RSS
Container Icon

Pujian Sejati (drama)

(di panggung seorang gadis sedang ngepel..)
Ibu    : (teriak dr dlm kamar..) von..bajunya sdh dicuci?
Vony : sudah bu..
Ibu    : piring2 kotor di dapur..?
Vony : udah beres bu..
Ibu    : skarang ngapain..?
Vony : nyapu bu..
Ibu    : nti skalian ngepel..
Vony : Ok..
Ibu    : kalo da selesai, cabut rumput..
Vony : siip..!! hem..(menarik napas..) eit..tdk boleh bersungut2..tetap sukacita..    (nyanyi2..jalan serta
           Yesus,Allah smbr kuatku dsb..)(stlh bbrp wktu..) Yup..selesai..! nyapu sudah..skarang ngepel trus
           cabut rumput..eit.. makan dulu.. (makanan rohani maksudnya..=> baca   Alkitab).. (ngambil Alkitab
           smbl nyanyi2..)(baca Alkitab..) “tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa
           penyembah2 benar akan menyembah dalam roh dan kebenaran, sebab Bapa menghendaki
           penyembah2 demikian..” Aha..aku dpt ide..! Tuhan pasti senang kalo aku kasi kado..hehehe..
           Von..von kamu emang pinter (ngomong sama diri sendiri..) trima kasih Tuhan otak yg Kau beri sangat
           membantuku..

Narator: Ya..itulah Vony..anak polos yg begitu mengasihi Tuhannya. Memang menurut sebagian besar orang termasuk keluarga dan teman2nya, caranya mengungkapkan kasihnya sangat konyol, bahkan tidak sedikit yg mengatakan dia aneh. “kurang kerjaan” itu sdh biasa didengarnya. Dan dia sudah terbiasa meresponnya dengan senyuman tulus yg penuh kasih.. (Von..von..kasian sekali kamu..) Ya..dia memang punya cara2 yg berbeda, karena untuk seorang anak yg hanya lulus SD (tdk berpendidkan tinggi maksudnya..) dia tidak begitu kreatif atau diplomatis untuk mencari ide2 brilian dlm mengungkapkan kasihnya. Dan dengan kondisi ekonomi keluarganya yg pas untuk setiap harinya, dia perlu menabung beberapa tahun untuk membelikan hadiah mahal buat Tuhannya. Tapi, sepertinya kali ini (untuk kesekian kalinya) Vony menemukan ide bagus (menurutnya..) untuk menyenangakan Tuhannya..
Ya kita tunggu saja ide seperti apa itu..
Sambil nunggu Vony menyiapkan ide briliannya, gimana kalo kita jalan2 ke surga dulu..
(Gabriel masuk, bawa hp ato sejenisnya..)
Ya..seperti biasa Gabby (Gabriel maksud saya..) sibuk mengkoordinasi persiapan kelompok malaikat pemuji dan penyembah di surga..
Yuk kita liat sama2..^_^

G    : halo..ya gmn persiapan kelompok pemuji penyembahnya?
      Ya bagus, 20 ribu malaikat terpilih dengan suara merdu sudah siap kan?
      Posisi A gmn?..Bagus.. Posisi B sudah stand by? Ok.. pastikan semuanya siap..
      Dan tunggu komando saya..

(Tuhan datang dgn wajah berbinar2-senang dan agak terburu2..)


G    : oh, Tuan (memberi hormat)
T    : ah Gabriel, saat ini Aku sangat bersukacita. AnakKu di bumi..dia sungguh menyenangkan hatiKu..
G    : hamba turut bersukacita Tuan.
T    : Em begini Gabriel..berhubung kau juga bertanggungjawab dlm departemen     pujian-penyembahan,
        akan lebih baik jika kau turun ke bumi dan mengamati anakKu. Caranya menyenangkan Aku akan
        menjadi masukan yg tepat untuk departemen pujian-penyembahan..
G    : namanya siapa Tuan?
T    : Gabriel, nanti kau pasti bisa mengenalinya..(tersenyum dan pergi..)
G    : (setelah Tuhan pergi..) ok, aku harus cepat2 turun ke bumi. Aku ingin segera melihat manusia luarbiasa yg bisa membuat Tuan begitu bersukacita.

N    : sementara di bumi, Vony sdg mempersiapkan rencana jitunya..tapi kira2 di mana dia sekarang?
(ada orang yg menari, bermain musik dan menyanyi..Vony berdiri mengamati dgn rasa kagum. Gabriel datang sambil mengamat2i dengan penasaran mencari orang yg dimaksud Tuannya, tapi matanya sedikitpun tidak tertuju pd Vony)

G    : (melihat pemain musik..) ini pasti orang yg Tuan maksud, musiknya memang tidak sebagus musik yg di
         surga tapi untuk ukuran manusia, ini memang bagus, pantas Tuan begitu senang.. Em..(melihat penari)
         tidak..tidak..Tuan juga menyukai tari2an, pasti penari ini yg Tuan maksud! Tapi..(melihat penyanyi..)
         waw..suaranya bagus sekali (untuk ukuran manusia maksudnya..) ya..ya..benar pasti penyanyi
         ini..(kagum) jadi pujian yg seperti ini yg menyenangkan Tuan..(lagu selesai..penyanyi,penari & pemain
         musik keluar panggung)
T    : (hanya suara..) Gabriel..kau sedang membelakangi anakKu..
G    : (kaget..) Tuan, ee`..benar Tuan pujiannya memang bagus..
T    : Gabriel..yg berdiri di belakangmu, itulah anakKu..

    (Vony msh memandangi para memuji dgn kagum)
G    : oh..maaf Tuan, jadi bukan yg tadi.. tapi anak ini ya..?
(smntra Vony ngomong, Gabriel memperhatikan & mencari apa yg lebih dari Vony yg membuat Tuhan bgtu membanggakannya)
V    : … wah..memuji & menyembah itu kayak gini ya..aku hrs seperti itu..Tuhan pasti senang kalo aku bisa menyembah Dia..
Ya, aku mesti belajar..O iya, aku les aja..jadi pagi bantu ibu jualan di pasar, trus ngerjain smua pekerjaan rumah, sorenya aku les..asik.. Nah, malam kerja sambilan supaya bisa bayar les..(senyum) ide bagus..ide bagus..

N    : setelah beberapa waktu mengikuti dan mengamati Vony, akhirnya tibalah saatnya Gabriel harus kembali ke surga. Em.. dia pasti banyak belajar dari Vony. Tapi..sepertinya wajahnya memancarkan rasa penasaran yg belum terpuaskan dan kebingungan yg mencekam..terlalu berlebihan ya..? Gimana kalo kita cari tau..? yuk..

(di surga..Gabriel mondar-mandir..menyusun kata2 yg tepat untuk laporan..)

T    : Bgmn Gabriel, selama beberapa waktu bersama anakKu kau pasti kagum  dgnnya, bukan?
        (membanggakan Vony) dia memang luarbiasa, Aku sangat  mengsihinya..
G    : Ee..iya..em..benar Tuan.. Dia..em Vony maksud hamba..dia sangat luar biasa.. Hari pertama di tempat
        les musik dia merusakkan sustain keyboard dan beberapa tuts, senar gitar jg ada beberapa yg putus &
        setiap stick yg Vony pake untuk latian drum pasti patah.. hebat, hebat sekali Tuan.
T    : (tersenyum..) anakKu.. oya bgmn latian tarinya, kau pasti mengikutinya?
G    : oh, iya Tuan. Hamba tidak melewatkan satupun kejadian saat Vony latian. Hari pertama setelah les tari,
        Vony perlu setengah jam untuk berdiri waktu bangun pagi katanya dia seperti digebuki orang
        sekampung dan badannya memar-memar karena sering jatuh waktu belajar nari. Tuan dia sungguh lucu
        sekali..hehe..Tapi, em..maaf Tuan, apa yg istimewa dari Vony yg membuat Tuan begitu bersukacita.
T    : Gabriel, mungkin manusia, bahkan kalian malaikat pun berpikir tdk ada satupun yg istimewa atau
        luarbiasa dari Vony. Tapi bukan apa yg didepan mata yg Ku lihat, Aku melihat hati..dia melakukan
        semua itu karena dia mengasihiKu. Sikap hati dan ketulusannya yg membuatKu senang.  Engkau tau?
        Berapa harga yg harus dia bayar untuk sebuah kado yg menyenangkan hatiKu? Berapa byk pandangan
        negative dan hinaan org2 bahkan dari keluarganya yg harus dia balas dgn kasih setiap hari karena
        kerinduannya untuk menyenangkanKu? Dan kau sendiri sudah melihat apa yg dia lakukan untuk bisa
        menyenangan hatiKu dgn pujian dan penyembahan yg selama ini Aku nantikan dari anak2Ku.
G    : iya benar Tuan. Em..saat les musik dan tari juga dia begitu bersemangat sampe hampir smua alat musik
         rusak.^_^ Meskipun hanya latihan tapi dia selalu menari dan bernyanyi sungguh2. oya Tuan, di tempat
         les nya nyanyi dia satu2nya anak yg paling cepat lulusnya, ya..meskipun dikeluarkan dari tempat les
         musik, tapi Vony memang hebat sekali Tuan..
T    : (tersenyum..kmdn berbalik) Ah..seandainya semua anakKu menyembahKu dgn hati yg mengasihiKu
         seperti dia.. (sambil berjalan keluar panggung..)

Di bumi…
Bu Popi: eh..jenk Retno ya..
Ibu    : (kaget..) em..siapa ya..?
Bu Pop: oala jenk..jenk..masa lupa sih sama temen sendiri.. Aku Popi, itu lo..yg dulu paling cakep seRT.
             Ah..jenk Retno..masa lupa sih..
Ibu    : oh..jenk Popi..maaf jenk! Habis jenk Popi gak cakep kayak dulu lagi sih saya jadi lupa..
Bu Pop: Ah jenk Retno bisa aja..Oya gmn kabarnya jenk? Uda punya anak berapa? Eh kok anak duluan
               sih..Em, tapi uda nikah kan? Ya, pastilah ya jenk masa dari dulu gak nikah2..hehe..
Ibu    : anak saya 2 jenk, yg paling tua cowok, yang ke2 cewek sekarang…
Bu Pop: (langsung menyela..) oh punya anak cewe jg toh..sama jenk anak perempuan saya skarang umur
             16 taun. Oya skarang dia lagi les, latian vocal biar bisa masuk Indonesian Idol..hehe..biasa anak
              muda..
Ibu    : anak saya juga belajar nyanyi di..
Bu Pop: (langsung menyela..) anak saya les di Melody vocal jenk..waduh..suaranya bagus skali..Oya tau
             ga jenk..anak saya biasanya kan crita2, katanya teman lesnya, namanya sapa ya..em
             Ony..Vony..Mony..ah pokoknya ada Ony2nya lah..suaranya ya ampun..
Ibu    : Vony kali..gmn suaranya paling bagus ya?
Bu Pop: lo jenk Retno kenal ya..suaranya ya ampun jenk..uda cempreng, paling keras lagi..katanya dia
            diluluskan paling cepat karna pelatihnya ga bisa ngajari lagi..
            Ya ampun..kok bisa ya.. Eh..adu jam brp nih..Wah..saya buru2 ada urusan jenk. Uda dulu ya jenk,
            saya duluan ya.. seneng bisa ketemu, lain kali kita ngobrol2 lagi ya.. da..
Ibu    : o ya jenk..


N    : wah..kasian banget ya si Vony..kirain dia dapat sertifikat paling cepat karna suaranya yg terlalu bagus n
         ga perlu latian lagi, ternyata..
Ibu    : (langsung menyela wktu narrator bicara..) Von..sini..!!
Vony    : ya bu..
Ibu    : mulai skarang ga ada nyanyi2an, ga ada les2an dan segala tetek-bengeknya.. kerjain apa yg perlu
          dikerjain. Ngerti..! Von, kamu kan tau bapak uda ninggalin kita, kamu jg tau gmn kakakmu ga karu
          karuan.. Ibu mesti kerja mati2an supaya kita bisa hidup..Cuma kamu satu2nya yg bisa bantu ibu,
          ngerti kan..
Vony : iya bu! vony uda selesai belajar nyanyi kok..Jadi bisa bantu2 ibu. Ibu jg ga usa khawatir, kan Tuhan
           selalu pelihara kita..
Ibu    : Von..jgn ungkit2 masalah nyanyi lagi, kamu lulus paling cepat karna pelatihnya ga bisa ngajari lagi,
           katanya kamu emang ga bakat nyanyi jadi ga usa aneh2 deh..dan simpan aja ceramahmu tentang
           kebaikan Tuhan, ibu uda lupa kapan terakhir kali ibu ngerasain kebaikanNya. Karna selama ini kita
           selalu melarat.
Vony : tapi bu..
Ibu    : cukup Von..mulai skarang ga ada tuhan2an. Uda..ibu gak mau bahas masalah ini lagi..
Vony : bu..


(tiba-tiba..)(Ket: T: Tuhan, V: Vonny)
T    : Vony..
V    : Eh Tuhan..Tuhan, aku punya kado buat Tuhan..coba tebak apa?.. (senyum & gembira yg sedikit
        dipaksakan..)
T    : anakKu, kau tidak sedang bersukacita bukan? Apa yg membuatmu bersedih?
V    : iya Tuhan, aku lagi sedih..Tuhan sebenarnya aku pengen nunjukin sertifikatku, aku uda belajar nyanyi
        supaya bisa menyembah Tuhan; buat Tuhan senang. Tapi katanya sertifikat nyanyiku itu cuma
        bo`ongan.. Tuhan, sori ya aku memang ga pinter nyanyi, nari juga..apalagi main musik..
 T    : Von..Aku tdk tertarik pada keahlianmu, bagus atau tidaknya kamu menari, bernyanyi atau main musik..
         Aku memang menikmati semua itu saat anak2Ku mempersembahkannya untuk menyenangkan hati-Ku.
         Tapi yg terpenting dari semua itu adalah cara hidupmu dan sikap hatimu saat menyembahku, dan inti dr
         penyembahan yaitu kasih..
V    : Maksudnya apa Tuhan..?
T    : Von..terlalu sering gereja2Ku menaikan pujian-penyembahan yg mungkin terlihat dan terdengar begitu
        indah dan ramai di dunia, tapi itu tak pernah bisa Kudengar karena mereka tidak memuji &
        menyembah dgn segenap hati yg mengasihiKu. Terlalu banyak yg rutinitas tanpa kerinduan untuk
        menyenangkanKu, ada yg penuh kesombongan; motivasi2 lain yg salah.
V    : Tuhan penyembahan yg seperti apa yg menyenangkan hatiMu?
T    : bukankah dalam FirmanKu Aku perna berkata “Aku menyukai kasih setia dan pengenalan akan Allah”?
V    : o iya Tuhan aku perna baca ayat itu..
T    : Vony anakKu, teruslah belajar dar firmanKu, lakukanlah dgn setia agar kau bertumbuh dalam
        pengenalan akan Aku, dan lakukanlah semuanya dalam kasih. Itulah pujian-penyembahan yg sejati.
V    : tapi Tuhan bgmn aku bisa? Aku ga bisa banyak hal, itu sebabnya orang2 selalu menertawakan dan
         meremehkan aku. Aku sering baca firmanMu tp banyak kali aku ga ngerti..hehe.. Aku..aku..em..Tuhan
         apakah hatiku sdh cukup mengasihiMu? Aku rasa aku blm punya hati yg benar2 mengasihiMu..
T    : Aku yg akan memampukanmu! Aku yg akan terus memperbaharui; memenuhi hatimu dgn kasih
        sehingga kau bisa mengasihi.. Tetaplah setia bersamaKu kamu pasti bisa menyelesaikan semuanya..dan
         RohKu yg akan mengajarimu..
V    : Ok..Tuhan! aku akan terus berjuang, karna Kau besertaku..
T    : benar anakKu..
V    : Tuhan.. (tertunduk, sedih..)
 T    : keluargamu? (Vony tertunduk ; mengangguk..) anakKu saat semuanya tidak bisa lagi kau pikul,
         angkatlah tanganmu untuk menyembahKu dgn kasih, maka Aku akan turun tangan; menyelesaikan
         masalahmu. Teruslah berjalan bersamaKu..

By siske

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar