RSS
Container Icon

SUPERHERO

Siapa sic yang tidak suka menjadi Superhero? Menjadi pahlawan yang dipuja banyak orang seperti Spiderman, Superman, Batman, atau tokoh Superhero lainnya. Menjadi pahlawan kelihatannya menyenangkan dan penuh kebanggaan, tetapi apa rahasia di balik seorang pahlawan?

Seorang Penginjil terkenal bernama David Livingstone meninggalkan segalanya bagi Afrika, ladang tandus yang diberikan Tuannya untuk dia kerjakan, dan dia pergi dengan taat. Dengan melepaskan segala ikatan yang ada, dia hidup seorang diri dalam perjalanannya sampai terjadi suatu lawatan Allah di bangsa itu. Dan setelah dia meninggal, kita menganggapnya pahlawan Allah, karena dia bekerja bagi Allah. Dibalik kisah hidupnya, mungkin dia tak pernah berpikir akan menjadi pahlawan yang dikenang dari zaman ke zaman, yang dia tahu waktu itu adalah ketaatan dan kasihnya kepada Tuhan melebihi segala sesuatu, dan dia melakukan segalanya demi Yang mengutusnya. Dia menderita, diterkam binatang buas, hampir mati, ditinggalkan orang-orang yang dicintainya. Bukankah ini penderitaan yang sangat bagi hidupnya? Tak pernah ada yang menyambutnya dengan baik, atau upah yang sangat melimpah karena dia dianggap seorang pahlawan, yang ada hanyalah cercaan bahkan dari kalangan rohaniawan sendiri.

Seorang pahlawan ternyata bukanlah dilihat dari bagaimana sorak sorai kemenangan yang tampak, tidak pula dilihat dari berapa banyak uang dan tepuk tangan yang diperolehnya. Kebanyakan yang terjadi adalah, setelah dia meninggal dan menyelesaikan tugasnya, dia barulah akan dianggap seorang pahlawan. Inilah yang terjadi. Banyak manusia tidak bisa menghargai kepahlawanan seseorang selagi dia hidup karena semua sedang menyaksikan hasil akhir dan kesetiaannya sampai akhir dalam menyelesaikan tugasnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Tidak Akan (puisi rohani)

TAK AKAN MENYERAH..
TAK AKAN PATAH..
TAK AKAN MUNDUR..

Ketika aku menghadapi peperangan di pikiran dan hatiku, hatiku tak akan menyerah begitu saja…ada kalanya aku ingin menyerah dan menyetujui semua pikiranku..tetapi aku tak akan menyerah begitu saja..tidak segampang itu mengalahkan aku..tidak semudah itu mematikan aku..
Aku terluka oleh panah-panah pikiranku…aku tahu itu tidak benar, tetapi aku tahu itu juga benar…aku tidak tahu mana yang benar, mana yang salah…aku hanya terus berperang dan melawan….

Ketika aku dipenuhi rasa takut dan kekuatiran, imanku tak akan patah. Imanku akan bertumbuh dalam penderitaan, karena Dia yang menjanjikannya setia. Ada kalanya aku tak dapat lagi melihat jalan-Nya yang penuh kasih setia dan kebenaran…aku takut merasa sendirian dan kesepian..aku merasa takut ditinggalkan dan tidak dicintai….tetapi pengharapanku tak akan patah dan pengharapan tidak pernah mengecewakan. Pengharapan akan menuntunku dalam ketakutanku. Ia akan membawaku ke suatu ruangan yang bernama Kasih. Dan dalam ruangan Kasih itu, tidak akan ketakutan lagi, sebab dalam kasih yang sempurna, tidak ada ketakutan. Aku tidak akan patah saat aku terombang ambing yang memaksa aku untuk memilih ke salah satu sisi dan tidak mengindahkan lagi sisi yang lain..kanan atau kiri….kebimbangan antara kebenaran dan kesemuan. Mana yang akan kupercayai? Aku kekanan, dan aku kekiri..tetapi aku tidak akan patah.

Ketika aku berjalan maju 3 langkah, dan di hadapanku ada sebuah tembok kemustahilan…aku tak akan mundur kebelakang. Aku akan berdiam sesaat dan menyusun kembali kekuatanku, menghela nafas dan mengumpulkan imanku..bahwa tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya.. aku tidak akan mundur, saat aku merasa di depanku terlalu menakutkan dan gelap…Firman-Mu akan datang padaku tepat pada waktunya untuk menjadi penuntun dalam kegelapanku dan aku akan terus maju..
Ketika aku terluka dan menderita, aku kesakitan dan ingin menyerah, aku tidak akan mundur selangkahpun. Aku akan bertahan..menahan kesakitanku sampai pertolonganku datang dari tempat yang maha tinggi..Aku akan terus bertahan dan berdoa sampai aku kuat kembali untuk berjalan. Aku tidak akan mundur, saat aku merasa ingin mundur sesaat. Hanya sesaat pikirku….tetapi sesaat dan kesempatan yang kuijinkan bagi diriku sendiri akan menjadi kejatuhan yang lebih dalam. Aku tidak akan mundur, aku akan bertahan di posisiku. Aku akan belajar kembali langkah-langkah di masa laluku, dan melihat kebaikan yang menyertaiku telah membesarkan dan menghiburkan aku. Aku akan melihat kedepanku..ada janji kehidupan yang menantiku. Aku akan melihat sekelilingku, dan aku melihat ribuan saksi bagaikan awan-awan yang mengelilingiku dalam doa dan pengharapan…hanya untuk melihat perjuangan imanku. Aku akan melihat ke atas, ada sumber kekuatan dan kasihku, ada sumber sukacita dan batu karangku yang teguh. Dengan demikian, Aku tidak mundur.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Perak Yang Ditolak

Sudah menjadi aturan dalam kalangan Kekristenan, bahwa mengikut Yesus tidaklah semudah jalan tol yang bebas hambatan, melainkan adanya tantangan dan ujian, suatu pembentukan yang selalu mengarah pada perubahan yang berarti, suatu perubahan karakter. Dari perjanjian lama hingga perjanjian baru, Allah selalu berulangkali menyebut mengenai perak, emas yang murni, pembentukan, pengujian dsb. Amsal 25 :4  berkata “Sisihkanlah sanga dari perak, maka kaluarlah benda yang indah bagi pandai emas” . Suatu hal yang sangat indah, Yesus telah menjadi pandai emas untuk memurnikan kita. Ketika kita membakar perak ataupun emas dengan temperatur yang sangat tinggi, maka akan muncul dipermukaan emas cair itu sesuatu yang dinamakan sanga, yaitu campuran-campuran emas yang menyebabkan emas itu tidak murni lagi.

Cobalah berhenti sejenak, sobat! renungkan apa yang sedang anda alami hari-hari ini? satu hal yang perlu diingat bahwa dalam segala perkara yang kita hadapi pasti ada suatu pelajaran yang indah yang dapat kita pelajari. Sanga itu harus diambil oleh si pandai emas untuk memurnikan hasil leburannya. Jikalau kita mau tampil murni dihadapan Allah, maka kita harus mau untuk menjalani peleburan yang tidak mengenakkan ini!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Aku Tertawa Tetapi Juga Menangis (puisi rohani)

Aku tertawa, tetapi juga menangis..
Aku menertawakan kehidupan…karena kehidupan ini sungguh bodoh..
Ia tak mengerti rahasia yang terpendam
Ia menuntut dan tak pernah puas
Ia menderita oleh tembok-tembok pikirannya sendiri..

Aku menertawakan kehidupan..karena kehidupan ini akan segera berlalu..
Ia akan pergi seperti embun pagi dan kasihnya tiada lagi
Ia akan terbang dan tak kembali lagi
Ia hanya seperti fatamorga..
Kelihatan nyata…tetapi juga tak nyata..
Kehidupan adalah warna abu-abu..
Merindukan putih, juga merindukan hitam..
2 sisi manusia yang tak terselami..

Aku menertawakan kehidupan..karena kehidupan hanyalah sebuah bayangan
Bayangan yang tak sempurna dari sebuah kehidupan yang sempurna
Kebahagiaan yang tak sempurna dari sebuah kebahagiaan yang sempurna…
Aku menertawakan kehidupan karena aku memiliki sesuatu yang lebih baik dari hidup
Aku memiliki kekekalan dalam hatiku..
Memiliki kebahagiaan yang tersembunyi begitu dalam di dalam rohku
Aku memiliki kasih yang sempurna ditengah ketidaksempurnaan dunia
Aku memiliki senyuman sorga yang teduh bersamaku..

Aku menangis…meneteskan air mata di tengah tawaku…
Aku bertanya pada diriku..mengapa kau menangis?
Dan dia menjawab…
Aku menangis karena haru antara kebahagiaan dan kesakitan...
Aku menangis karena aku merasakan bayangan tak sempurna sekaligus kehidupan yang sempurna
Aku menangis karena aku menginginkan kebahagiaan sempurna tetapi tak dapat melepaskan kemah sementaraku yang menghalangiku..

Aku menangis karena rasa sakit untuk merelakan segalanya..
Bahkan segala ikatan yang ada demi memahami kebahagiaan sempurna
Aku menangis karena mengingat kembali semua kenangan dalam pikiran dan jiwaku
Aku menangis karena aku masih dapat menangis…

Dan air mata tidak selalu berupa kesedihan dan kekalahan..
Air mataku bukan air mata kegagalan..
Bukan pula air mata kekecewaan..
Tetapi air mata pengertian..air mata kehidupan yang melegakan roh dan jiwaku
Air mata karena kekuatanku telah dipatahkan dan mengetahui bahwa aku bodoh dan tak berdaya..
Ya..kekuatanku telah dipatahkan-Nya.
Tiada lagi kekuatan dan kesombonganku…
Aku menangis karena merasa tak berdaya dan lemah..tetapi aku kuat dalam kekuatan-Nya yang sempurna

Aku tertawa, tetapi juga menangis..
Dua paduan hati yang membentuk alunan kehidupan yang indah
Menangis demi misteri kehidupan dan tertawa untuk setiap misteri yang telah terungkap…
Seperti dua jiwa dalam satu tubuh dan dua roh yang menjadi satu jiwa.
Berpadu menjadi keindahan sempurna yang nyata walaupun masih bercela..
Cela karena dunia dan segala isinya yang semu..

Tetapi semua baik…semua baik..
Baik tertawa..ataupun menangis..
Aku lakukan untuk Penciptaku yang sangat kukasihi..
Untuk belajar melepas dan menerima
Untuk belajar mencintai dan dicintai..
Untuk belajar percaya dan mengalami ..
Sebuah ikatan janji kekal selamanya…..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Arrow Generation

Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda
(Mazmur 127 :4)

Seperti dalam film-film kartun ataupun petualangan si pemanah hebat Robin Hood yang tidak pernah meleset tembakannya, kita ada dalam tangan Sang Jagoan kita, Tuhan Yesus untuk mengarahkan kita sebagai anak-anak panah-Nya. Sebagai anak anak Allah mau tidak mau suatu tanggung jawab telah ada di punggung kita yaitu menjadi anak-anak Tuhan yang menjadi teladan yang baik bagi semua orang, menjadi terang dimanapun dan berani tampil beda.

Setidaknya anak panah yang siap diluncurkan terdiri dari 3 bagian penting yaitu  batang panah, ujung panah yang runcing, dan bulu.

Ø    Batang panah ini dibuat dari alang-alang (bukan alang-alang sembarangan) yang dibersihkan, diluruskan,  disisik dengan sebilah pisau tajam, dan tentunya pasti sakit sekali untuk dibersihkan seperti itu. Hal ini berbicara mengenai pembentukan anak-anak Allah yang bermula dari alang-alang yang tidak berguna dan penuh rintangan untuk menggenapi tujuan Allah, Tuhan Yesus membentuk, membersihkan dosa dosa kita agar dapat dipakai olah- Nya walaupun itu sangat sakit bagi daging kita. Tapi, percayalah sobat! Semua pembentukan Allah untuk kita adalah yang terbaik untuk mengubahkan kita, Dialah sumber segala kekuatan, dan Dialah yang akan menguatkan kita (Fil 4:13).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

God's Way vs My Way

"Menjadi manusia itu sulit” pernah mendengar slogan ini? Benarkah menjadi manusia itu sulit? Mungkin lebih tepatnya kita sebutkan “Hati manusia itu rumit”, nah mungkin yang itu benar. Hati memang rumit dan penuh misteri yang tak terselami. Tetapi saya tidak bisa menyangkal bahwa hidup di bumi ini sulit juga. Contohnya sejak lahir kita sudah diperanakkan dalam dosa, hidup mengenal dosa dan teracuni oleh begitu banyak pemikiran dan prinsip dunia. Hidup itu sulit saat kita harus belajar hidup dengan baik, menghadapi masalah-masalah yang tidak pernah selesai, menghadapi rumitnya kisah cinta manusia, mengalami harus bekerja keras, mengalami kesusahan demi kesusahan badani. Itulah hidup…dan saya, anda masih hidup di bumi, maka tetap harus menghadapi kesulitan kehidupan ini (Berbeda sekali dengan kehidupan di Kerajaan Seribu Tahun yang sangat indah dan bahagiaJ kapan-kapan akan saya ceritakan!)

Memahami kehidupan di sekitar kita saja sudah sulit, termasuk sulitnya memahami hati dan pikiran orang yang terdekat dengan kita sekalipun. Lalu bagaimana manusia bisa memahami dan mengerti jalan-jalan Tuhan? bukankah ini mustahil??

Saya selalu banyak bergumul tentang pikiran dan jalan hidup saya di masa lalu. Selalu dan selalu bermasalah dia area pikiran dan hati membuat peperangan demi peperangan yang tiada habis dan sangat melelahkan. Seluruh energi dan air mata tercurah bagi diri sendiri, dan bukannya untuk melayani Tuhan dan sesama (anda pasti setuju, bagi yang sudah mengalaminyaJ). Siapakah manusia sehingga dia mengerti pikiran dan jalan Tuhan? Beberapa waktu lalu saya mengalami pergumulan pikiran dan hati kembali. Akhirnya saya sadar bahwa saya harus segera menuntaskan peperangan ini, dan berdamai dengan diri dan jalan-jalan hidup saya. Susah untuk mengakuinya, tetapi itulah yang harus saya akui di hadapan Tuhan dan sekarang, di hadapan anda yang membaca tulisan ini.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Indahnya Mazmur 23!

14 Februari 2010 lalu, aku mendapatkan kesempatan melayani Sang Raja. Pada mulanya bingung juga apa yang hendak aku sampaikan. Tentang cinta? Karena bertepatan dengan hari Valentine..tetapi tidak juga..aku sudah terlalu banyak mengkotbahkannya di gereja…

Akhirnya dengan inspirasi buku kepemimpinan yang kubaca, aku mengumpulkan referensi tentang Domba dan Gembala. Betapa aku masih terkagum akan rahasia Firman-Nya yang tak pernah lekang oleh zaman.

Mazmur 23
Mazmur Daud. TUHAN adalah gembalaku, takkan kekurangan aku. (KJV: I shall not want)
Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;
Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.
Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.
Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.
Kebajikan dan kemurahan belaka akan mengikuti aku, seumur hidupku; dan aku akan diam dalam rumah TUHAN sepanjang masa.

Lagu lama ini mengalun dalam benakku saat membacanya berulang-ulang kembali…

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pujian Sejati (drama)

(di panggung seorang gadis sedang ngepel..)
Ibu    : (teriak dr dlm kamar..) von..bajunya sdh dicuci?
Vony : sudah bu..
Ibu    : piring2 kotor di dapur..?
Vony : udah beres bu..
Ibu    : skarang ngapain..?
Vony : nyapu bu..
Ibu    : nti skalian ngepel..
Vony : Ok..
Ibu    : kalo da selesai, cabut rumput..
Vony : siip..!! hem..(menarik napas..) eit..tdk boleh bersungut2..tetap sukacita..    (nyanyi2..jalan serta
           Yesus,Allah smbr kuatku dsb..)(stlh bbrp wktu..) Yup..selesai..! nyapu sudah..skarang ngepel trus
           cabut rumput..eit.. makan dulu.. (makanan rohani maksudnya..=> baca   Alkitab).. (ngambil Alkitab
           smbl nyanyi2..)(baca Alkitab..) “tetapi saatnya akan datang dan sudah tiba sekarang, bahwa
           penyembah2 benar akan menyembah dalam roh dan kebenaran, sebab Bapa menghendaki
           penyembah2 demikian..” Aha..aku dpt ide..! Tuhan pasti senang kalo aku kasi kado..hehehe..
           Von..von kamu emang pinter (ngomong sama diri sendiri..) trima kasih Tuhan otak yg Kau beri sangat
           membantuku..

Narator: Ya..itulah Vony..anak polos yg begitu mengasihi Tuhannya. Memang menurut sebagian besar orang termasuk keluarga dan teman2nya, caranya mengungkapkan kasihnya sangat konyol, bahkan tidak sedikit yg mengatakan dia aneh. “kurang kerjaan” itu sdh biasa didengarnya. Dan dia sudah terbiasa meresponnya dengan senyuman tulus yg penuh kasih.. (Von..von..kasian sekali kamu..) Ya..dia memang punya cara2 yg berbeda, karena untuk seorang anak yg hanya lulus SD (tdk berpendidkan tinggi maksudnya..) dia tidak begitu kreatif atau diplomatis untuk mencari ide2 brilian dlm mengungkapkan kasihnya. Dan dengan kondisi ekonomi keluarganya yg pas untuk setiap harinya, dia perlu menabung beberapa tahun untuk membelikan hadiah mahal buat Tuhannya. Tapi, sepertinya kali ini (untuk kesekian kalinya) Vony menemukan ide bagus (menurutnya..) untuk menyenangakan Tuhannya..
Ya kita tunggu saja ide seperti apa itu..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Lebih Dekat KepadaMu

Lebih dekat pada-Mu,Allahku,
Lebih dekat pada-Mu!
Walaupun salib yang mendorong aku,
Aku tetap menyanyikan laguku,
Lebih dekat pada-Mu , Allahku;
Lebih dekat pada-Mu, Allahku,
Lebih dekat pada-Mu!
Meskipun seperti pengembara.
Matahari terbenam,
Kegelapan menutupiku,
tidurku di atas batu;
Namun dalam mimpiku aku akan
Lebih dekat pada-Mu, Allahku;
Lebih dekat pada-Mu, Allahku,Lebih dekat pada-Mu!
Dalam sayap sukacita memeluk langit,
Matahari, bulan, dan bintang terlupakan,
Ke atas aku melayang,
Aku tetap menyanyikan laguku,
Lebih dekat pada-Mu, Allahku;
Lebih dekat pada-Mu, Allahku,
lebih dekat pada-Mu!

-Sarah F. Adams

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Pecandu CintaMu (puisi rohani)

                                    Kekasihku..Rajaku..Yesusku..

Betapa aku rindu mengenal-Mu..cinta-Mu untukku..
Aku merindukan cinta-Mu secara pribadi..
Aku mau punya tekad, penyerahan, cinta dan pengabdian..
Aku tahu aku lemah, sering tak percaya pada diriku sendiri
Kekasihku, bisakah aku memohon?
Setelah selama ini aku mengenal dan mencintai-Mu..mengikuti-Mu dalam penyerahan demi penyerahan..
Pergumulan demi pergumulan..
Kekasihku, Mempelaiku..
Bisakah Kau isi kekosongan hatiku ini…
Aku tak mengerti..aku menjadi pecandu cinta-Mu
Apa aku terlihat begitu manja dan lemah dimata-Mu?
Aku takut ..beri aku kekuatan baru untuk percaya bahwa Kau pasti menolongku..
Aku rindu menjadi pribadi yang sempurna untuk-Mu
Yang cantik, manis penuh sukacita, kasih sehingga orang lain dapat melihat Yesus dalamku..

Maafkan aku yang selalu haus akan cinta dan perhatian-Mu
Kekuatanku adalah cinta-Mu ya Rajaku..
Aku menyerahkan masa depan..kekuatiran, ketakutan, keberanianku…cinta yang kurindukan datang dari-Mu..

Kekuatanku tak seberapa ya Bapa..
Hanya kau kekuatanku..
Aku tetap percaya pada kasih setia-Mu..Perjanjian-Mu dalam hidupku..
Aku percaya aku bisa berubah menjadi dewasa dan bertahan dengan cinta-Mu
Aku percaya hanya kasih-Mu yang dapat memuaskan kekosonganku..
Aku berserah untuk semua rencanaMu dalam hidupku ..

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Lagi Kangen Berat Nih!


Sobat, pernahkah kita merasa begitu rindu akan seseorang ? Bukankah tidak ada obat yang sanggup mengobati malarindu ini, selain dengan perjumpaan ? barulah dengan perjumpaan  yang akan menghapuskan kerinduan tadi. Seringkali kita lebih merindukan orang tua, sahabat, atau orang-orang yang kita kasihi di dunia ini ketimbang merindukan Allah. Dengan berbagai alasan, “Bukankah Allah itu tidak kelihatan, akupun tidak pernah berjumpa dengan-Nya, bagaimanakah mungkin aku bisa kangen pada-Nya?”

Allah Bapa, Yesus Kristus, dan Allah Roh Kudus memang tidak dapat kita lihat dengan mata kita tetapi roh kita yang melihat-Nya dan kita dapat merasakan kehadiran-Nya. Suatu kerinduan kita kepada Allah tidak berasal dari daging ataupun jiwa tetapi sebenarnya roh kitalah yang merindukan hadir-Nya. Jadi, banyak orang yang tidak menyadari kebutuhan rohaninya dan lebih memperhatikan apa yang kelihatan. Dengan berusaha tampil secantik dan setampan mungkin, menjaga image (JAIM), dan seringkali memakai topeng-topeng agar terlihat selalu suci, tanpa kita sadari, roh kita sedang begitu tersiksa, lapar, haus, dahaga yang tidak dapat dipuaskan dengan dengan kasih dari seorang lelaki, dengan Gudem dan diskotik, atau dengan hal-hal di bumi lainnya.

Lihatlah kedalam diri sendiri! bagaimanakah keadaan rohmu? ia begitu merindukan Tuhan Yesus yang menebus dan satu-satunya Pribadi yang sanggup mengisi relung hati. Tidak ada jalan lain kecuali kita mengalami perjumpaan pribadi dengan Dia. Mazmur bani Korah dalam kitab Mazmur mengatakan “Jiwaku hancur karena merindukan pelataran-pelataran Tuhan; hatiku dan dagingku bersorak-sorai kepada Allah yang hidup.”(Maz 84:3). Pernahkah kau merindukan Tuhan sampai jiwamu hancur?? suatu kerinduan yang sangat besar, seperti tanah tandus merindukan air segar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS