RSS
Container Icon

Tipe Masalah?

Saat kita kecil, kita belajar apa itu masalah dan bagaimana cara menghadapinya. 

Saat seorang anak berbuat salah, ia diajarkan mengakui kesalahannya dan berkata "MAAF". 

Saat terjadi konflik pertengkaran perebutan mainan, anak2 diajar untuk saling mengalah dan berbagai, dan mengasihi teman2nya. Saat ada yang bersalah kepada mereka, anak2 diajar memaafkan dan menerima kembali. 

Demikianlah orang tua dan para pendidik mendidik anak2 sejak mereka kecil. 

Semakin dewasa masalah yang kita hadapi semakin besar, komplek dan serius. Siapa yang akan mengajari kita menghadapi semua masalah2 besar itu? Puji Tuhan! Kita memiliki Sumber Jawaban, yaitu Firman Tuhan yang hidup! Kita diajar dan di tuntun Tuhan lewat FirmanNya, untuk bersikap menghadapi dunia ini dan semua masalahnya.

APAKAH ANDA SUKA MELARIKAN DIRI? 

Sikap MELARIKAN DIRI mungkin terbentuk sejak masa anak2. Mental yang kurang kuat dalam menghadapi konflik, suka menghindari kesulitan dan mencari amannya saja. Apakah anda suka MELARIKAN DIRI dari masalah? 

Ada beberapa tindakan yang perlu dilakukan terhadap masalah:

1. Persoalan dan masalah harus diselesaikan dengan jawaban yang tepat dan benar, sesuai Firman Tuhan. 

Cara kita merespon dan menjawab persoalan itu menentukan apakah kita akan naik level atau tidak. Hadapilah dengan berani dan dengan hikmat apapun masalah itu. Berani menghadapi konflik jika memang harus dijalani, berani menyelesaikan masalah dengan cara Tuhan, dan bukan cara hikmat dunia. 

2. Masalah yang diluar kendali dan tidak kenyaatan yang tidak bisa diubah, belajar menerima dan tidak memaksakan diri. Berserah saja kepada Tuhan. Orang yang terus berusaha menyelesaikan masalah yang jenis ini akan merasa semakin tersisa saat memikirkannya dan mencari jawabannya.. Karena jawabannya adalah percaya dan penyerahan total kepada Tuhan. Inilah bagian dari kedaulatan dan kehebatan hikmat Tuhan. Kita tidak akan menemukan jawabannya selain menyerahkan kepada kepada Tuhan.  

3. Masalah yang dicari2 dan tidak penting, tidak perlu diselesaikan dan dipersoalkan. Biarkan saja itu berlalu. Lebih baik lari menjauh dan pergi!

Bagaimana dengan anda? Jika anda menemukan masalah, cek dulu sebelum bertindak. Jenis masalah apa yang anda sedang HADAPI? Dan bagaimana menghadapinya?

Mari jemaat, mulai hari ini kita belajar menghadapi masalah dengan cara yang tepat dan benar. Minta kepekaan dan hikmat dari Tuhan supaya kita tidak bertindak sembrono dan justru menyakiti banyak orang. 

Tuhan Yesus adalah Sumber Hikmat dan jawaban dari segala masalah kita. Amin

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar