri lagi, ada kapal yang lebih besar dan mewah akan datang kepadanya membawanya lebih jauh dari Bapa. Banyak anak Tuhan tidak pernah menyadari keadaan dan dirinya sendiri.. Mereka menerima kapal yang dipikir sebagai jawaban dari Bapa! Padahal Yesus mengutus seekor ikan besar untuk membawanya kembali kepada panggilan dan pelukan Bapa! Bapa tidak memakai kapal yang besar dan mewah..yah..seringkali manusia gagal memahami cara dan kehendak-Nya...sayapun demikian.....tetapi marilah belajar saudaraku...walaupun kita tidak dapat memahaminya..mari percaya saya...untuk segala hal, tidak harus ada penjelasnnya...sama seperti seorang anak kecil yang bertanya kepada ayahnya, bagaimana hujan terjadi? Mungkin si ayah sudah coba menjelaskan..tetapi karena anak itu masih sangat kecil..dia semakin stres dengan jawaban ayahnya...Ok..jika demikian, mari sebagai anak kecil itu, kita menerima hujan itu dan menjalaninya dengan sukacita..karena suatu saat anak itu akan dapat memahaminya.

BAGAIMANA SOLUSINYA?

Roma 8:31. Sebab itu apakah yang akan kita katakan tentang semuanya itu? Jika Allah di pihak kita, siapakah yang akan melawan kita?
8:32 Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?
8:33 Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah? Allah, yang membenarkan mereka? Siapakah yang akan menghukum mereka?
8:34 Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita?
8:35 Siapakah yang akan memisahkan kita dari kasih Kristus? Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang?


Semua keraguan, semua sifat buruk dan dosa..datangnya dari pikiran dan hati yang belum diberikan seutuhnya kepada Bapa..jika kita mau belajar sama-sama…mempercayai Firman-Nya, walaupun keadaannya tidak mendukung, tak ada dasar untuk berharap, atau bahkan berkebalikan..ya.saya tahu itu sangat menyakitkan bagi anda….Ayat-ayat diatas menyatakan kebaikan dan kemurahan Bapa yang lebih dari kehidupan ini…Jika Bapa sudah menyerahkan Yesus…apa Dia juga tak memberikan yang lainnya? Tidak mungkin! Dia pasti memberikan segala-galanya bagi kita yang memiliki Yesus didalam hati kita!

Untuk memahami keadilan dan kasih-Nya ditengah penderitaan memang begitu berat..saya pernah berkata
“ Tuhan…Kau maha kuasa…Kau ajaib..dan jika Kau datang padaku dan mengangkat sakitku, maka aku akan segera sembuh..”
“ Tuhan..bukankah mudah bagi-Mu untuk mengubahkan aku dalam sekejap mata untuk menjadi lebih baik??”
Bukankah anda pernah juga menantang Tuhan seperti itu?

Tidak salah kita berdoa demikian…memang Dia masih sanggup..tetapi yang saya temukan…Bapa seringkali bekerja dengan cara membiarkan anak-Nya belajar setahap demi setahap dan melawan raksasa-raksasa didalam hidupnya. Seorang ibu rohani saya pernah berkata kepada saya “Bapa mau kamulah yang melawannya, hanya kamu yang dapat menghancurkan iblis itu…”

Teringat dengan Film Narnia 3 yang baru-baru saja diputar di bioskop dan DVD nya langsung laris manis dimana-mana. Setiap orang memiliki peperangan dan kegelapan didalam dirinya yang harus dihadapi...sering kita menyalahkan orang lain atas ketidakberdayaan kita melawan diri sendiri, menyalahkan keadaan dan bahkan Bapa. Hanya anda yang dapat melawan dan menghancurkannya...
Lalu dimana peran Yesus? Dia ada bersama kita untuk menaklukkan diri kita, Dia memberikan iman dan kuasa kepada yang mau berjuang..

MAUKAH ANDA TETAP BERJUANG...
Kita sudah di penghujung tahun 2010...
Saya merenungkan sepanjang tahun yang telah terjadi
Ada banyak kegagalan iman dan kegagalan saya memahami kehendak dan hati-Nya..
Ada saat saya sudah tidak sanggup lagi menghadapi semua peperangan ..
Ada saat saya sudah begitu lelah dan tak berdaya...menyerah dan tak memiliki kekuatan lagi..
Ada saat saya tidak dapat melihat kebaikan dan cahaya-Nya lagi..
Awan hati saya masih begitu tebal dan timbul badai dan angin ribut disana...
Oh..bersyukur sekali dapat melewati sepanjang tahun ini..
Saya merenungkan kembali...”Toh apapun yang terjadi dalam hidup saya....saya masih tetap dapat jalani kehidupan ini....dan saya masih disini..mencintai dan melayani Dia, Kekasih saya..” Bapa memiliki keajaiban kekuatan dalam menopang kehidupan.Walau kita merasa tak sanggup dan hancur..percayakah anda? Bahwa Dia memiliki ribuan cara membuat anda kuat kembali, senyum dan tertawa lagi? Menghibur anda dalam kepedihan? Berbisik dalam kelembutan dan kesunyian hidup anda? Ya...Dia selalu melakukannya bagi saya...selalu..sehingga ada saja yang dapat menguatkan saya lagi, dengan cara yang tak terduga. Oh saudaraku, mengikut Yesus, berjalan dalam perjanjian dan visi-Nya, memang tidak mudah dan jalan tol...bukan jalannya yang salah...tetapi andalah yang akan berubah! Ya berubah! Berubah dalam sikap, mental, pikiran dan tidak mudah menyerah dalam perjalanan panjang ini.
Mari menyambut tahun baru 2011 dengan perubahan cara hidup kita. Jangan lagi berkata-kata mencurigai Dia atas ketidakberdayaan kita..ingatlah..hanya anda yang dapat menghancurkan iblis dan kegelapaan didalam hati kita sendiri..Kitalah penguasa hati kita..andalah penguasanya....
Maari kita berjuang bersama-sama....
Sampai jumpa di tahun depan 2011..
Tahun perubahan, persiapan pasukan Bapa..
Mari tetap percaya dengan iman yang teguh...
Dia tak pernah menginggalkan kita. amin

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS