RSS
Container Icon

Undangan Perjamuan

Undangan perjamuan sangatlah menyenangkan! Ada makanan2 lezat, ada keramaian dan tawa riang. Saya rasa semua suka dengan perjamuan. Apa yang terjadi jika Sang Rajalah yang mengadakan perjamuan dan mengundang kita?  

Lukas 14:15 (TB)  Mendengar itu berkatalah seorang dari tamu-tamu itu kepada Yesus: "Berbahagialah orang yang akan dijamu dalam Kerajaan Allah."

Perhatikan pasal 14:7, Yesus telah bicara soal perjamuan yaitu saat dia datang melihat ada tamu2 berusaha menduduki kursi terhormat. YESUS mengajar murid2Nya dalam semua kondisi dan alami sekali. Saat Yesus melihat perjamuan itu, Dia mengajar juga bahwa janganlah kita mencari kehormatan2 itu dan rendahkan diri maka akan ditinggikan (Lukas 14:11). Kemudian Yesus bahas kembali siapa yang harus diundang jika kita adakan perjamuan? Yesus mengajar bahwa kita juga harus memperhatikan orang2 miskin dan tidak mampu membalas perjamuan serta kebaikan kita. Artinya apa? Ketulusan. 

Sering kita melakukan sesuatu untuk dibalas orang lain. 

Perhatikan kembali ayat 15-24, Yesus kembali membahas soal perjamuan Kerajaan Surga! Sungguh indah kita diundangNya dan tentu saja kita masuk ke perjamuan bukan karena kita pantas namun hanya oleh anugrahNya yang melayakkan kita. 

Semua orang tentu harusnya bahagia dan bangga mendapat undanganNya bukan? 

Namun ternyata tidak demikian. Orang2 yang diundangNya terlalu sibuk akan hal lain. 

1. Aku sudah beli ladang dan harus melihat ladangku! Maaf ya! 

2. Aku baru saja beli 5 lembu dan aku harus coba sekarang! Maaf ya! 

3. Aku baru saja menikah, aku tidak bisa datang ya! 

Perhatikan alasan2 diatas. Seringkali kita membuat daftar alasan untuk menolak undangan Tuhan. Anda sebenarnya tahu bahwa Bapa terus menerus mengundang anda kembali kepadaNya, untuk menjadi muridNya, menjadi hambaNya dan melakukan pekerjaan2Nya.. Namun anda menolaknya terus menerus. 

Penolakan ini akhirnya membuat Sang Penguasa itu mengundang semua orang di jalanan dan lorong2. Orang2 yang membutuhkan dan miskin. "Paksalah mereka masuk, rumahku harus penuh!" 

Nah saudaraku, Yesus akhirnya mengajak siapa saja yang mau dan tidak menolak Dia. Dia undang anda yang terluka, miskin, tak berdaya. Dia mengundang anda yang memiliki sakit secara emosi dan tak punya tujuan hidup. YESUS mengundang anda dan bahkan Dia mengatakan "Paksalah mereka, rumahKu harus penuh!" perkataan ini adalah dalam konteks perumpaanNya. Namun mengandung kerinduan hati Bapa untuk membawa kita kembali padaNya 

Perhatikan diri kita. 

Orang kaya dan diberkati dengan segala lembu, ladang dan pernikahan tadi merasa tidak membutuhkan undangan itu. 

Orang2 miskin dan tak berdaya itu pasti senang dan datang dalam perjamuan penuh pengharapan itu! Namun pasti ada orang2

dan mengundang orang2 yang yang juga tenggelam dalam keadaannya yang menyedihkan dan melewatkan undangan Yesus. Oleh karena itu kita perlu 'memaksa' dan mendisiplin pikiran dan manusia daging kita agar jangan sampai kita menolak Dia. 

Rendah hatilah.. Maka Tuhan akan meninggikan engkau. Dengan rendah hati, kita akan bisa melihat kemurahan dan undangan hati Yesus bagi kita. Kita mengharap kemurahan Tuhan dengan kerendahan hati. 

Kita akan mendapat bagian terbaik jika kita rendah hati dan mau taat kepadaNya. Jangan pernah menolak tuntunan Tuhan. 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar