RSS
Container Icon

Siapakah Aku?

Aku akan bertindak terhadap engkau: Aku akan memurnikan perakmu dengan garam soda, dan akan menyingkirkan segala timah dari padanya. Yesaya 1: 25

Tuhan kita adalah Allah semesta alam yang hidup dan sumber dari segala sesuatu. Dia memberikan suatu gambaran yang luar biasa ketika Dia menyampaikan pesan kepada umat-Nya akan Pemurnian yang Dia rindukan. Allah Bapa kita adalah Allah yang menyukai kemurnian dan ketulusan dan menentang kecongkakan dan kecurangan. Dialah Sumber Kemurnian dan Dia rindu anak-anak-Nya menjadi murni dan kudus seperti Dia. Pernahkah anda menyadari bahwa emas tetaplah sebuah emas? Emas tidak akan kekurangan nilainya sekalipun dia masih “mentah” dan”kasar”. Emas hanya memerlukan beberapa proses yang “menyakitkan” untuk menampakkan keasliannya. Ketika kita terlahir dalam dunia yang penuh kutuk ini, kita sedang mewarisi dosa warisan dari nenek moyang kita dan darah kita bukanlah darah Sorgawi, melainkan darah warisan yang dipenuhi dengan segala macam kejahatan dan kutuk dari dunia ini. Itulah kita yang merupakan emas-emas berharga dimata-Nya yang sedang bercampur dalam bongkahan batu dan kotoran yang melekat pada kita. Mau tidak mau, kita semua yang terlahir dan tumbuh di bumi ini akan mengalaminya.

Pernahkah anda merasa begitu tidak berharga? Dari setiap perjalanan kehidupan kita, kita menemui kegagalan demi kegagalan, kejatuhan demi kejatuhan, sehingga kita menjadi tawar hati dan putus asa dalam menghadapi peperangan pribadi kita. Tahun demi tahun kita semakin tidak mengenali jati diri kita yang sebenarnya di dalam Bapa kita. Kita tertipu dalam tipu daya yang iblis buat didalam sejarah kehidupan kita. Kita menjadi lumpuh dan menyetujui bahwa semua yang dikatakan iblis itu memang benar..yaitu bahwa kita lahir tanpa diharapkan, kita lahir tanpa tujuan, kita tidak dikasihi, kita tidak punya harga diri, kita hanyalah pembuat kesalahan, kita orang bodoh, kita orang gagal, kita akan selalu salah dan tidak akan pernah bisa berubah, kita pendosa, dan kita tidak layak, kita tidak akan dapat dipakai, dan lain sebagainya..
Itukah yang pernah ada dalam benak dan pikiran anda? Maka anda SALAH. Anda JAUH LEBIH BERHARGA dari yang anda pikirkan! Anda terlalu dini menilai diri sendiri dan terlalu percaya kepada apa yang dikatakan iblis selama ini. Percayalah kepada apa yang Pencipta anda katakan didalam Firman-Nya! Dia yang menciptakan anda dan yang menetapkan untuk apa anda dibuat dan dikirimkan ke bumi ini. “Tapi kenyataannya..aku memang begini! Aku sering menjadi pecundang dan selalu kalah!” itukah jeritan anda saat ini? Memang benar, kita tidak bisa memungkiri bahwa kita akan selalu menghadapi peperangan dan sejarah yang terus berulang dalam kehidupan kita. Dan kita juga hidup dalam tubuh, jiwa yang terbatas dan penuh kedagingan yang selalu ingin melawan kehendak Allah. Demikian Bapa menyuruh kita untuk hidup oleh Roh, dan bukan oleh daging.


Kitalah bongkahan-bongkahan emas mentah itu, dan sekali lagi, bagaimanapun keadaan anda sekarang, itu tidak mengubah bahwa didalam diri anda selalu ada emas yang berharga, sesuatu yang sangat indah dan berharga bagi Tuhan, bahkan saat anda tidak menyadarinya. Itulah sebabnya Tuhan ingin memakai hidup kita! Dia rindu dapat membanggakan diri kita kepada musuh-musuh-Nya dan mengatakan kepada seluruh dunia bahwa kita adalah milik-Nya! Itulah hati Tuhan kita, Dia tidak menghendaki satupun binasa dan kalah, Dia ingin mem buat kita hidup dengan penuh kemenangan! Dia merindukan sosok pribadi dalam diri kita yang MURNI dari-Nya, seseorang yang dilahirkan dari benih Sorga dan hidup oleh Roh-Nya, manusia roh yang sedang dibentuk-Nya sekarang dalam diri anda. Jangan menyerah sekarang, saudaraku! Sebab jikalau anda masih bernafas, dan masih belum mencapai PRIBADI YANG DIRINDUKAN-NYA, maka anda tidak berhak mengatakan untuk menyerah. Emas yang penuh dengan timah dan kotoran itu akan Dia murnikan dan akan Dia pisahkan dengan bagaimanapun cara-Nya, Dia tidak akan menyerah kepada kita karena Dia tahu siapa kita kelak jika kita ada dalam tangan-Nya!

PEMURNIAN haruslah terjadi. Berkali-kali kita mendengar pengajaran ini, namun apakah anda merasa bahwa anda sudah dimurnikan? Ketika anda dimurnikan, anda akan memasuki sebuah masa-masa yang mengerikan, dimana anda akan menemukan diri anda dicobai terus menerus, diuji dan ditempa terus menerus dan tidak akan lama, anda seolah kehilangan jati diri anda dan merasa menjadi begitu jelek dan buruk, penuh dengan dosa. Anda seperti melihat ke dalam sebuah cermin dan melihat diri anda yang kotor dan gelap. Anda mulai merasa sangat malu dan heran, ternyata anda menyimpan begitu banyak kebusukan yang tidak pantas. Sekalipun ini akan membuat anda malu berdiri dihadapan-Nya, anda tetaplah emas yang berharga! Timah ini akan diambil oleh Bapa, dan kita akan makin terlihat bersih dan cemerlang, bahkan Kristus dapat melihat wajah-Nya sendiri dari emas murni itu!

Jangan pernah lupakan hal ini, bahwa anda tetaplah berharga dan anda dapat dipakai oleh Tuhan, asalkan anda mau menyerahkan diri anda dan dimurnikan-Nya. Ketika anda merasa tidak berdaya oleh dosa-dosa anda yang terungkap, sisi-sisi gelap yang paling tersembunyi dalam diri anda, bersyukurlah dan teruslah berusaha dan percaya, bahwa Dia sedang melakukan sesuatu yang indah dalam diri kita. Jangan mempercayai pikiran dan perasaan kita sendiri melebihi kerinduan Tuhan kepada kita. Selamat berjuang, emas-emas yang berharga dimata Tuhan!


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar